Info Nutrisi

Jaga Kesehatan Mata Si Kecil Dengan Asupan Lutein

By: Wyeth Nutrition 2015-06-10 17:00:00 (UTC)
Lutein adalah salah satu zat penting yang perlu diberikan kepada si kecil untuk mendukung kesehatan mata. Lutein banyak ditemukan dalam sayuran hijau yang bersifat antioksidan dan melindungi mata anak dari kerusakan. New York University Langone Medical Center menyebutkan bahwa lutein juga berperan penting dalam perkembangan otak anak dengan caranya bekerja sebagai berikut:.
 
Pelindung Alami Matahari
Secara terus-menerus sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada bagian tengah retina yang mengandung pigmen lutein. Jadi, sangat penting memberi asupan lutein pada anak untuk menjaga retina dan mencegah kebutaan hingga usia sekitar 55 tahun ke atas.

 
Antioksidan
Saat lensa mata anak terkena radikal bebas secara terus-menerus bisa menyebabkan katarak bahkan kebutaan. Oleh karena itu, lutein bertugas untuk menstabilkan radikal bebas dan melindungi lensa mata dari kerusakan. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2008 dalam Ophthalmology menunjukkan wanita yang mengonsumsi lebih banyak lutein memiliki risiko lebih rendah terkena katarak. Jadi, tidak ada ruginya membantu mata anak bebas dari katarak sedini mungkin dengan asupan lutein.
 
Baik untuk perkembangan otak anak
Sebuah studi dalam Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition menemukan bahwa lutein adalah karotenoid utama yang ditemukan dalam sampel jaringan otak bayi. Ini terakumulasi di daerah yang mengendalikan logika anak, proses berpikir, penglihatan, pendengaran dan bicara. Bukti inimenunjukkan jika perkembangan otak bayi membutuhkan lutein, tetapi tidak jelas apad ampaknya dan bagaimana hal itu mempengaruhi fungsi otak bayi. Studi lain dalam Journal of Science Nutrition menunjukkan tidak ada hubungan antara konsumsi lutein, jumlah lutein dalam darah dan daya ingat anak. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan hubungan antara lutein dan kesehatan otak.

 
Asupan lutein
Sayuran hijau seperti bayam dan kale bisa menjadi pilihan agar si kecil mendapat asupan lutein. Selain itu, Mam juga bisa menambahkan pada menu si kecil alternatif seperti jagung, kacang polong, kacang hijau, dan daun selada romaine. New York University Langone Medical Center menyatakan lutein cukup aman digunakan sebagai suplemen pada anak-anak, dan tidak ada batasan atau dosis tertentu untuk anak-anak.
 
Nah, jangan lupa berikan si kecil banyak sayuran hijau ya, Mam..


Sumber:
http://healthyeating.sfgate.com/foods-containing-lutein-zeaxanthin-4259.html
http://www.livestrong.com/article/519838-lutein-in-children/
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top