Info Nutrisi

Istirahat dan Tidur

By: Wyeth Nutrition 2016-09-26 00:34:44 (UTC)

Kebutuhan Tidur dan Istirahat Anda

Adalah normal jika anda sulit untuk tidur ketika anda hamil. Terlebih ketika mamasuki trimester ketiga kehamilan, perut anda semakin tampak menonjol. Anda mungkin merasa sulit untuk merasa nyaman
Jika Anda tidak tidur dengan baik, cobalah untuk tidak membiarkan hal itu mengganggu Anda Jangan khawatir bahwa ini tidak akan membahayakan bayi Anda.
Beberapa hal yang bisa dicoba
  • Lakukan olahraga ringan siang hari
  • Beristirahat pada siang hari juga dapat membantu Anda mengurangi rasa lelah
  • Daripada menonton televisi, akan lebih baik menghabiskan jam terakhir sebelum tidur dengan membaca buku, mendengarkan musik yang tenang atau berendam dalam air hangat
  • Minum, susu hangat sebelum tidur
  • Berbaring menyamping dan letakkan tambahan bantal di belakang Anda, di bawah tonjolan perut dan antara lutut Anda
  • Teknik relaksasi mungkin dapat membantu. Mintalah saran di kelas antenatal Anda
Beristirahatlah! Kini Anda memiliki bayi yang baru lahir

Sangat penting untuk mengenali pola tidur Anda yang mungkin akan berubah secara drastis.
  • Tidurkan saat Anda bisa.
  • Hindari keinginan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga ketika bayi sedang tidur, lebih penting bagi Anda untuk beristirahat saat bayi tidur.  
  • Jangan malu meminta teman atau kerabat untuk membantu dan mintalah bantuan sebanyak Anda bisa dari pasangan dan keluarga.
  • Meminta pasangan Anda untuk melakukan sesuatu saat anda menyusui di malam hari.   
  • Akan sangat membantu juga jika ada seseorang yang bisa bergantian menjaga bayi  beberapa jam untuk memberikan kesempatan pada anda untuk beristirahat
Kadang-kadang sulit tidur, jika disertai dengan gejala lainnya, bisa menjadi pertanda depresi. Bicaralah dengan dokter atau bidan jika Anda khawatir.
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Info Nutrisi

Sukses Lewati Trimester Pertama Kehamilan

By: dr Tirsa Verani Sp OG 2018-01-03 21:01:03 (UTC)
Kehamilan mengharuskan calon Mam untuk memerhatikan asupan nutrisinya demi kebutuhan perkembangan janin. Namun kehamilan pada trimester pertama seringkali mendatangkan keluhan yang disebut morning sickness, yang dapat dideskripsikan sebagai rasa mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan. Meski hal ini pada umumnya biasa terjadi, morning sickness yang terus menerus dan berlebihan dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi pada Mam yang tengah hamil.

Ketika Mam hamil, tubuh akan memproduksi HCG (Human Chorionic Gonadotropin), yang menjadi penyebab timbulnya rasa mual. Selain itu, tubuh mereka juga mengalami peningkatan hormon estrogen dan progesteron hingga 40 kali lipat. Hal inilah yang memperparah kondisi mual. Meski demikian, munculnya rasa mual pada masa kehamilan oleh wanita di atas usia 30 tahun diyakini mengurangi risiko keguguran.

Trimester satu kehamilan merupakan masa pertumbuhan organ penting pada janin. Nutrisi seperti karbohidrat, protein, omega 3, zat besi, kalsium dan asam folat adalah beberapa nutrisi yang membantu memaksimalkan pertumbuhan janin di dalam rahim. Asam folat mampu mencegah terjadinya cacat pada janin, sementara karbohidrat menjadi sumber energi dalam proses pembentukan jaringan tubuh janin.


Agar janin tetap mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan, atasi morning sickness dengan langkah berikut:
  • Hindari makanan yang beraroma kuat. Perhatikan dan hindari makanan yang dapat menyebabkan Mam merasa mual.
  • Konsumsi makanan dalam jumlah sedikit tapi sering.
  • Coba konsumsi air lemon untuk mengurangi rasa mual yang bermanfaat sebagai antioksidan dan dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi.
  • Hindari makanan olahan atau kemasan.
Sumber:
https://www.livestrong.com/article/526558-why-do-you-throw-up-when-youre-pregnant/
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/morning-sickness/symptoms-causes/syc-20375254
Penulis
dr Tirsa Verani Sp OG

Dokter Tirsa Verani K. Oroh, Sp.OG lulus Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta dan Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau Kebidanan dan Kandungan Fakultas Kedokteran UI Jakarta. Aktif sebagai Controversies in Obstetrics, Gynecology dan Infertility

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top