Kesehatan

Berencana untuk Hamil? Lakukan Hal Ini ya, Mam!

By: Suria Riza 2018-01-16 22:47:45 (UTC)
Merencanakan program hamil ternyata penting loh, Mam dan Pap. Bagaimana pun, Mam dan Pap harus siap ketika menyambut si Kecil ke keluarga. Mulai dari persiapan keuangan sampai kesehatan, banyak hal yang perlu diperhatikan saat merencanakan kehamilan. 

Dengan berkonsultasi kepada dokter kandungan, Mam dan Pap dapat memperluas wawasan mereka mengenai perencanaan kehamilan.  Persiapan yang matang sangat penting bagi para calon orang-tua sebelum mereka bertemu dengan si Kecil. Oleh karena itu, Mam dan Pap harus memaksimalkan waktu mereka untuk bertanya dan menggali sebanyak mungkin informasi saat berkonsultasi. 

Sebenarnya apa saja sih, yang harus dikonsultasikan Mam dan Pap dengan dokter? Berikut adalah tujuh hal yang wajib Mam dan Pap bicarakan dengan dokter kandungan dalam perencanaan kehamilan.


Kondisi kesehatan Mam

Dokter mungkin akan menanyakan catatan medis Mam jika memiliki sejarah tekanan darah tinggi, penyakit jantung, asma, lupus, atau epilepsi. Dokter juga akan menanyakan apakah Mam memiliki sejarah diabetes, yang mungkin membuat si Kecil akan berisiko mengalami cacat lahir. Dalam hal ini, Mam dan Pap harus terbuka saat menceritakan kondisi kesehatan pada dokternya. Demi si Kecil sehat, Mam!

Obat-obatan yang Mam minum

Dokter juga akan bertanya mengenai obat-obatan yang sedang Mam minum saat ini. Obat-obatan tersebut antara lain antibiotik, pengencer darah, anti-seizure, obat anti-jerawat, atau anti-hipersensitif. Obat-obatan lain yang bisa mengganggu janin antara lain aspirin, antihistamin, dan obat diet. Saat Mam membuat program hamil, amat penting untuk memberitahu dokter jika Mam sedang meminum suatu obat tertentu.

Faktor-faktor risiko cacat lahir

Dokter akan melihat kemungkinan apakah si Kecil nanti akan berisiko mengalami seizure, cacat mental, atau cacat lahir seperti fibrosis kistik, distrofi otot, hemofilia, anemia sel sabit, atau penyakit Tay-Sachs. Melalui serangkaian tes, dokter akan berusaha agar saat Mam hamil nanti sehat.

Vitamin

Dokter mungkin akan memberikan resep untuk vitamin prakelahiran yang berupa 500 mg asam folat, suplemen yang penting untuk menghindarkan cacat lahir spina bifida. Spina bifida muncul pada 1 dari setiap 1.000 kelahiran bayi di AS.

Update vaksin

Jika diperlukan, dokter akan memberikan vaksin untuk Mam seperti vaksin cacar, gondong, tetanus, polio, rubela, atau hepatitis B.

Panduan berat badan

Jika kelebihan berat badan (overweight) hingga 9 kg, Mam mungkin perlu menguranginya. Ini karena overweight bisa membahayakan Mam dan si Kecil.

Panduan nutrisi dan latihan fisik

Sangatlah baik jika Mam bisa mengetahui makanan dan aktivitas fisik apa saja yang terbaik untuk kesehatan Mam dan si Kecil. Menjaga nutrisi Mam dan si Kecil itu penting, loh!

Carilah dokter yang membuat Mam merasa nyaman

Pastikan Mam berbicara secara terbuka dengan dokter kandungan mengenai masalah apa pun yang muncul. Jika Mam dan dokter kandungan Mam bekerja sama sebagai tim, hal ini akan membantu Mam dan si Kecil. Mencari dokter kandungan yang komunikatif bisa konsultasi kapan saja dan selalu memberi semangat juga penting, Mam. Jarak tempuh dari rumah sampai rumah sakit tempat praktik dokter kandungan juga perlu diperhitungkan, karena saat kehamilan Mam akan sering mengunjunginya.

Menyambut kehadiran si Kecil ke dunia ini adalah keputusan terbaik yang bisa Mam dan Pap lakukan. Pastikan si Kecil dapat tumbuh dengan aman dan sehat demi kebahagiaannya dan juga Mam dan Pap. Sudah siap untuk merencanakan program hamil  yang sehat, Mam?
 
