Kesehatan

Hindari Stres Mam… (Happy Mam, Happy Baby)

By: NITA SUSILAWATI 2017-10-25 04:07:23 (UTC)
Menjadi orangtua mendatangkan berbagai emosi yang kuat bagi orangtua, terutama Mam. Mulai dari rasa gembira hingga putus asa. Rasa cinta, kebahagiaan dan kebanggaan dapat dengan cepat berubah menjadi kemarahan, kebencian atau rasa bersalah, tergantung pada situasi dan kondisi yang dialami. 
 
Tenang Mam, hal ini masih normal karena kebanyakan orang tua merasakan emosi negatif dari waktu ke waktu. 
 
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orangtua yang mengalami parenting stress (stres yang berhubungan dengan mengurus anak) cenderung otoriter, keras, dan negatif saat berinteraksi dengan anak. Selanjutnya, rasa stres yang tak teratasi ini juga dapat menurunkan kualitas hubungan orangtua-anak yang memengaruhi kesehatan anak.
 
Sangat penting bagi Mam untuk dapat mengelola rasa stres ini agar kesehatan Mam tetap terjaga, Mam pun dapat menikmati menjadi orangtua, pekerjaan rumah tangga beres dan anak pun bahagia. 
 
Minimalkan Stres
Mam dapat mengurangi stres dengan melakukan beberapa hal berikut ini: 
  • Berdiskusi dengan pasangan, terutama tentang hal-hal yang membuat Mam khawatir, juga tentang isu sehari-hari untuk mengurangi beban di hati dan pikiran

     

  • Bersikap terbuka terhadap masalah yang dihadapi dengan orangtua lain yang Mam kenal. Hal seperti ini biasanya jarang dilakukan para Dad. Namun menceritakan apa yang menjadi sumber kecemasan pada orang tua lain dan menyadari bahwa kita tidak sendirian, dapat membuat Mam lebih tenang.

     

  • Minta bantuan ahli bagi masalah pengasuhan yang memang sulit ditangani sendiri, misalnya kala anak sulit dilatih buang air di toilet, mengalami masalah tidur, atau sikap agresif.

     

  • Menjaga kesehatan Mam seperti makan cukup dengan makanan bernutrisi, cukup tidur dan berolahraga, terutama ketika Mam sedang merasa ekstra cemas.

     

  • Mendatangi ahli seperti dokter, psikolog, atau psikiater, jika stres Mam dirasa cukup berat hingga mengganggu kegiatan sehari-hari.

     

 
Mam perlu ingat bahwa tidak ada formula ajaib untuk menjadi orangtua sukses. Yang sebaiknya Mam pahami, perasaan apapun yang Mam miliki akan memengaruhi bagaimana Mam memperlakukan si Kecil. Jadi tidak hanya kesehatan Mam yang terganggung saat stres, namun juga kesehatan anak, bahkan sangat mungkin juga membuat si Kecil merasa stres. 
 
Referensi
  • Turner, E.A., Gibb, A., Perkins-Parks, S., & Rinderknecht, R. Parental Distress and Child Behavior as Predictors of Parent-Child Interactions. Poster presentation at the American Psychological Association Convention, San Diego, CA. August, 2010
  • https://www.verywell.com/parenting-anxiety-2634007
  • https://www.psychologytoday.com/blog/the-race-good-health/201306/4-tips-managing-parenting-stress
Penulis
NITA SUSILAWATI

Hal rutin yang dilakukan Nita Susilawati sebelum berangkat kerja adalah menyiapkan kebutuhan sekolah si Kecil dan mengantarkannya ke sekolah. Sebagai copy writer Pusat Kreatif Femina, Nita sudah menulis banyak artikel seputar anak dan balita. Kesibukan lain wanita yang tinggal di Bekasi ini adalah mengelola bisnis online ontologi dan komunitas crafting jelicraft bersama teman temannya.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top