Cara Mengasuh

Imunisasi, Mengapa Penting?

By: DR Dr Rini Sekartini SpA K 2017-09-19 21:08:08 (UTC)
Tak hanya penting, namun ternyata imunisasi juga wajib diberikan untuk memastikan kesehatan anak. Imunisasi adalah salah satu cara untuk menangkal datangnya penyakit tertentu pada bayi dan anak. Sederet penyakit seperti Polio, Difteri, Campak, Hepatitis, hingga TBC bisa dicegah dengan pemberian imunisasi berkala. Nah, Mam, agar tak salah kaprah, berikut info yang perlu Mam ketahui. 

 

Mengenal imunisasi

 
Vaksinasi atau imunisasi adalah program pencegahan penyakit menular dengan cara memberikan vaksin ke dalam tubuh sehingga kebal terhadap penyakit tertentu. Vaksin berisi jenis bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan atau dinonaktifkan untuk merangsang sistem imun dan membentuk antibodi yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus tersebut di masa yang akan datang. Metode pemberian vaksin beragam, ada yang disuntikkan atau diteteskan ke dalam mulut.  
 

Apa saja manfaatnya?

 
Dalam tugasnya mencegah terjangkitnya berbagai penyakit berbahaya, imunisasi juga memberi banyak manfaat untuk tumbuh-kembang bayi dan anak. 
  • Tindakan pencegahan yang ampuh

    Imunisasi sudah terbukti mampu mengurangi angka kematian bayi dan anak akibat penyakit yang berbahaya seperti kasus penyakit polio yang terjadi di AS. Sejak dicanangkan imunisasi polio, sudah jauh berkurang kasus bayi dan anak yang diserang penyakit penyebab kelumpuhan yang mematikan ini.

  • Perlindungan yang aman dan efektif

    Vaksin yang digunakan untuk imunisasi tidaklah sembarangan karena telah melalui berbagai proses pengujian dan penelitian bertahun-tahun yang melibatkan ilmuwan, dokter, dan tenaga medis profesional. Beberapa vaksinasi menimbulkan efek samping tidak nyaman seperti rasa nyeri dan merah atau bengkak pada bekas suntikan, namun biasanya hanya berlangsung sebentar dan tidak membahayakan. Jadi Mam tidak perlu khawatir.

  • Menghemat waktu, tenaga, dan biaya

    Mungkin beberapa imunisasi tertentu dirasa sangat mahal, namun tak sebanding jika terserang penyakit akibat lalai imunisasi. Mam bisa bayangkan, jika si Kecil sakit pasti akan menguras waktu, tenaga, pikiran, uang, dan yang paling penting merampas kesempatan ia untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

  • Membantu melindungi bayi dan anak-anak yang kurang beruntung

    Dengan diberi imunisasi, maka si Kecil berpotensi mengurangi terjadinya penularan penyakit terhadap bayi atau anak-anak lain yang karena kondisinya tidak bisa di-imunisasi. Misalnya mengidap alergi atau tengah menjalani pengobatan sehingga rentan terjangkit penyakit.

Pastikan si Kecil mendapat imunisasinya secara lengkap dan di saat yang tepat untuk menjaga kesehatannya. Dapatkan juga informasi menarik seputar kesehatan dan pengasuhan si Kecil, di sini
 
Sumber:
  • http://www.ayahbunda.co.id/bayi-gizi-kesehatan/5-alasan-mutlak-anak-wajib-imunisasi
  • https://id.theasianparent.com/pentingnya-imunisasi-dan-efek-sampingnya/
  • https://familydoctor.org/childhood-vaccines-what-they-are-and-why-your-child-needs-them/
Penulis
DR Dr Rini Sekartini SpA K

Dokter Spesialis Anak Konsultan alumni Fakultas Kedokteran UI Jakarta dan saat ini praktek sebagai Konsultan Tumbuh Kembang Anak di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Cara Mengasuh

Yang Perlu Diketahui dari Trimester Pertama Kehamilan

By: Wyeth Nutrition 2017-12-06 08:42:48 (UTC)
Memang betul, pengalaman selama hamil berbeda antara satu Mam dengan yang lainnya. Ada sebagian Mam yang pada trimester pertamanya baik-baik saja dan bisa beraktivitas seperti biasa, akan tetapi, ada sebagian Mam lain yang melewati masa trimester dengan penuh ‘perjuangan’. 

Namun demikian, ada salah satu gejala paling umum yang dialami para Mam pada trimester pertama dikenal dengan sebutan morning sickness. Mungkin Mam pernah mendengar jika wanita hamil identik dengan mual dan muntah? Betul, mual adalah salah satu gejala kehamilan yang paling universal, yang mempengaruhi hingga 85% wanita hamil. 

