Belajar Keterampilan Sehari-hari, Stimulasi yang Bantu Anak jadi Mandiri

oleh: Parenting Club 2019-11-11 14:25:58
Selain belajar secara akademis, si Kecil juga perlu belajar melakukan keterampilan sehari-hari (lifeskill) ya, Mam. Selain untuk membantu anak belajar mandiri, keterampilan sehari-hari juga bisa memberikan stimulasi untuk mendukung kepintaran akal, fisik, sosial untuk jadikan anak hebat. Jadi, jangan tunda lagi, yuk ajarkan si Kecil melakukan keterampilan sehari-hari dengan baik sebagai bagian dari dukungan Mam agar ia menjadi anak hebat.
 
Berikut ini adalah beberapa keterampilan sehari-hari yang bisa Mam ajarkan pada si Kecil dan kepintaran apa yang bisa ia kembangkan dengan melakukannya.
 
Read More
g1. Berpakaian sendiri
Dengan mengajarkan si Kecil untuk berpakaian sendiri, tentunya anak belajar mandiri. Tetapi, lebih jauh dari itu, saat berpakaian sendiri si Kecil akan mendapat stimulasi untuk kepintaran fisiknya. Ketika berpakaian ia akan belajar mengembangkan kemampuan motorik kasar maupun motorik halusnya lho, Mam. Yaitu saat harus memasukkan kakinya ke lubang celana tanpa terjatuh, memasang kancing, memakai kaus kaki, dan lain sebainya.
 
Kepintaran akal si Kecil juga akan mendapat stimulasi ketika ia belajar mengenali bagian depan dan belakang bajunya, menghitung jumlah kancing sehingga dapat memasukkan ke lubang yang tepat. Hal lain yang juga dapat si Kecil pelajari dari berpakaian sendiri adalah kemampuan untuk mengambil keputusan. Memilih baju apa yang akan ia kenakan adalah langkah sederhana yang sebenarnya merupakan stimulasi untuk membantu anak belajar menentukan pilihan dan mengambil keputusan yang merupakan bekal untuk jadi anak hebat.
 
2. Mandi sendiri
Selain anak belajar mandiri, mandi sendiri yang meliputi kegiatan mandi, menggosok gigi dan mencuci rambut akan membantu si Kecil belajar mengenai kebersihan dan kesehatan. Kepintaran fisik sudah pasti akan terstimulasi mengingat kegiatan ini memerlukan kerja motorik halus maupun motorik kasar.
 
3. Memesan makanan di restoran
Ya, belajar memesan makanan sendiri banyak manfaatnya bagi si Kecil. Salah satunya adalah belajar berbicara dengan percaya diri yang menjadi bagian dari kepintaran sosial anak. Selain itu, saat memesan makanan si Kecil juga akan belajar untuk menentukan pilihan dan berkomunikasi. Jika si Kecil sudah cukup besar, Mam bisa memintanya membayar sendiri sebagai stimulasi kepintaran akalnya saat ia harus berhitung harga makanan atau kembalian yang ia dapatkan.
 
4. Bersiap untuk ke sekolah
Anak belajar mandiri dalam mempersiapkan kebutuhan sekolahnya bukan hanya soal menyiapkan apa yang harus ia bawa ke sekolah keesokan harinya ya, Mam. Tetapi juga belajar soal tanggung jawab dalam mengerjakan tugas sekolah tepat waktu dan kapan hal-hal ini harus ia lakukan. Bersiap ke sekolah juga akan membantu anak belajar mengatur waktu dan membuat skala prioritas. Misalnya, apakah sebaiknya ia menyiapkan tas sekolahnya malam sebelum tidur atau besok saja sebelum berangkat sekolah. Mam bisa membantunya dengan mengajak si Kecil membuat daftar hal-hal yang harus ia siapkan untuk mempermudah anak belajar mandiri.
 
5. Memilih apa yang hendak dibeli
Apakah si Kecil suka ‘banyak mau’ saat pergi ke supermarket atau toko mainan? Yuk, ajak ia belajar keterampilan dalam menentukan mana yang sebaiknya ia beli. Jika ia ingin membeli 2 mainan, Mam bisa mengajak si Kecil membandingkan harganya dan menghitung uang yang ia miliki. Kegiatan ini bisa menjadi stimulasi kepintaran akal si kecil, bukan? Saat pergi ke supermarket Mam bisa menstimulasi si Kecil dengan mengajaknya menentukan mana yang harganya lebih murah diantara dua benda. Semakin anak besar Mam bisa mulai mengajaknya menentukan barang yang akan ia beli berdasarkan kebutuhan atau keinginan.
 
Ternyata stimulasi Akal, Fisik, Sosial untuk jadikan anak hebat bisa dilakukan dari berbagai kegiatan sehari-hari ya, Mam. Yang penting selalu berikan stimulasi secara rutin dan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Yuk Mam, cari tahu lebih banyak mengenai stimulasi yang tepat bagi si Kecil di fitur Smart Stimulation Parenting Club.
 
Sumber:
https://www.verywellfamily.com/teaching-children-lif e-skills-early-4144959
https://www.parents.com/parenting/better-pare nting/advice/10-life-skil ls-to-teach-your-child-by -age-10/
https://www.familyeducation.com/life/individuality/gu ide-to-teach-your-child-l ife-skills-by-age

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top