I’m a Strong Kid!

Kamis, 26 Oktober 2017, 15:59 WIB0 Shares
Dari banyak kasus yang ditangani oleh dokter, disimpulkan bahwa anak terserang flu dan infeksi telinga sebanyak 6-8 kali dalam setahun masih dianggap normal. Mam tidak perlu khawatir, karena saat si Kecil terserang flu, tubuhnya secara otomatis akan memerangi bakteri, kuman dan virus yang akan membuat daya tahan tubuhnya semakin kuat. Meski begitu, bukan berarti Mam hanya berdiam diri, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan agar si Kecil memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Daya tahan tubuh yang kuat membuat si Kecil lebih pintar karena ia bebas bereksplorasi dan belajar dari bermain tanpa masalah kesehatan.
 
  • Sayur dan buah

    Buah dan sayuran warna-warni kaya akan phytonutrisi. Phytonutrisi membantu tubuh untuk memproduksi sel darah putih dan interferon yang melindungi permukaan sel dan memblokade virus. Berikan si Kecil 5 porsi buah dan sayur sehari (1 porsi sekitar 2 sendok makan untuk balita, dan 1 cangkir untuk anak-anak)

  • Istirahat cukup

    Tidur merupakan waktu istirahat terbaik terutama bagi si Kecil. Kurang tidur dapat mengurangi sel pembunuh alami sebagai senjata anti bodi untuk memerangi mikroba dan virus. Bayi membutuhkan waktu tidur sebagai 18 jam sehari, sementara balita 12-13 jam sehari, usia pra sekolah membutuhkan 10-11 jam waktu tidur. Jika si Kecil enggan dan sulit untuk tidur siang, cobalah untuk membuat ia tidur lebih awal di malam hari. Pastikan setiap hari anak tidur malam sekitar jam 8 malam, baik hari sekolah maupun hari libur.

  • Olah raga

    Olah raga membantu memperbanyak produksi sel anti bodi. Tetapi untuk menerapkan gaya hidup cinta olah raga si Kecil membutuhkan role model. Jauhkan gadget dari anak, dan jangan sekedar meminta mereka untuk bermain dan berolah raga di luar rumah tetapi cobalah untuk bergabung dan melakukan aktivitas ini bersama mereka.

  • Suplemen

    Nutrisi yang cukup merupakan faktor yang paling berpengaruh untuk menghasilkan anti bodi yang baik. Jika kebutuhan nutrisi sehari-hari dirasa kurang mencukupi, Mam bisa menggunakan vitamin untuk membantu si Kecil memperkuat pertahanannya terlebih ketika sakit menyerang. Gunakan sesuai dosis dan tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka panjang.

  • Pola hidup sehat

    Biasakan si Kecil untuk memiliki rutinitas sehat seperti mandi dua kali sehari, mencuci tangan sebelum makan, setelah buang air besar dan kecil, atau menyentuh benda yang kotor serta menutup mulut dan hidungnya ketika bersin, mencuci kaki tangan dan mengganti baju jika perlu sehabis bermain di luar rumah. Hal-hal kecil ini merupakan langkah pencegahan yang tepat untuk melindungi tubuhnya.

 
Temukan berbagai trik dan tips menarik seputar pengasuhan si Kecil, dengan berkunjung ke sini
 
Sumber:
http://www.parents.com/health/cold-flu/cold/boost-childs-immunity/
http://www.ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/immunodilator-dan-daya-tahan-tubuh-balita
http://www.ayahbunda.co.id/balita-tips/tingkatkan-kekebalan-tubuh-balita--

0 Komentar

Artikel Terkait

Tumbuh Kembang

Liburan Seru Bersama si Kecil

Baca selengkapnya

Tumbuh Kembang

Aku Siap Ujian, Mam!

Baca selengkapnya

Tumbuh Kembang

Kiat Memotivasi Anak Belajar

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top