Ide Kegiatan Seru bagi Si Kecil agar Pintarnya Beda

Senin, 07 Agustus 2017, 14:04 WIB1 Shares
Mam tentu tahu bahwa beda anak beda pintar. Sebagaimana diutarakan Howard Gardner, pakar pendidikan dari Harvard University, pada dasarnya setiap anak memiliki delapan jenis kepintaran  dengan potensi berbeda-beda. Kedelapan jenis kepintaran yang dikemukakan Gardner itu dapat digolongkan ke dalam tiga kategori.
  • Akal, meliputi word smart, number smart, picture smart dan music smart.
  • Fisik, meliputi body smart dan nature smart.
  • Sosial, meliputi self smart dan people smart.
Untuk mengembangkan kepintaran anak selama periode emasnya, Mam perlu menyinergikan kepintaran si kecil. Sinergi kepintaran adalah mengembangkan kepintaran akal, fisik, dan sosial si Kecil agar pintarnya beda.
 
Ada berbagai cara yang dapat Mam lakukan untuk memberikan stimulasi kepintaran anak. Salah satunya adalah mengajak si kecil mengeksplorasi kegiatan yang sedikit berbeda dari kepintaran yang ia miliki selama ini. Nah, berikut adalah beragam ide kegiatan seru untuk mengembangkan kepintaran si Kecil agar pintarnya beda.
 
Berkemah bersama keluarga

Mam, mengajak si kecil berkemah di alam terbuka memiliki segudang manfaat bagi si kecil. Studi di Inggris, yang dilakukan Institute of Education di Plymouth University dan The Camping and Caravanning Club terhadap sekelompok orang tua, menemukan anak-anak yang rutin berkemah di alam terbuka, setidaknya sekali dalam setahun, memiliki tingkat kepintaran baik, lebih sehat, dan bahagia. Kegiatan ini akan membuat mereka mampu lebih menghargai alam, terhubung dengan alam, serta mendapatkan berbagai keterampilan berharga untuk di kemudian hari.

Manfaat: mengembangkan kepintaran naturalis, kepintaran logika-matematika, kepintaran gerak tubuh, kepintaran interpersonal
 
Jalan-jalan ke  museum
 
Museum merupakan tempat yang menampilkan barang-barang bersejarah dari masa ke masa; mulai dari arkeologi, benda seni, benda maritim, dan biografi. Jalan-jalan ke museum dapat memperluas wawasan si kecil mengenai berbagai ilmu pengetahuan.
 
Saat ke Museum Nasional misalnya, ia akan melihat koleksi benda-benda kuno dari seluruh Nusantara. Di Museum Wayang, ia bisa melihat berbagai jenis dan bentuk wayang dari seluruh Indonesia. Museum Bahari di Pelabuhan Sunda Kelapa menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Manfaat: mengembangkan kepintaran naturalis, kepintaran visual-spasial, kepintaran intrapersonal, kepintaran logika-matematika
 
Menonton pertunjukan musik
 
Cari tahu jadwal konser atau pertunjukan musik untuk anak yang akan berlangsung di kota Mam tahun ini. Bila yang akan tampil adalah penyanyi favorit si kecil, ia tentu akan senang sekali. Mam juga bisa mengajaknya menonton pertunjukan musikal yang menampilkan karakter-karakter kartun dari film-film favoritnya, yang kerap diadakan di pusat-pusat perbelanjaan ternama.

Tujuan: mengembangkan kepintaran musikal, kepintaran interpersonal, kepintaran gerak tubuh

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai potensi kepintaran si kecil, Mam bisa memanfaatkan fitur Smart Strength Finder di situs Parenting Club by Wyeth Nutrition. Mam juga bisa memberikan stimulasi kepintaran anak melalui eksperimen sederhana, contohnya seperti yang terdapat di laman ini .
 
Source:
sahabatnestle.co.id/content/view/6-manfaat-mengunjungi-tempat-bersejarah-bagi-si-kecil.html
britanniaminemuseum.ca/Blog/museums-cater-to-multiple-intelligences
campingandcaravanningclub.co.uk/news/2015/may/children-go-camping-better-school-healthier-happier-according-new-research/
familyeducation.com/life/weekend-day-trips/top-10-family-weekend-activities?slide=1
familyeducation.com/life/weekend-day-trips/top-10-family-weekend-activities?slide=3
 
Accessed on 20 March 2017

0 Komentar

Artikel Terkait

Cara Mengasuh

Cara Setiap Tipe Parenting dan Dampak Terhadap Si Kecil

Baca selengkapnya

Cara Mengasuh

6 Tips Dukung Si Kecil agar Pintarnya Beda

Baca selengkapnya

Cara Mengasuh

Tips Memulai Perjalanan Menjadi Orangtua

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top