Stimulasi

Ini Alasan Ibu Hamil Harus Rajin Berolahraga

By: Alia An Dhiva 2017-02-12 22:16:42 (UTC)
Meski tengah berbadan dua, Mam tetap harus rajin berolahraga, lho. Faktanya, melakukan olahraga secara rutin selama hamil memiliki segudang manfaat positif, baik bagi kehamilan maupun kesehatan Mam. Khusus untuk calon Mam yang berbadan gemuk, biasanya dokter akan menekankan pentingnya berolahraga selama hamil agar pertambahan berat badan Mam dapat terkontrol. Informasi seputar kehamilan bagi Mam berbadan gemuk bisa dilihat disini ya, Mam.

Namun, sebelum melakukan jenis olahraga tertentu, sebaiknya Mam berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Dokter dapat memberi masukan mengenai jenis olahraga yang aman dan tepat sesuai dengan kondisi kehamilan Mam. The American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan ibu hamil dengan kehamilan normal agar melakukan aktivitas olahraga moderat selama minimal 30 menit per hari. Lantas, apa sajakah manfaat olahraga untuk ibu hamil? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini, Mam.

Meningkatkan stamina

Bila kehamilan Mam tergolong normal dan sehat, usahakan untuk menjaga kehamilan dengan aktif bergerak, ya. Langkah ini dapat membantu meningkatkan energi sehingga Mam tidak mudah kelelahan. Sebaliknya, terlalu banyak duduk dan berbaring justru dapat membuat Mam lebih lelah. 

Mencegah diabetes gestasional

Aktif bergerak selama hamil dapat membantu menjaga kadar gula darah di tubuh Mam tetap normal. Dengan begitu, risiko mengalami komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional maupun preeklampsia pun dapat ditekan.


Meringankan nyeri punggung

Banyak ibu hamil mengeluh nyeri punggung dan nyeri pinggang saat kandungannya semakin besar. Mam dapat menjaga kehamilan tetap nyaman dengan melakukan beberapa gerakan peregangan. Selain itu, sejumlah pose yoga juga terbukti ampuh dapat meringankan sakit pada punggung hingga pinggang.

Melancarkan pencernaan

Aktif berolahraga ternyata juga dapat membantu merangsang kontraksi alami otot-otot usus. Dengan begitu, Mam akan terhidar dari masalah sembelit yang kerap dialami oleh ibu hamil. 

Memperbaiki mood

Olahraga juga merupakan salah satu cara efektif untuk meredam stres lho, Mam. Saat berolahraga, tubuh akan memproduksi endorfin, hormon yang membuat Mam merasa nyaman dan tenang. 

Melancarkan proses persalinan

Calon Mam yang aktif bergerak dan berolahraga sepanjang kehamilan memiliki peluang lebih besar untuk terhindar dari proses persalinan yang panjang. Salah satu alasannya, Mam memiliki stamina yang lebih kuat serta tidak cemas dalam menghadapi proses persalinan.

Yang tak kalah penting untuk diketahui adalah “aturan” berolahraga saat Mam sedang berbadan dua. Ini tipsnya,Mam:
  • Perhatikan asupan makanan
  • Olahraga akan memicu pembakaran kalori. Jadi, pastikan Mam mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan kalori yang cukup, ya. Asupan kalori yang cukup dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.
  • Pilih olahraga yang aman
  • Jenis olahraga yang direkomendasikan untuk ibu hamil antara lain berenang, berjalan kaki, joging, dan yoga. Ada baiknya juga bila Mam bergabung dalam kelas olahraga khusus untuk ibu hamil. Biasanya, kelas ini dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman melatih olahraga bagi ibu hamil.
  • Berolahraga di tempat yang sejuk
  • Lakukan olahraga di tempat yang nyaman dan bersuhu sejuk. Selama hamil, terjadi peningkatan pada laju aliran darah dan metabolisme di tubuh Mam. Akibatnya, suhu badan Mam cenderung lebih hangat dibandingkan sebelumnya. Maka dari itu, hindari berolahraga di tempat bersuhu tinggi atau lembap ya, karena akan membuat suhu tubuh Mam semakin melonjak.
 
Nah, kini Mam sudah tahu bahwa olahraga adalah bagian penting dalam upaya menjaga kehamilan, sama pentingnya dengan mengonsumsi asupan bergizi secara rutin. Maka dari itu, yuk mulai rutin berolahraga. Selamat berolahraga ya, Mam.

Baca juga artikel menarik lainnya : Cara Mengetahui Kehamilan Secara Alami


Sumber:
Buku What to Expect oleh Heidi Murkoff, hal. 216-218
spine-health.com/conditions/pregnancy-and-back-pain/stretching-exercises-back-pain-during-pregnancy
webmd.com/digestive-disorders/exercise-curing-constipation-via-movement
babycenter.com/0_the-best-kinds-of-exercise-for-pregnancy_7880.bc
acog.org/Patients/FAQs/Exercise-During-Pregnancy
babycenter.com/0_the-13-rules-of-safe-pregnancy-exercise_622.bc
Diakses pada 13 Oktober 2016
Penulis
Alia An Dhiva

Setelah kelahiran putri pertamanya, Alia An Nadhiva memutuskan untuk memulai karier sebagai penulis freelance. Pengalamannya menjadi jurnalis di Majalah Good Housekeeping dan Prevention membuatnya semakin dekat dengan dunia kesehatan, hingga ia sering menulis artikel tentang modern parenting, nutrisi, kehamilan, dan kesehatan keluarga. Alia adalah lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jurusan Ilmu Jurnalistik, dan kini tengah menetap di Tangerang Selatan bersama keluarga kecilnya.

Stimulasi

4 Persiapan Menjelang Persalinan

By: Wyeth Nutrition 2017-05-29 02:25:13 (UTC)
Memilih rumah sakit bersalin tempat Anda akan melahirkan sebaiknya dilakukan sejak jauh-jauh hari. Yuk, cari tahu di sini persiapan melahirkan lain yang tak boleh dilewatkan.

4 Persiapan Menjelang Persalinan
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top