Info Nutrisi

Keamanan Makanan saat Hamil

By: Victoria Djajadi MNutrDiet APD 2017-08-13 21:27:56 (UTC)

Pilihan makanan mempunyai peran penting di masa kehamilan untuk memenuhi kebutuhan perkembangan bayi Anda. Namun bukan berarti pula bahwa Anda boleh menyantap apapun sesuka hati Anda. Beberapa jenis makanan bahkan sebaiknya dihindari saat hamil karena dapat menyebabkan resiko pada janin Anda.
Beberapa makanan yang perlu Anda perhatikan:


 Makanan

Sumber nutrisi

Resiko

Pilih

Hindari

Seberapa banyak

 Ikan

Omega 3, vitamin D

Keracunan merkuri

Salmon, sarden
Teri, kerapu
(ikan kecil & sedang)

Ikan besar seperti
hiu, tuna, makarel dan kakap

3-4 kali/minggu

 Krustasea (seafood)

Omega 3,
Vitamin D

Keracunan mercuri

Kerang, sotong
Cumi, scallop, udang

Seafood besar seperti lobster, gurita, oyster

350gr/minggu

 Keju

Kalsium,
protein

Keracunan
Listeria

Keju keras seperti
Cheddar, parmesan, mozzarella, edam

Keju lunak & biru
seperti ricotta, cottage, brie

Seukuran 2 jempol/hari

 Daging olahan
 (salami, sosis, ham)

Protein

Keracunan
Listeria

Daging yang dipanaskan ulang dan baru

Mengkonsumsi daging langsung dari kulkas tanpa dimasak ulang

1-2 kali/minggu

 Kafein
 (kopi, teh)

-

Terlalu banyak
Kafein

Opsi decaff
Teh herbal

Minum terlalu banyak

2 cangkir kopi/ hari
4 cangkir teh/ hari

 Alkohol

-

Keracunan
alkohol

Infused water, jus buah atau air kelapa

Hindari total semua jenis

Hindari total

Selain daftar makanan di atas, beberapa Mam juga mempunyai pertanyaan mengenai:



Cabai / Makanan Pedas
Makanan yang pedas dan asam dapat menyebabkan atau memperparah kondisi maag / gastritis. Hal ini tentulah membuat bumil merasa tidak nyaman, apalagi jika sedang mengalami mual-mual. Makanan pedas tidak berpengaruh langsung pada kesehatan janin selama makanan tersebut dimasak sepenuhnya dan bersih.

Air Kelapa Muda
Air kelapa muda dikenal baik untuk menyuburkan rambut janin. Meskipun tidak ada hasil riset yang pasti mengenai hal ini, air kelapa memang baik bagi ibu hamil karena mengandung banyak elektrolit. Air kelapa juga merupakan pilihan alternatif yang baik untuk menggantikan teh, kopi dan alcohol.

Kehigienisan Makanan

Kehigienisan makanan juga sangat penting. Beberapa aturan dasar antara lain:

  • Cuci tangan dengan air dan sabun sebelum bersentuhan dengan makanan (baik untuk memasak, menyiapkan maupun saat mau makan)
  • Selalu masak makanan secara menyeluruh/ sepenuhnya
  • Buang makanan yang tidak habis dari piring Anda
  • Anda bisa menyiapkan beberapa porsi sekaligus lalu menyimpannya dalam bentuk porsi individu di freezer. Makanan akan tahan selama 3 bulan
  • Jangan membekukan kembali makanan yang sudah dicairkan. Simpan dalam kulkas biasa dan konsumsi dalam waktu 3 hari
  • Jangan memanaskan berkali-kali
  • Panaskan sampai betul-betul panas, tunggu dingin dan hidangkan

Reference:
http://www.paho.org/disasters/index.php?option=com_content&view=article&id=552%3Awho-%22golden-rules%22-for-safe-food-preparation&Itemid=663&lang=en
Accessed 10 May 2017

 
Penulis
Victoria Djajadi MNutrDiet APD

Victoria adalah seorang ahli gizi terakreditasi lulusan Universitas of Sydney yang juga merupakan ibu dari dua orang anak. Ia mempunyai ketertarikan khusus pada nutrisi anak, diabetes dan penyakit jantung

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top