Morning sickness terjadi karena lonjakan kadar hormon Human Chorionic Gonadatropin (hCG) dalam tubuh. Kenapa biasanya terjadi di pagi hari (sehingga dinamakan morning sickness)? Karena ketika tidur, lambung dalam keadaan kosong dan akan memicu asam lambung pada saat bangun. Timbullah mual dan berakhir muntah. 


Berbagai macam hormon juga muncul, yaitu Human Placenta Lactogen (hPL), Relaksin, Estrogen, Progesteron, Melanocyte Stimulating Hormone (MSH). Secara garis besar, fungsi hormon-hormon tadi untuk menyesuaikan keadaan tubuh agar siap dengan kondisi kehamilan. Efeknya, pada sebagian Mam, di area tertentu kulit akan lebih gelap. Misalnya di bagian lipatan, ketiak, dan area puting. Bentuk dan berat badan tubuh Mam juga ikut berubah. Selain itu, fungsi lain dari hormon-hormon tadi menstimulasi produksi ASI, mengisi kantong-kantong di payudara. 

Secara biologis, janin juga berkembang. Menurut dr. Khanisyah Erza Gumilar, SpOG, staf divisi Fetomaternal RS Universitas Airlangga, Surabaya, berikut adalah tahapan lengkap perkembangan janin yang perlu para Mam ketahui.  

Usia 0-3 minggu
Periode ini disebut juga sebagai periode perkembangan zigot dan blastosis (pre-embrionik). Dua minggu pertama setelah terjadi fertilisasi (pembuahan), zigot berkembang menjadi blastosis kemudian mengadakan implantasi di dinding endometrium (lapisan di dalam rahim) 6-7 hari setelah fertilisasi. Sel-sel di bagian dalam pada dinding blastosis yang tebal akan berkembang menjadi embrio, sedangkan sel-sel di bagian luar tertanam pada dinding rahim dan membentuk plasenta (ari-ari). 

Usia 3-8 minggu
Hasil pembuahan disebut embrio ketika memasuki usia 3 minggu dari  terjadinya fertilisasi. Pada periode ini, hCG mulai meningkat dan dapat dideteksi dengan tes kencing. Peningkatan kadar hormon ini menghentikan menstruasi Anda, seringkali merupakan pertanda pertama kehamilan, dan memicu pertumbuhan plasenta.

Pada usia 4-5 minggu, denyut jantung mulai terlihat dengan pemeriksaan USG transvaginal. Di akhir usia 6 minggu, ukuran embrio kurang lebih 22-24mm, menampakkan bentukan kepala dan badan. Pada usia ini jantung sudah sepenuhnya terbentuk lengkap, tangan dan kaki, demikian juga sistem saraf dan pencernaan juga mulai terbentuk. Di usia kehamilan 3-8 minggu ini direkomendasikan penggunaan USG TVS, untuk evaluasi pertumbuhan embrio.

Usia 8 minggu
Bakal janin berukuran 4 cm. Crown-to-rump length (CRL) dapat diukur dengan menggunakan USG transabdomen. Ukuran CRL adalah patokan usia kehamilan sesungguhnya. Jantung bayi mulai lengkap, artinya terdiri dari 4 rongga. Termasuk sekat untuk membatasi ruang bilik dan serambi, dan katup di antara ruang-ruangnya. Saluran kencing, alat kelamin dan anus sudah terbentuk. Pada masa ini, lewat USG, dokter bisa mendengarkan detak jantung janin, mengetahui usia pasti kehamilan dan memperkirakan tanggal proses persalinan.

Usia 12 minggu
Pertumbuhan janin meningkat pesat. Sel motorik janin semakin terasah dan terasa. Rahim mulai membesar mengikuti panjang dan beratnya embrio. Biasanya mulai dapat diraba persis di atas simfisis pubis. Ukuran CRL 6-7cm diikuti dengan gerakan janin yang menggeliat secara spontan. Alat kelamin janin yang dalam posisi meringkuk, mulai terbentuk. Tulang-tulang juga mulai tampak diikuti pertumbuhan kulit, rambut  dan kuku. Janin bisa menutup jari-jari tangannya. 


Sumber: 
http://mommiesdaily.com/2017/01/24/apa-yang-terjadi-pada-janin-dan-ibu-di-trimester-pertama/ (tanggal akses: 25 September 2017, 13:00)
http://www.webmd.com/baby/guide/first-trimester-of-pregnancy (tanggal akses: 25 September 2017, 13:00)
https://www.babycenter.com/0_the-ultimate-pregnancy-to-do-list-first-trimester_10341205.bc - (tanggal akses: 25 September 2017, 13:30)
https://www.fitpregnancy.com/pregnancy/pregnancy-calendar/your-first-trimester-week-week - (tanggal akses: 25 September 2017, 14:00)
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top