Kesehatan

Delapan Kepintaran Si Kecil Dan Bagaimana Menjadikannya Bersinar

By: dr Andyda Meliala 2017-02-22 00:59:05 (UTC)

Benarkah jika si Kecil sudah bisa membaca dan berhitung sudah layak disebut anak pintar? Mari kita buktikan. Pada umumnya, kepintaran diukur dengan menggunakan tes bakat dan menghasilkan ukuran, diantaranya kemampuan matematika dan membaca. 

Berbeda dengan pendapat umum, Howard Gardner mengatakan bahwa tidak ada satu kemampuan tunggal yang mendefinisikan kepintaran. Anak pintar harus dinilai berdasarkan kemampuan menyelesaikan masalah, menemukan persoalan baru untuk dicari solusinya, menciptakan sesuatu dan memberikan penghargaan.



Baca Juga : Cara Cepat Melatih Stimulasi Kepintaran Anak pada Usia Dini

Berikut ini adalah 8 Kepintaran menurut Gardner dan bagaimana kita menstimulasi si Kecil untuk memupuk kepintaran tersebut. 

1.    Word Smart

Orang yang memiliki “Word Smart” tinggi menyukai kata-kata untuk diolah menjadi informasi dan bahasa dibanding gambar. Mereka menggunakan bahasa untuk mengungkapkan serta mengapresiasi makna yang kompleks.

Cara membuat anak pintar “Word Smart”, ajaklah si Kecil melakukan aktivitas bersama untuk menstimulasi otaknya. Beberapa kegiatan tersebut diantaranya, membacakan cerita, meminta si Kecil bercerita, mempelajari kata-kata baru tiap hari, membaca atau menulis buku harian bersama, bermain scrabble (permainan cari kata).


2.    Number Smart

Yang termasuk dalam “Number Smart” di antaranya adalah kepintaran menghitung, mengukur, mempertimbangkan dalil atau rumus, hipotesis dan menyelesaikan operasi matematika yang kompleks. Juga memahami angka, simbol, mengenali pola, berpikir logis dan sistematis.

Si Kecil dapat distimulasi dengan bernyanyi yang mengandung unsur berhitung (Balonku, Satu-satu aku sayang ibu), mengerjakan soal matematika, berhitung setiap bermain, bermain balok, bermain game online bersama, dan kegiatan lainnya yang melibatkan angka dan berhitung.

3.    Picture Smart

Dengan “Picture Smart” yang tinggi, si Kecil mampu mengindera (indra ada 5)  dunia secara akurat dan menciptakan kembali atau mengubah aspek-aspek dunia tersebut; mampu membayangkan dan menggambarkan berbagai bentuk.

Cara membuat anak pintar jenis ini, ajak Si Kecil menggambar, mengerjakan maze, bermain jigsaw/puzzle, bermain board game (halma, catur, dsb), membuat foto, dan membuat diagram/peta. Agar tidak membosankan, ajak anak berkhayal atau bermain memerankan seorang tokoh atau karakter.

4.    Music Smart

Kepintaran jenis ini, termasuk kepekaan terhadap tangga nada, melodi, irama, dan nada, bahkan menciptakan musik, bernyanyi, atau memahami dan menghargai musik.
Ajak si Kecil untuk menyanyi, mendengarkan berbagai jenis musik, menari mengikuti musik, bermain alat musik, membuat suara mengikuti musik, dan bermain tebak-tebakan aneka bunyi/suara untuk menstimulasi otaknya agar memiliki kepintaran musik.



5.     Body Smart

Kepintaran untuk menggunakan tubuh secara terampil, memegang objek dengan cakap, termasuk menjaga keseimbangan tubuh, memiliki koordinasi sangat baik antara otak dan tubuh untuk mencapai target.

Untuk menstimulasi si Kecil, ajak untuk menirukan gerakan orang bekerja, membuat istana kartu, bermain sandiwara boneka, belajar bahasa isyarat, belajar menari, dan olah raga dengan jenis permainan yang bervariasi. 

6.    Nature Smart

Kepintaran terhadap lingkungan hidup, tumbuhan, hewan termasuk fenomena alam. Memiliki “Nature Smart” tinggi mampu mengenali, mengklasifikasi aneka spesies, tumbuhan dan hewan. 
Untuk stimulasi, ajak Si Kecil mengumpulkan dedaunan atau batu, mengamati hewan dan prilakunya, bagian tumbuhan dan benda alam (bulan, awan, cuaca dsb), belajar membedakan hewan dan tumbuhan. Agar Si Kecil terbiasa mengamati lingkungan sekitar, ajak juga mereka jalan pagi, berwisata ke kebun binatang, memelihara hewan, berkebun, dan sebagainya.

7.     Self Smart

Kepintaran memahami dan mengelola diri sendiri, selanjutnya mampu mengoptimalkan kemampuan diri.

Ajak si Kecil untuk belajar mengenali dan mengendalikan emosi, belajar mengurus diri sendiri dan bermain peran untuk menstimulasi kepintaran ini.

Sebagai orang tua, cobalah untuk menciptakan hubungan batin mulai dari kandungan juga rasa aman dengan sentuhan dan kata-kata yang positif dan menenangkan. Bangun citra diri dan harga diri anak melalui tantangan dan umpan balik. Ajak anak untuk belajar mengenali dan menamai perasaan.

8.    People Smart

Kepintaran memahami orang dan membina hubungan yang efektif dengan orang lain.

Cara membuat anak pintar “People Smart”, minta si Kecil untuk sering bermain, membuat kerajinan, belajar bersama teman, mewawancarai teman dan menjelaskan pelajaran kepada teman atau adik kelas. 

Nah, Mam! Sekarang Anda sudah mengetahui jenis-jenis kepintaran. Kira-kira si Kecil punya jenis kepintaran yang manakah? Sudah tahu kan, cara menstimulasinya?  



Referensi:
1.    https://www.edutopia.org/multiple-intelligences-research
2.    http://developingchild.harvard.edu/wp-content/uploads/2007/05/Timing_Quality_Early_Experiences-1.pdf
 

Penulis
dr Andyda Meliala

Dokter Andyda Meliala, seorang dokter dan praktisi perkembangan anak yang berbasis pada plastisitas otak dan kepintaran majemuk. Ia sudah menulis beberapa buku dibidang parenting. Berkiprah di masyarakat dengan mendirikan Resourceful Parenting Indonesia dan menyusun 21 Days Smart Stimulations

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top