Other Sources:
 https://www.starthealthystayhealthy.in/tips-your-preconception-checkup
Penulis
Suria Riza

Seorang ibu rumah tangga dengan dua anak yang juga cancer survivor Echa juga seorang pencinta kucing. Ia menuangkan cerita kesehariannya seputar tumbuh kembang sang buah hati perjuangannya melawan kanker hobinya akan make up sampai kecintaannya terhadap si kucing. Blognya bahkan pernah mendapat penghargaan sebagai blog terbaik kategori family and parenting pada Hari Blogger Nasional 2015.

Kesehatan

Ini Tanda-tanda Mam Sedang Hamil Anak Kembar

By: Wyeth Nutrition 2018-07-09 00:54:44 (UTC)
Tahukah Mam? Kehamilan kembar terbagi ke dalam dua golongan, kembar identik dan kembar tidak identik (fraternal). Merencanakan bayi kembar dapat dilakukan secara natural atau melalui program bayi tabung (in vitro fertilization atau IVF).
Bayi kembar  identik berasal dari satu buah sel telur yang dibuahi satu sel sperma. Telur yang sudah dibuahi ini kemudian membelah menjadi dua atau lebih, menghasilkan dua atau lebih janin dengan DNA, golongan darah, dan karakteristik fisik serupa. Bayi kembar identik juga berbagi satu plasenta, tapi tumbuh dalam ketuban berbeda. Meski begitu, kembar identik tidak diturunkan dalam keluarga ataupun dipengaruhi usia, etnis, serta umur.
Kembar fraternal berkembang dari dua sel telur dan dua sel sperma yang berbeda. Kedua bayi tidak berbagi plasenta dan biasanya tidak memiliki kemiripan layaknya kembar identik. Angka kejadian kembar fraternal jauh lebih banyak dibandingkan kembar identik.
Nah, bagi Mam yang kini sedang berbadan dua, apakah Mam dapat merasakan berapa jumlah bayi yang berada dalam rahim Mam? Biasanya sih, tidak. Kehamilan kembar umumnya baru dapat diketahui dan dikonfirmasi setelah ibu hamil melakukan pemeriksaan USG pada trimester pertama.
Beberapa tanda penting yang menunjukkan Mam mengandung lebih dari satu bayi:
  • Berat badan naik pesat pada trimester pertama kehamilan
    Biasanya, kenaikan berat badan pada ibu hamil anak kembar lebih tinggi dari rata-rata ibu dengan kehamilan tunggal.
  • Ukuran kandungan tergolong besar bila dicocokkan dengan usia kehamilan
    Hal ini dapat diketahui sejak pemeriksaan pertama. Misalnya, melalui pemeriksaan, dokter mengatakan usia kehamilan Mam memasuki 8 minggu. Namun, secara kasat mata, kehamilan Mam seperti sudah berusia 10-12 minggu. Ketinggian kandungan ibu dengan bayi kembar juga melebihi umumnya, bisa mencapai 48 cm.
  • Kadar HCG naik dengan cepat
    HCG atau Human Chorionic Gonadotrophin menghasilkan telur yang dibuahi. Hormon ini diperlukan untuk menjaga kehamilan sampai plasenta berkembang. Pada kehamilan dengan satu bayi, HCG naik dengan cepat pada minggu pertama kehamilan, dan akan berlipat ganda setiap 2 atau 3 hari. Kadar HCG menjadi lebih tinggi pada kehamilan kembar.
  • Terdengar dua denyut jantung
    Pada akhir trimester pertama, dokter dapat mendeteksi adanya dua denyut jantung yang berbeda menggunakan alat Doppler. Hal ini sekaligus mengonfirmasi terdapat dua janin dalam kandungan Mam.
Perlu Mam ketahui, kehamilan kembar lebih berisiko dibandingkan kehamilan tunggal. Selain itu, kebanyakan kehamilan kembar berujung pada persalinan sesar. Lakukan langkah-langkah aman untuk menjaga kehamilan Mam agar terbebas dari komplikasi seperti preeklampsia, plasenta previa, dan diabetes gestasional. Penuhi juga kebutuhan nutrisi Mam dan janin selama hamil dengan mengonsumsi makanan bergizi.
 
Source:
babycenter.com/0_when-and-how-to-find-out-if-youre-carrying-twins-or-more_3579.bc
nakita.grid.id/read/025024/ini-dia-8-tanda-kehamilan-kembar-yang-bikin-ibu-penasaran
americanpregnancy.org/multiples/symptoms-of-multiple-pregnancy/
hellosehat.com/kehamilan/kesuburan/faktor-yang-mempengaruhi-kehamilan-kembar/
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top