Gambar Gaya Hidup Vegan Selama Kehamilan? Why Not?!
Gambar Gaya Hidup Vegan Selama Kehamilan? Why Not?!

Gaya Hidup Vegan Selama Kehamilan? Why Not?!

oleh: Wyeth Nutrition 2018-02-14 16:04:30
Menjalani pola hidup vegan bukan menjadi penghalang untuk kehamilan yang sehat kok Mam. Bagi yang belum tahu, pola hidup vegan adalah gaya hidup yang menghindari penggunaan semua produk hewani. Hal ini sedikit berbeda dengan pola makan vegetarian, dimana produk turunan hewani (misalnya produk susu dan telur) masih diperbolehkan. Untuk diet selama masa kehamilan bagi vegetarian, baca di artikel Kehamilan dan Vegetarian.

Untuk vegan Mam yang sedang merencanakan kehamilan, tidak perlu terlalu khawatir karena kehamilan bisa tetap menjadi sehat asalkan pola makan benar-benar diatur dan terjaga agar kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi. Ohya, satu hal lagi: bahwa masa kehamilan bukanlah waktu yang tepat untuk memulai gaya hidup vegan maupun vegetarian jika Mam belum menjalaninya terlebih dahulu. 

Nutrisi-nutrisi yang harus diperhatikan untuk kehamilan vegan adalah:

1. Protein

Kebutuhan protein untuk wanita dewasa adalah 56 gram, sementara untuk wanita hamil dan menyusui naik menjadi 76 gram/hari1. Untuk pemenuhan kebutuhan protein, Mam dapat mengkonsumsi kacang-kacangan (beans, bukan nuts) seperti kacang merah, kacang hitam, kacang Arab, kacang kedelai, kacang hijau, kacang polong dan lentil. Protein dari 1/2 cangkir kacang-kacangan dapat menggantikan 85 g daging hewani. 

Sebaiknya Mam tidak terlalu sering menggantikan sumber protein dengan "faux meat" atau pengganti daging yang diolah dari tepung karena kandungan nutrisinya yang rendah.

2. Zat Besi

Zat besi sangat penting untuk pembentuk sel darah merah yang sehat, dan tentunya kebutuhan akan bertambah banyak untuk perkembangan janin. Wanita hamil membutuhkan sekitar 39 mg zat besi setiap harinya1. 

Sumber-sumber nabati yang bisa Mam asup antara lain: sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan (beans), kismis dan cereal yang difortifikasi dengan zat besi. Agar penyerapannya maksimal, usahakan agar ada sumber Vitamin C seperti jus jeruk atau potongan tomat saat mengkonsumsi sumber zat besi tersebut ya Mam.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 juga dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan sistem saraf. Karena sumber utama Vitamin B12 adalah produk hewani, defisiensi vitamin ini adalah yang paling rentan terjadi pada penganut vegan diet. Saat ini sumber nabati bisa ditemukan di supplement dari alga dan cereal yang difortifikasi Vitamin B12. Namun, sebaiknya Mam memilih supplement kehamilan yang bagus yang dapat memenuhi kebutuhan harian ibu hamil sebesar 2,6 mcg/hari.

4. Vitamin D dan kalsium

Vitamin D dan kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi. Untuk vegan Mam, sumber nabati yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D adalah sayuran berwarna hijau tua (seperti brokoli, caisim, kailan, bayam), susu soya yang difortifikasi dan buah jeruk. 

5. Omega 3

​Omega 3 dikenal luas dalam fungsinya dalam pembentukan otak, terutama untuk perkembangan otak janin yang pesat. Sumber utama Omega 3 biasanya adalah hewan laut, namun vegan Mam juga dapat mendapatkannya dari produk alga/ rumput laut, minyak canola dan flaxseeds dan kacang walnut. 

Tentunya, selain 5 nutrisi penting untuk para vegan Mam di atas, nutrisi lainnya tetap perlu dicukupi selama masa kehamilan. Vegan Mam juga mungkin perlu mengkonsumsi prenatal supplement selama mengandung.

References:
1. Angka Kecukupan Gizi. http://gizi.depkes.go.id/download/Kebijakan%20Gizi/Tabel%20AKG.pdf

2. Nine Meatless Month. Fit Pregnancy. https://www.fitpregnancy.com/nutrition/prenatal-nutrition/nine-meatless-months

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top