Info Nutrisi

Gaya Hidup Vegan Selama Kehamilan? Why Not?!

By: Wyeth Nutrition 2018-02-14 02:04:30 (UTC)
Menjalani pola hidup vegan bukan menjadi penghalang untuk kehamilan yang sehat kok Mam. Bagi yang belum tahu, pola hidup vegan adalah gaya hidup yang menghindari penggunaan semua produk hewani. Hal ini sedikit berbeda dengan pola makan vegetarian, dimana produk turunan hewani (misalnya produk susu dan telur) masih diperbolehkan. Untuk diet selama masa kehamilan bagi vegetarian, baca di artikel Kehamilan dan Vegetarian.

Untuk vegan Mam yang sedang merencanakan kehamilan, tidak perlu terlalu khawatir karena kehamilan bisa tetap menjadi sehat asalkan pola makan benar-benar diatur dan terjaga agar kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi. Ohya, satu hal lagi: bahwa masa kehamilan bukanlah waktu yang tepat untuk memulai gaya hidup vegan maupun vegetarian jika Mam belum menjalaninya terlebih dahulu. 

Nutrisi-nutrisi yang harus diperhatikan untuk kehamilan vegan adalah:

1. Protein

Kebutuhan protein untuk wanita dewasa adalah 56 gram, sementara untuk wanita hamil dan menyusui naik menjadi 76 gram/hari1. Untuk pemenuhan kebutuhan protein, Mam dapat mengkonsumsi kacang-kacangan (beans, bukan nuts) seperti kacang merah, kacang hitam, kacang Arab, kacang kedelai, kacang hijau, kacang polong dan lentil. Protein dari 1/2 cangkir kacang-kacangan dapat menggantikan 85 g daging hewani. 

Sebaiknya Mam tidak terlalu sering menggantikan sumber protein dengan "faux meat" atau pengganti daging yang diolah dari tepung karena kandungan nutrisinya yang rendah.

2. Zat Besi

Zat besi sangat penting untuk pembentuk sel darah merah yang sehat, dan tentunya kebutuhan akan bertambah banyak untuk perkembangan janin. Wanita hamil membutuhkan sekitar 39 mg zat besi setiap harinya1. 

Sumber-sumber nabati yang bisa Mam asup antara lain: sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan (beans), kismis dan cereal yang difortifikasi dengan zat besi. Agar penyerapannya maksimal, usahakan agar ada sumber Vitamin C seperti jus jeruk atau potongan tomat saat mengkonsumsi sumber zat besi tersebut ya Mam.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 juga dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan sistem saraf. Karena sumber utama Vitamin B12 adalah produk hewani, defisiensi vitamin ini adalah yang paling rentan terjadi pada penganut vegan diet. Saat ini sumber nabati bisa ditemukan di supplement dari alga dan cereal yang difortifikasi Vitamin B12. Namun, sebaiknya Mam memilih supplement kehamilan yang bagus yang dapat memenuhi kebutuhan harian ibu hamil sebesar 2,6 mcg/hari.

4. Vitamin D dan kalsium

Vitamin D dan kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi. Untuk vegan Mam, sumber nabati yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D adalah sayuran berwarna hijau tua (seperti brokoli, caisim, kailan, bayam), susu soya yang difortifikasi dan buah jeruk. 

5. Omega 3

‚ÄčOmega 3 dikenal luas dalam fungsinya dalam pembentukan otak, terutama untuk perkembangan otak janin yang pesat. Sumber utama Omega 3 biasanya adalah hewan laut, namun vegan Mam juga dapat mendapatkannya dari produk alga/ rumput laut, minyak canola dan flaxseeds dan kacang walnut. 

Tentunya, selain 5 nutrisi penting untuk para vegan Mam di atas, nutrisi lainnya tetap perlu dicukupi selama masa kehamilan. Vegan Mam juga mungkin perlu mengkonsumsi prenatal supplement selama mengandung.

