I Have a Great Pap!

Rabu, 01 November 2017, 17:24 WIB0 Shares
Menurut penelitian Kalter and Rember (2014) dari Children’s Psychiatric Hospital, University of Michigan, minimnya peran Pap dalam pengasuhan berdampak pada psikologi anak, sebanyak 63% mengalami masalah kegelisahan, cemas, depresi dan fobia dan moody. 56% memiliki kemampuan di bawah rata-rata dan 43% anak melakukan agresi pada orang tuanya. Data ini tentu mengejutkan sekaligus menjadi pengingat kita mengenai pentingnya peran Pap dalam tumbuh kembang anak. 
 
Budaya di Indonesia memang kerap menitikberatkan pengasuhan anak kepada Mam. Hal ini terjadi karena sering kali muncul stigma negatif terhadap Pap yang ikut terlibat dalam pengasuhan anak. Namun banyaknya informasi dan beragam penelitian yang menunjukan pentingnya peran Pap dalam pengasuhan anak, kini tren pun mulai bergeser. Pap modern kini tidak lagi takut akan “label” yang mungkin akan menyertainya ketika ikut mengurus si buah hati. Selain bonding yang kuat, menurut sebuah penelitian hal ini juga dapat meningkatkan nilai akademis anak di sekolah hingga 39% (American Intitutes of Research 2013). Anak pun akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Jika ia laki-laki maka anak akan mendapatkan sosok panutan/ idola yang kelak akan membentuk karakter maskulinnya. Sementara itu, si anak perempuan yang dekat dengan Pap akan mendapatkan perlindungan dan rasa aman sehingga ia bisa tumbuh jadi pribadi yang mampu menghargai dirinya. 
 
Beberapa aktivitas di bawah ini akan menambah kedekatan Pap dan si Kecil. Pastikan Pap menjauhkan ponsel dan cobalah untuk 100% berada di dekat anak baik fisik maupun pikiran Anda. 
  • Setidaknya habiskan waktu bermain dan ngobrol selama 30 menit bersama anak. 
  • Terlibat sejak awal kelahiran anak. Sejak bayi sempatkan untuk bergantian bersama Mam menggantikan popok, bermain atau memberikan susu anak. 
  • Ajari anak untuk mengambil keputusan untuk dirinya. Beri arahan tetapi bukan batasan agar anak belajar lebih mandiri. 
  • Bacakan mereka cerita pengantar tidur. Selain menjadi momen kedekatan dengan anak, melalui cerita banyak nilai dan pelajaran yang bisa diberikan.
  • Kembangkan imajenasinya dengan ikut bermain peran bersama anak. Menjadi konyol sesekali dan masuk ke dunia anak akan membuatnya semakin mencintai Anda. 
  • Rencanakan sebuah kejutan manis untuk Mam bersama anak. Ia akan melihat dan belajar bagaimana cara mencintai dan menghargai seseorang seperti yang Pap lakukan.  
 
Ada banyak cara untuk membuat pola asuh yang seru untuk si Kecil; segera dapatkan informasinya di sini agar si Kecil pintarnya beda. 
 
Sumber
  • http://childrightsngo.com/crfdata/download_section/1Effects%20on%20Children%20Research%20Report.pdf
  • Majalah Femina no.19/2017 “Ayah ada, Ayah Tiada”
  • http://www.artofmanliness.com/2008/08/03/18-tips-for-being-a-great-dad/
  • https://www.brighthorizons.com/family-resources/e-family-news/2012-the-art-of-being-a-father

0 Komentar

Artikel Terkait

Tumbuh Kembang

Liburan Seru Bersama si Kecil

Baca selengkapnya

Tumbuh Kembang

Aku Siap Ujian, Mam!

Baca selengkapnya

Tumbuh Kembang

Kiat Memotivasi Anak Belajar

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top