Imunisasi Bayi, Mengapa Penting?

Selasa, 14 November 2017, 12:45 WIB4 Shares
Pro dan kontra tentang imunisasi bayi di sosial media kerap membuat Mam dan Pap yang baru memiliki si Kecil menjadi bingung. Ditambah lagi bila yang kontra dengan imunisasi adalah berasal dari orang terdekat yang sudah dianggap berpengalaman dalam hal pola asuh.

“Ah, dulu juga tidak diimunisasi tapi kamu tetap sehat.”

Kalimat seperti itu bisa membuat Mam dan Pap jadi bingung tentang pentingnya imunisasi bayi, kan? Bahkan, bisa juga menimbulkan rasa takut untuk melakukan imunisasi. Padahal, banyak ahli kesehatan sudah mengatakan imunisasi penting bagi si Kecil. Sebelum Mam dan Pap mengetahui manfaatnya, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu imunisasi bayi.

Vaksinasi atau imunisasi adalah program pencegahan penyakit menular dengan cara memberikan vaksin ke dalam tubuh sehingga kebal terhadap penyakit tertentu. Metode pemberian imunisasi ada yang dengan cara disuntik atau diteteskan ke mulut.

Imunisasi memang berisi bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan atau dinonaktifkan. Namun, bakteri atau virus ini yang akan melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus yang sama, dengan cara merangsang sistem imun dan membentuk antibodi. Melalui salah satu majalah anak di Indonesia, dr Hardiono D Pusponegoro SpA(K) juga mengatakan, imunisasi akan membuat si kecil merangsang tubuh memiliki kekebalan  yang alami terhadap penyakit dari bakteri atau virus tersebut.

Manfaat Imunisasi bagi Bayi

Berikut beberapa manfaat imunisasi bagi tumbuh kembang si Kecil.

Tindakan Pencegahan yang ampuh
Di beberapa negara, imunisasi sudah terbukti mampu mengeliminasi beberapa penyakit berbahaya. Nepal dan Maladewa merupakan dua negara yang sudah mampu mengeliminasi rubella karena imunisasi rubella sudah dilakukan di kedua negara ini sejak beberapa tahun silam.
 
Indonesia sudah mendapatkan sertifikat bebas polio sejak 2014. Namun, jauh sebelum itu, pada 2006, sudah tidak lagi ditemukan kasus polio. Di AS pun, angka kematian bayi dan anak menurun setelah mencanangkan imunisasi polio, penyakit penyebab kelumpuhan yang mematikan.

Perlindungan yang Aman dan Efektif
Imunisasi bayi bisa saja menimbulkan efek, tetapi biasanya tidak berlangsung lama dan tetap aman bagi si Kecil. Mam tidak perlu khawatir akan hal ini. Imunisasi atau vaksin tidak dibuat sembarangan. Sebelum dinyatakan layak untuk diberikan kepada si Kecil, imunisasi bayi telah melalui penelitian dan uji coba bertahun-tahun oleh para ahli.

Menghemat Waktu, Tenaga, dan Biaya
Terkadang Mam atau Pap ragu untuk mengimunisasi si Kecil karena biaya. Padahal, bila si Kecil sakit, aktivitas Mam terganggu, bahkan ada biaya pengobatan yang tidak murah. Lebih kasihan lagi si Kecil yang bisa terhambat tumbuh-kembangnya karena sakit.

Membantu Melindungi Bayi dan Anak Kurang Beruntung
Ada beberapa kasus bayi dan anak-anak tidak bisa diimunisasi, misalnya karena alergi atau menjalani pengobatan tertentu. Bila si Kecil yang sehat mendapatkan imunisasi tentu saja akan mengurangi risiko menularkan berbagai pernyakit kepada bayi dan anak-anak yang kurang beruntung.
‚Äč
Masih ragu mengimunisasi si Kecil? Manfaat imunisasi bayi sangat besar bagi si Kecil, Mam. Sebelum mengimunisasi, ada baiknya Mam mengetahui do’s and don’t imunisasi seperti yang ditulis di sini.

Artikel ini disadur dari tulisan DR Dr Rini Sekartini SpA K.

Sumber:
  • ayahbunda.co.id/bayi-gizi-kesehatan/5-alasan-mutlak-anak-wajib-imunisasi
  • id.theasianparent.com/pentingnya-imunisasi-dan-efek-sampingnya/
  • familydoctor.org/childhood-vaccines-what-they-are-and-why-your-child-needs-them/

0 Komentar

Artikel Terkait

Tumbuh Kembang

7 Tahap Perkembangan Motorik Anak

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

3 Manfaat ASI Eksklusif yang Terbaik untuk Ibu dan Bayi

Baca selengkapnya

Tumbuh Kembang

Mengapa Kepintaran Akal, Fisik, dan Sosial si Kecil Perlu Dikembangkan?

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top