Kesehatan

Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Mam Pascamelahirkan

By: Wyeth Nutrition 2018-07-09 00:22:32 (UTC)
Kehadiran si Kecil tentu membuat suasana di rumah Mam semakin ramai. Pada saat ini, Mam merasakan bahagia yang membuncah sekaligus rasa lelah yang tak berkesudahan karena sibuk menyusui dan merawat bayi baru lahir.

Pada saat yang sama, Mam mungkin memerhatikan tubuh Mam, meski sudah melewati fase melahirkan, masih belum kembali seperti ketika sebelum hamil. Tenang Mam, kegundahan seperti ini lazim dirasakan  oleh ibu melahirkan, kok.

Sejumlah perubahan pada tubuh ibu pascamelahirkan:

Perut masih terlihat membuncit
Setelah ukuran rahim kembali normal pun, perut Mam masih tetap terlihat membuncit selama beberapa minggu atau bulan. Ini wajar kok, Mam. Otot perut membutuhkan waktu agak lama untuk mengembalikan perut kepada ukuran semula. Pastikan Mam melakukan olahraga rutin untuk mempercepat proses tersebut.

Tidak mampu menahan dorongan buang air kecil
Beberapa hari usai melahirkan, Mam memang tidak dapat merasakan dorongan untuk buang air kecil. Ini karena kandung kemih Mam mengalami bengkak sementara dan kehilangan sensitivitas. Ini terutama bila Mam menjalani persalinan yang panjang.

Rambut rontok
Sebagian ibu melahirkan memang mengalami masalah ini. Semasa kehamilan, rambut mereka menebal karena kadar estrogen yang tinggi. Namun, pascapersalinan kadar estrogen jeblok dan mengakibatkan rambut rontok. Biasanya dalam beberapa bulan hingga setahun, rambut Mam akan kembali normal.

Perubahan pada kulit
Kondisi kulit mengalami perubahan pascamelahirkan juga tergolong normal. Hal ini biasanya terjadi akibat Mam kelelahan, stres, dan terjadi perubahan kadar hormon di tubuh. Wujud perubahan pada kulit bisa berupa jerawat, kloasma (perubahan warna kecokelatan merata pada kulit wajah), atau gatal-gatal. Stretchmark akan memudar meski tidak dapat hilang seluruhnya.

Rasa “aneh” pada vagina
Pascamelahirkan, vagina memang terasa agak kendur. Dalam beberapa minggu, vagina akan kembali normal. Namun, Mam bisa mengembalikan kekencangan vagina lebih cepat dengan rajin melakukan latihan Kegel.

Gairah seksual menurun
Menurut Hope Ricciotti MD, associate professor bidang obstetri dan ginekologi di Harvard Medical School, ibu melahirkan mengalami penurunan gairah seksual. Hal ini karena Mam kini menjadi sangat fokus mengurus bayi dan keluarga sehingga kurang memerhatikan kebutuhan diri sendiri, termasuk urusan seksual. Biasanya diperlukan waktu beberapa bulan hingga gairah seksual ibu melahirkan kembali normal.

Tepat setelah melahirka , berat badan Mam akan berkurang beberapa kilogram. Penurunan berat badan ini terus berlanjut sepanjang proses sirkulasi darah dan ukuran rahim Mam kembali normal. Setelah itu, berat badan menjadi lebih susah untuk diturunkan. Pasalnya, kelebihan berat badan juga berfungsi sebagai simpanan energi alami untuk menyusui.

Dengan olahraga rutin, berat badan ibu melahirkan memang bisa kembali kepada ukuran sebelum hamil. Namun, Mam harus bersabar. Diperlukan waktu selama sembilan bulan bagi tubuh Mam untuk beradaptasi terhadap kehamilan. Artinya, dibutuhkan waktu yang tidak sebentar pula untuk mengembalikannya ke ukuran sedia kala.
 
Source:
babycenter.com/body-changes-after-childbirth
newkidscenter.com/Body-Changes-After-Birth.html
webmd.com/parenting/baby/features/post-pregnancy-body-changes#1
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top