Cara Mengasuh

Do’s & Don’ts Imunisasi, Apa Saja?

By: DR Dr Rini Sekartini SpA K 2017-09-19 20:56:48 (UTC)
Mam, imunisasi adalah fase penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Dengan melengkapi imunisasi dan dilakukan tepat waktu, tubuhnya akan makin siap menangkal serangan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Imunisasi pada dasarnya adalah cara untuk memberi sistem kekebalan tubuh yang efektif menangkis penyakit yang kini makin beragam jenisnya. Sejumlah kecil virus dan bakteri yang lemah atau tidak aktif (dikenal sebagai antigen) dalam vaksin akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk menciptakan antibodi yang melawannya. Antibodi ini siap menyerang jika tubuh terkena virus atau bakteri penyebab penyakit tersebut. 
 
Imunisasi merupakan hal yang penting dalam fase tumbuh kembang si Kecil dan perlu persiapan khusus saat melakukannya. Dengan mempersiapkan si Kecil untuk mendapatkan imunisasinya, manfaat yang didapatkan akan lebih maksimal. Berikut ini hal yang perlu Mam lakukan dan yang tidak boleh dilakukan saat akan memberi imunisasi pada si Kecil:
DON’Ts :
  • Melakukan imunisasi saat si kecil sedang sakit atau dalam kondisi kurang fit. Saat tubuh sedang tidak dalam kondisi terbaiknya, imunisasi menjadi kurang maksimal dan membuat si Kecil merasa tidak nyaman.
  • Memberi penurun demam sebelum vaksinasi. Obat penurun panas hendaknya hanya diberikan untuk menghilangkan rasa sakit atau mengurangi demam ringan. 
  • Mengabaikan jadwal imunisasi. Ketepatan waktu dalam melakukan imunisasi untuk si Kecil akan memberikan hasil yang optimal dan memastikan imunisasi yang diterima bekerja sesuai dengan kebutuhan dan kapasitasnya.
 
DO’s : 
  • Usahakan memberikan imunisasi tepat waktu dan sesuai usianya. 
  • Pastikan si Kecil tidak memiliki alergi. Cek tentang alerginya dengan dokter anak untuk mengetahui apa saja alergi dan pantangan si Kecil. Konsultasikan kepada petugas kesehatan atau dokter, imunisasi apa yang akan diberikan, apa saja yang mungkin terjadi setelah pemberian imunisasi (misalnya demam), dan bagaimana mengatasinya. 
Memastikan si Kecil mendapatkan yang terbaik untuk tumbuh kembangnya adalah hal yang penting  loh, Mam. Untuk itu, kita harus selalu siaga dan teliti dalam memberi apa yang akan diterimanya. Baca juga berbagai informasi seputar imunisasi dan pengasuhan anak, yang bisa Mam dapatkan di sini.
 
Sumber: 
http://www.parents.com/baby/health/vaccinations/hows-and-whys-of-baby-vaccines/
http://www.idai.or.id/artikel/klinik/imunisasi/tanya-jawab-orangtua-mengenai-imunisasi
http://www.parents.com/baby/health/vaccinations/babys-first-shots/
http://mindfulmama.org/2013/01/21/the-dos-and-donts-of-vaccination/
Penulis
DR Dr Rini Sekartini SpA K

Dokter Spesialis Anak Konsultan alumni Fakultas Kedokteran UI Jakarta dan saat ini praktek sebagai Konsultan Tumbuh Kembang Anak di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top