Kesehatan

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Hamil

By: Annisa Steviani 2018-01-17 14:52:15
Sebenarnya banyak sekali hal yang harus dipersiapkan saat merencanakan program hamil dan menambah anggota keluarga. Mam dan Pap perlu memikirkan beberapa hal seperti persiapan mental, kondisi keuangan, dan sistem pendukung lainnya. 

Apa saja yang harus disiapkan?

Periksakan Kondisi Fisik

Jadwalkan kunjungan ke dokter kandungan dan periksakan kondisi fisik Mam dan Pap minimal tiga bulan sebelum program hamil. Dokter akan bertanya tentang riwayat penyakit, pola makan, dan menyarankan vaksin yang dibutuhkan.


Disarankan untuk vaksin cacar dan rubella sebelum kehamilan jika Mam belum imun terhadap kedua penyakit tersebut. Pemeriksaan kondisi fisik sebelum hamil sangat berpengaruh terhadap kehamilan sehat nantinya. 

Mam juga perlu memeriksa apakah berat badan sudah pas? Kelebihan atau kekurangan berat badan bisa menambah risiko pada kehamilan. Makan sayur dan buah, minum banyak air putih, kurangi konsumsi kafein, dan bersiaplah untuk hamil dengan sehat!

Persiapan Mental

Menjadi orang tua tentu membawa banyak kebahagiaan. Meski demikian, terkadang menjadi orang tua juga adalah hal membuat stres karena bertambahnya tanggung jawab. Begitu si Kecil hadir di rumah, keseharian Mam akan berubah sepenuhnya. Mam akan mengalami malam-malam tanpa tidur nyenyak dan kelelahan karena fokus merawat si Kecil.

Kehadiran si Kecil juga bisa memengaruhi rencana karier Mam atau rencana pendidikan yang lebih tinggi. Itu sebabnya banyak wanita yang depresi usai melahirkan. Ini karena mereka sudah merencanakan segalanya untuk si Kecil, tapi lupa menyiapkan mental untuk dirinya sendiri. 

Diskusi dengan pasangan akan banyak membantu. Diskusikan apakah Pap mau membantu mengganti popok atau mencuci baju? Maukah Pap bangun tengah malam untuk memberi susu? Dukungan moral dari suami akan sangat membantu persiapan mental Mam sebelum hamil.

Kondisi finansial

Status finansial adalah masalah yang sangat penting sebelum melangkah menuju peran baru Mam. Hitunglah pengeluaran bulanan untuk mengukur kemampuan finansial Mam dan Pap. Hal ini akan sangat membantu dalam mengetahui kesiapan untuk hamil. Mam dan Pap bisa mulai mengatur seberapa banyak uang yang akan mulai ditabung untuk persiapan program hamil ini.

Jika perlu, mintalah pertolongan dari perencana keuangan untuk mengatur keuangan dan simpanan masa depan demi kesehatan dan pendidikan si Kecil. Sangatlah penting untuk membatasi pengeluaran yang tidak perlu dan melakukan perencanaan keuangan sebelum merencanakan untuk memiliki bayi.

Hitung juga biaya yang dibutuhkan untuk periksa bulanan ke dokter kandungan serta melahirkan. Buat rencana B jika Mam terpaksa melahirkan secara caesar yang pasti menelan biaya lebih besar dibandingkan melahirkan normal.

Sistem pendukung lainnya

Setelah ada si Kecil, rutinitas Mam akan menjadi sangat padat dan akan sangat sulit untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri. Bagaimana cara merawat si Kecil pun bisa jadi diskusi panjang terutama jika kedua orangtua bekerja full time di luar rumah.

Diskusikan dengan suami dengan siapa si Kecil akan tinggal selama Mam dan Pap bekerja?  Jika Mam tinggal jauh dari keluarga, apakah percaya menitipkan si Kecil kepada baby sitter tanpa pengawasan? Apakah Mam dan Pap akan mencari daycare untuk menitipkan si Kecil?

Jika semua hal di atas sudah didiskusikan, Mam dan Pap telah siap untuk program hamil dan memiliki anak. Selamat jadi orang tua!

Sources:
fitpregnancy.com/pregnancy/getting-pregnant/ready-set-conceive
https://www.starthealthystayhealthy.in/things-think-about-getting-pregnant
Penulis
Annisa Steviani

Ibu satu anak yang rutin menulis kesehariannya, terutama suka duka menjadi ibu. Ia pernah bekerja sebagai jurnalis di media online terbesar di Indonesia (2011-2013) dan Social Media & Community Manager di sebuah edisi online surat kabar berbahasa Inggris (2013-sekarang). Selain berisi keseharian sebagai ibu, blognya juga berisi tentang lifestyle dan beauty.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top