References:
1. Angka Kecukupan Gizi. http://gizi.depkes.go.id/download/Kebijakan%20Gizi/Tabel%20AKG.pdf

2. Nine Meatless Month. Fit Pregnancy. https://www.fitpregnancy.com/nutrition/prenatal-nutrition/nine-meatless-months
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Info Nutrisi

Makanan yang Harus Dihindari Bagi Para Calon Mam dan Pap

By: Wyeth Nutrition 2018-02-14 02:20:54 (UTC)
Selain 5 Nutrisi Penting Selama Kehamilan, Mam juga sebaiknya menghindari makanan-makanan berikut ini jika sedang berusaha untuk hamil.

1. Kafein
Kafein dapat ditemukan dalam kopi, teh, cokelat dan beberapa minuman bersoda ataupun energy drink. Untuk para calon Mam, pengkonsumsian kafein harus dibatasi karena dalam beberapa penelitian terhadap calon Mam yang sulit hamil, konsumsi kafein lebih dari 1 gelas per hari meningkatkan kemungkinan kegagalan kehamilan1. Namun untuk calon Mam yang tidak memiliki riwayat sulit hamil, pengkonsumsian 1-2 gelas/hari masih dianggap aman.

Untuk para calon Pap, konsumsi kafein yang berlebihan (lebih dari 3 gelas/hari) juga dapat mempengaruhi kualitas sperma dengan menyebabkan kerusakan DNA yang terkandung dalam sel sperma2. Dengan demikian, calon Pap juga dapat mengurangi asupan kafein selama mencoba untuk hamil.

2. Alkohol
Alkohol sebaiknya dihindari total saat Mam dan Pap mencoba untuk dan saat hamil. Dalam sebuah penelitian yang difokuskan pada calon Mam dan Pap, konsumsi alkohol diasosiasikan dengan menurunnya angka kelahiran yang disebabkan baik oleh keguguran maupun gagalnya kehamilan (tidak terjadi pembuahan)1.
Para calon Pap juga sebaiknya menghindari alkohol karena konsumsi alkohol tinggi dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan menurunnya kualitas sperma dan menyebabkan impotensi3. 

3. Vitamin A / Retinol
Vitamin A berguna untuk membantu pembelahan sel, terutama saat terjadi pembelahan yang cepat di awal kehamilan. Namun Mam harus menghindari penggunaan multivitamin, supplement atau bahkan obat luar yang mengandung vitamin A/retinol. Hal ini disebabkan oleh tingginya resiko pembelahan sel yang terlalu cepat sehingga dapat menyebabkan malformation pada janin.

Makanan yang mengandung vitamin A dalam jumlah besar juga sebaiknya dihindari, seperti hati hewan. Dengan diet yang sehat, seimbang dan beragam, kebutuhan harian vitamin A Mam dapat tercukupi kok dari makanan-makanan seperti telur, produk susu dan buah atau sayur berwarna merah dan oren.

4. Makanan tinggi kalori dan lemak jenuh
Makanan yang tinggi kalori dan lemak jenuh, serta kurangnya aktifitas tubuh, adalah penyebab utama kegemukan/ obesitas. Calon Mam yang mempunyai BMI (Body Mass Index) lebih dari 30 bisa mempunyai menstruasi yang tidak regular dan ada inflamasi di dalam tubuh sehingga membuat kehamilan menjadi lebih sulit.

Obesitas juga merupakan faktor resiko untuk diabetes gestasional, preeclampsia dan kelahiran c-section4. 

Maka, Mam sebaiknya memulai perjalanan kehamilan dengan diet yang sehat dan seimbang sehingga semua nutrisi yang diperlukan dapat terpenuhi.


References

1. Pre-conception Health Special Interest Group. The Fertility Society of Australia. https://yourfertility.org.au/Effects-of-caffeine-alcohol-and-smoking-on-fertility.pdf
accessed 6 December 2017

2. Coffee and caffeine intake and male infertility: a systematic review. Ricci, E. et al. Nutrition Journal. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5482951/
accessed 6 December 2017

3. Alcohol and Fertility. Dilip Gude. 2012. Journal of Human Reproductive Sciences. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3493844/
accessed 6 December 2017

4. The Impact of Maternal Obesity on Maternal and Fetal Health. MA Leddy, ML Power and J Schulkin. 2008. Reviews in Obstetrics & Gynecology Journal. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2621047/
accessed 15 December 2017
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top