Imunisasi, Mengapa Penting?

Rabu, 20 September 2017, 11:08 WIB0 Shares
Tak hanya penting, namun ternyata imunisasi juga wajib diberikan untuk memastikan kesehatan anak. Imunisasi adalah salah satu cara untuk menangkal datangnya penyakit tertentu pada bayi dan anak. Sederet penyakit seperti Polio, Difteri, Campak, Hepatitis, hingga TBC bisa dicegah dengan pemberian imunisasi berkala. Nah, Mam, agar tak salah kaprah, berikut info yang perlu Mam ketahui. 

 

Mengenal imunisasi

 
Vaksinasi atau imunisasi adalah program pencegahan penyakit menular dengan cara memberikan vaksin ke dalam tubuh sehingga kebal terhadap penyakit tertentu. Vaksin berisi jenis bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan atau dinonaktifkan untuk merangsang sistem imun dan membentuk antibodi yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus tersebut di masa yang akan datang. Metode pemberian vaksin beragam, ada yang disuntikkan atau diteteskan ke dalam mulut.  
 

Apa saja manfaatnya?

 
Dalam tugasnya mencegah terjangkitnya berbagai penyakit berbahaya, imunisasi juga memberi banyak manfaat untuk tumbuh-kembang bayi dan anak. 
  • Tindakan pencegahan yang ampuh

    Imunisasi sudah terbukti mampu mengurangi angka kematian bayi dan anak akibat penyakit yang berbahaya seperti kasus penyakit polio yang terjadi di AS. Sejak dicanangkan imunisasi polio, sudah jauh berkurang kasus bayi dan anak yang diserang penyakit penyebab kelumpuhan yang mematikan ini.

  • Perlindungan yang aman dan efektif

    Vaksin yang digunakan untuk imunisasi tidaklah sembarangan karena telah melalui berbagai proses pengujian dan penelitian bertahun-tahun yang melibatkan ilmuwan, dokter, dan tenaga medis profesional. Beberapa vaksinasi menimbulkan efek samping tidak nyaman seperti rasa nyeri dan merah atau bengkak pada bekas suntikan, namun biasanya hanya berlangsung sebentar dan tidak membahayakan. Jadi Mam tidak perlu khawatir.

  • Menghemat waktu, tenaga, dan biaya

    Mungkin beberapa imunisasi tertentu dirasa sangat mahal, namun tak sebanding jika terserang penyakit akibat lalai imunisasi. Mam bisa bayangkan, jika si Kecil sakit pasti akan menguras waktu, tenaga, pikiran, uang, dan yang paling penting merampas kesempatan ia untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

  • Membantu melindungi bayi dan anak-anak yang kurang beruntung

    Dengan diberi imunisasi, maka si Kecil berpotensi mengurangi terjadinya penularan penyakit terhadap bayi atau anak-anak lain yang karena kondisinya tidak bisa di-imunisasi. Misalnya mengidap alergi atau tengah menjalani pengobatan sehingga rentan terjangkit penyakit.

Pastikan si Kecil mendapat imunisasinya secara lengkap dan di saat yang tepat untuk menjaga kesehatannya. Dapatkan juga informasi menarik seputar kesehatan dan pengasuhan si Kecil, di sini
 
Sumber:
  • http://www.ayahbunda.co.id/bayi-gizi-kesehatan/5-alasan-mutlak-anak-wajib-imunisasi
  • https://id.theasianparent.com/pentingnya-imunisasi-dan-efek-sampingnya/
  • https://familydoctor.org/childhood-vaccines-what-they-are-and-why-your-child-needs-them/

0 Komentar

Artikel Terkait

Kesehatan

Dukung Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Baca selengkapnya

Kesehatan

Gigiku Bersih dan Sehat

Baca selengkapnya

Kesehatan

Proteksi si Kecil Lewat Imunisasi

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top