Kesehatan

Cara Mendidik Anak Yang Baik, Benar & Pintar Menurut Psikolog

By: Alia An Dhiva 2015-10-18 17:00:00 (UTC)
Tantangan nomor satu orang tua adalah membesarkan si kecil dengan cara mendidik anak yang baik dan benar dan dikehendaki kedua pasangan. Ini karena hal yang diajarkan kepada anak sejak dini dapat melekat hingga ia dewasa.

Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Pintar

Setiap pasangan tentu mempunyai cara mendidik yang berbeda terhadap anak. Menurut psikolog, Diana Baumrind, orang tua mempunyai tiga gaya pola asuh. Manakah yang menjadi gaya pola asuh Mam dan Pap?

Otoriter

Ini adalah gaya yang sangat ketat. Orang tua menetapkan aturan dengan harapan anak-anaknya dapat mengikuti aturan tersebut. Jika tidak mengikuti aturan, anak-anak biasanya akan mendapat hukuman.

Orang tua yang mengikuti gaya ini biasanya tidak berdebat atau membicarakannya terlebih dahulu dengan si kecil. Anak-anak akan ditarik dan mungkin tidak dapat berpikir untuk diri mereka sendiri. Ini karena mereka tidak pernah diberi kesempatan berbicara dan mengeluarkan pendapatnya. 

Jika ini adalah gaya pola asuh Mam, coba ajak si kecil untuk dapat mengeluarkan ide-ide dan pendapat. Jika si kecil tidak memahami kenapa mereka harus disiplin, coba jelaskan apa alasan Mam menetapkan peraturan tersebut.

Demokratis

Gaya pengasuhan seperti ini menetapkan aturan dan pedoman untuk anak-anak mereka, tapi tidak otoriter. Orang tua jauh lebih terbuka untuk mendengarkan perkataan anak dan memahami kebutuhan mereka. Jika melanggar aturan, anak-anak akan ditegur dengan cara halus dan tidak menggunakan kekerasan.

Meski memantau dan mengawasi perilaku anak-anak, orang tua tidak akan ikut campur dalam kehidupan anak misalnya ketika mencari teman. Orang tua baru akan ambil langkah jika merasa anak dalam keadaan bahaya. Pola ini dianggap sebagai gaya pengasuhan paling ideal dan paling umum dilakukan.

Serba membolehkan

Anak-anak yang dibesarkan dalam gaya permisif akan menunjukkan kecenderungan manja dan mengganggu. Anak juga akan cenderung berperilaku buruk jika tidak mendapatkan apa yang diinginkan. Ini karena orang tua dengan tipe seperti ini tidak menetapkan batasan atau peraturan.

Meski ada peraturan, anak biasanya akan melanggar. Jika ini menjadi gaya pola asuh Mam, buat peraturan yang harus dipatuhi anak dan jangan menyerah. Sesekali Mam bisa memberikan hadiah kepada si kecil jika ia berperilaku baik. Hal ini bagus untuk masa depan si kecil ketika menghadapi “dunia nyata” ketika tidak semua orang dapat memperlakukan dia seperti Mam.
Penulis
Alia An Dhiva

Setelah kelahiran putri pertamanya, Alia An Nadhiva memutuskan untuk memulai karier sebagai penulis freelance. Pengalamannya menjadi jurnalis di Majalah Good Housekeeping dan Prevention membuatnya semakin dekat dengan dunia kesehatan, hingga ia sering menulis artikel tentang modern parenting, nutrisi, kehamilan, dan kesehatan keluarga. Alia adalah lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jurusan Ilmu Jurnalistik, dan kini tengah menetap di Tangerang Selatan bersama keluarga kecilnya.

Kesehatan

Berbagi Tugas, Harus Itu!

By: Wyeth Nutrition 2017-11-01 03:20:48 (UTC)
Keluarga itu ibarat tim. Kalau timnya kompak, pasti anak tumbuh sehat, mandiri,  dan bahagia. Nah, biar kompak, Mam dan Pap harus berbagi tugas baik dalam mengatur rumah tangga maupun mengasuh anak. Jangan pasrahkan semua urusan anak pada Mam saja, karena peran Pap juga tak kalah pentingnya. 
Berikut ini beberapa ide berbagi tugas yang bisa Mam & Pap terapkan:
  • Bikin aturan main terlebih dulu

    Sebelum menerapkan pada anak, sebaiknya Mam dan Pap membuat kesepakatan terlebih dulu mengenai aturan umum pengasuhan anak, seperti kapan jam tidur, waktu makan, bermain, dan belajar. Dengan begitu Mam dan Pap terlihat kompak di mata anak. 

  • Pembagian tugas yang jelas

    Mam dan Pap harus mendiskusikan pembagian tugas yang jelas, terutama yang menyangkut urusan rumah tangga. Bagi tugas dengan persetujuan bersama agar tidak ada yang merasa terbebani. Misalnya saja, setiap akhir pekan atau libur, Pap mendapat tambahan tugas mencuci piring. Atau setiap kali Mam lagi sibuk di dapur, Pap harus menemani si Kecil. Selain membantu Mam, Pap pun makin akrab dengan si Kecil.

  • Jaga sikap

    Anak adalah produk lingkungannya. Balita suka sekali meniru apa saja yang dilihatnya. Untuk itu Mam dan Pap harus kompak menjaga sikap, tutur kata, dan kalau perlu hilangkan kebiasaan buruk agar tak ditiru anak. 

  • Jadilah teman bermain yang asyik

    Dunia anak adalah bermain, maka jadilah teman bermain yang asyik. Mam dan pap bisa berbagi tugas menemani anak bermain. Misalnya, untuk urusan mainan cowok, seperti main PS atau mobil-mobilan, Mam bisa menyerahkannya pada Pap. Mam bisa nimbrung dengan membuatkan camilan yang lezat. Saat menonton tv, dampingi anak dan beri pengertian tentang acara yang ditontonnya. 

  • Mengajari anak mandiri

    Sikap mandiri penting sekali diajarkan sejak dini agar kelak anak tangguh menghadapi setiap masalah dalam kehidupannya. Mam dan Pap bisa berbagi tugas mengajari anak dengan melibatkan kegiatan di rumah. Bisa dimulai dengan membiasakan anak untuk merapikan kamar, mematikan lampu, dan  membereskan mainannya setelah selesai bermain.

 
 Agar tim di rumah tetap kompak, tambah wawasan Mam dan Pap dengan berkunjung ke sini
 
Sumber:
https://www.coparents.co.uk/blog/how-to-share-parenting-responsibilities/
http://www.parenting.com/news-break/working-parents-sharing-responsibilities-more-balancing-life-less
https://www.ourfamilywizard.com/blog/sharing-kids-and-parenting-responsibilities
http://raisingchildren.net.au/articles/parent_teamwork_skills_-_overview.html
https://www.empoweringparents.com/article/when-parents-disagree-10-ways-to-parent-as-a-team/
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top