Info Nutrisi

Jadikan Si Kecil Pintarnya Beda

By: dr Andyda Meliala 2017-04-09 22:18:50 (UTC)
Menarik mencermati jawaban orang tua balita pada umumnya saat ditanyakan mengenai yang terpenting dalam tumbuh kembang putra-putrinya. Mayoritas orang tua menjawab: gizi yang baik. Sebenarnya selain gizi, ada hal lain yang juga perlu diperhatikan, yaitu membangun fondasi untuk menghasilkan anak yang utuh. Anak yang utuh artinya anak yang mampu berpikir dengan baik, memiliki perspektif luas, bisa berkomunikasi dengan baik, mampu berinteraksi dengan sesama, serta fleksibel. Untuk menghasilkan anak yang utuh, orang tua perlu mendukung sinergi kepintaran Akal, Fisik dan Sosial secara konsisten.

Untuk menjadikan si Kecil pintarnya beda, hal kunci yang harus dipegang orang tua adalah konsisten. Juga relasi yang kuat antara orang tua dan anak agar kedua belah pihak bisa bekerja sama dengan baik.

Kebiasaan positif perlu dibangun. Kita tidak bisa berharap begitu saja bahwa kebiasaan positif akan terbentuk dengan sendirinya. Membangun kebiasaan baru memerlukan waktu bervariasi, ada yang singkat dan ada yang memerlukan waktu cukup lama, bahkan ada penelitian yang mengatakan waktu dua bulan. Semua itu tergantung dari kondisi seseorang yang terkait dengan pengetahuan, emosi dan pengalaman yang dipunyainya.

Apakah untuk membangun kebiasaan positif perlu waktu selama itu? Ya, memang butuh waktu yang tidak sebentar. Otak butuh waktu untuk menumbuhkan jalur kebiasaan lewat pengulangan yang konsisten. Pepatah mengatakan "The journey of a thousand miles begins with one step". Harus dimulai sedikit demi sedikit dan Smart Stimulation yang disusun oleh dr. Andyda merupakan sebuah langkah awal yang signifikan bagi perjalanan Mam & Pap dalam membangun kebiasaan positif dengan anak. Tentunya stimulasi kepintaran untuk si Kecil yang dilakukan oleh Mam & Pap lain di seluruh Indonesia bisa menjadi proses yang menyenangkan. Mam & Pap bisa saling menyemangati dan saling belajar dari satu sama lain.

Singkatnya, Smart Stimulations merupakan awal membangun kebiasaan dan ajang belajar serta saling menyemangati.

Selamat mencoba Smart Stimulations!
Penulis
dr Andyda Meliala

Dokter Andyda Meliala, seorang dokter dan praktisi perkembangan anak yang berbasis pada plastisitas otak dan kepintaran majemuk. Ia sudah menulis beberapa buku dibidang parenting. Berkiprah di masyarakat dengan mendirikan Resourceful Parenting Indonesia dan menyusun 21 Days Smart Stimulations

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top