Info Nutrisi

Jadikan Si Kecil Pintarnya Beda

By: dr Andyda Meliala 2017-04-09 22:18:50 (UTC)
Menarik mencermati jawaban orang tua balita pada umumnya saat ditanyakan mengenai yang terpenting dalam tumbuh kembang putra-putrinya. Mayoritas orang tua menjawab: gizi yang baik. Sebenarnya selain gizi, ada hal lain yang juga perlu diperhatikan, yaitu membangun fondasi untuk menghasilkan anak yang utuh. Anak yang utuh artinya anak yang mampu berpikir dengan baik, memiliki perspektif luas, bisa berkomunikasi dengan baik, mampu berinteraksi dengan sesama, serta fleksibel. Untuk menghasilkan anak yang utuh, orang tua perlu mendukung sinergi kepintaran Akal, Fisik dan Sosial secara konsisten.

Untuk menjadikan si Kecil pintarnya beda, hal kunci yang harus dipegang orang tua adalah konsisten. Juga relasi yang kuat antara orang tua dan anak agar kedua belah pihak bisa bekerja sama dengan baik.

Kebiasaan positif perlu dibangun. Kita tidak bisa berharap begitu saja bahwa kebiasaan positif akan terbentuk dengan sendirinya. Membangun kebiasaan baru memerlukan waktu bervariasi, ada yang singkat dan ada yang memerlukan waktu cukup lama, bahkan ada penelitian yang mengatakan waktu dua bulan. Semua itu tergantung dari kondisi seseorang yang terkait dengan pengetahuan, emosi dan pengalaman yang dipunyainya.

Apakah untuk membangun kebiasaan positif perlu waktu selama itu? Ya, memang butuh waktu yang tidak sebentar. Otak butuh waktu untuk menumbuhkan jalur kebiasaan lewat pengulangan yang konsisten. Pepatah mengatakan "The journey of a thousand miles begins with one step". Harus dimulai sedikit demi sedikit dan Smart Stimulation yang disusun oleh dr. Andyda merupakan sebuah langkah awal yang signifikan bagi perjalanan Mam & Pap dalam membangun kebiasaan positif dengan anak. Tentunya stimulasi kepintaran untuk si Kecil yang dilakukan oleh Mam & Pap lain di seluruh Indonesia bisa menjadi proses yang menyenangkan. Mam & Pap bisa saling menyemangati dan saling belajar dari satu sama lain.

Singkatnya, Smart Stimulations merupakan awal membangun kebiasaan dan ajang belajar serta saling menyemangati.

Selamat mencoba Smart Stimulations!
Penulis
dr Andyda Meliala

Dokter Andyda Meliala, seorang dokter dan praktisi perkembangan anak yang berbasis pada plastisitas otak dan kepintaran majemuk. Ia sudah menulis beberapa buku dibidang parenting. Berkiprah di masyarakat dengan mendirikan Resourceful Parenting Indonesia dan menyusun 21 Days Smart Stimulations

Info Nutrisi

Siapkan Nutrisi yang Dukung Pintarnya si Kecil

By: DR Dr Rini Sekartini SpA K 2017-10-24 21:07:51 (UTC)
Mam dan Pap tentu ingin mempersiapkan yang terbaik untuk si Kecil; dari kebutuhan sandang, perencanaan pendidikan, juga kelengkapan asupan bernutrisinya setiap hari. Apa saja sih, ragam nutrisi yang membantu mendukung pintarnya si Kecil? Berikut penjelasannya.
 
Di usia pertumbuhannya, si Kecil membutuhkan berbagai jenis nutrisi yang tidak saja bermanfaat untuk tubuhnya, tetapi juga perkembangan otaknya. Layaknya spons yang memiliki kemampuan menyerap dengan cepat, otak anak-anak pun menyerap berbagai informasi yang ada di sekitarnya dengan cepat, dan itu membutuhkan energi yang mencukupi dan dukungan nutrisi yang tepat. Di antara berbagai nutrisi yang ada, yang terpenting untuk mendukung fungsi dan perkembangan otak adalah sebagai berikut:
  1. Telur

    Anak-anak biasanya tak sulit menyantap telur; dibuat omelet atau orak-arik yang gurih, telur rebus, atau dicampur ke dengan masakan seperti sup, si Kecil tentu menyukainya. Telur baik untuk pertumbuhan otak karena kaya protein, juga kaya kolin, yaitu zat yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan dan fungsi otak.  Per minggu, rata-rata 5 butir telur cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. 

  2. Sayuran hijau

    Sayuran berdaun dan berwarna hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, sawi, dan kale kaya akan folat dan vitamin, yang dibutuhkan oleh otak. Bila si Kecil tak menyukainya, siasati saja dengan menyelipkannya di dalam omelet atau sandwich gulung, atau olah dalam bentuk smoothie yang segar.

  3. Produk olahan susu, terutama yogurt

    Yogurt adalah sumber protein dan vitamin B yang baik, yang dapat membantu menjaga kondisi dan mendukung pertumbuhan jaringan otak. Yogurt juga baik untuk fungsi pencernaan karena mengandung probiotik. Bekukan yogurt di dalam lemari es, si Kecil pasti senang menyantapnya seperti es krim. 

  4. Ikan

    Ikan sejak lama dianggap sebagai “makanan super” untuk otak, karena merupakan sumber vitamin D dan asam lemak omega 3. Pilih ikan yang berkualitas baik, seperti salmon, sarden, atau tuna. Sebaiknya berikan ikan segar, bukan dalam bentuk olahan ya, Mam. Untuk memaksimalkan manfaatnya, sajikan 2-3 kali menu berbahan ikan setiap minggu untuk anak-anak. 

  5. Buah berry

    Antioksidan dapat menjaga tubuh dan otak dari pengaruh radikal bebas yang dapat merusak sel-sel. Nutrisi ini banyak terkandung di dalam buah beri-berian, seperti strawberry, blueberry, juga arbei (raspberry). Selain itu, buah jenis ini juga kaya vitamin C yang baik untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Tambahkan buah-buahan ini dalam smoothie, milkshake, atau sereal sarapan anak-anak dalam porsi wajar, yaitu sekitar 1 sendok makan. 

Berbeda dengan orang dewasa, mungkin anak-anak perlu beradaptasi dalam menyantap makanan-makanan ini, terutama sayuran hijau. Perkenalkan secara bertahap, sedikit demi sedikit, sampai si Kecil bisa benar-benar bisa menikmati aneka “brain food” yang dibutuhkannya. Pastikan juga rasa sajiannya enak ya, Mam, agar si Kecil makin mudah menikmatinya. 
 
Sumber:
http://www.momjunction.com/articles/foods-boost-kids-brain-power_0075739/#gref
http://www.whattoexpect.com/toddler-nutrition/brain-food-for-kids.aspx
http://www.parenting.com/blogs/mom-congress/melissa-taylor/brain-foods-kids-and-adults
Penulis
DR Dr Rini Sekartini SpA K

Dokter Spesialis Anak Konsultan alumni Fakultas Kedokteran UI Jakarta dan saat ini praktek sebagai Konsultan Tumbuh Kembang Anak di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top