Cara Mengasuh

Kecemasan Yang Biasa Dialami Calon Pap

By: Wyeth Nutrition 2018-06-28 21:42:46 (UTC)
Kehamilan pertama di sebuah keluarga, selain membawa kebahagiaan sebenarnya juga membawa kecemasan tersendiri. Meski mungkin tidak mengutarakannya, Pap bisa saja menyimpan kecemasan dalam menghadapi kehamilan pertama. Hal ini mungkin tidak disadari orang-orang sekitarnya karena fokus tertuju hanya pada Mam. Padahal, kehadiran si Kecil tentulah juga membawa pengaruh besar bagi Pap.
Berikut tujuh kecemasan yang mungkin calon Pap rasakan saat menanti kehadiran si Kecil.

Cemas Terhadap Keamanan Keluarga
Yup, saat pertama memiliki buah hati, banyak pap yang takut dan cemas, mampukah mereka menjadi pelindung di keluarganya. Seperti yang kita ketahui, anggapan orang-orang, Pap seharusnya adalah sosok yang diharapkan menjadi superman dalam keluarga.
Ia diharapkan memberi support emosi bagi pasangannya. Kalau baby blues bias dimaklumi, maka Pap cenderung harus mengabaikan kecemasan-kecemasan tersebut. Padahal, pada saat yang bersamaan Pap juga harus memenuhi segala kebutuhan finansial kehadiran anggota baru di keluarga. Stay strong, Pap. Percayalah kehadiran si Kecil akan membuat Pap lebih powerful because you are her/his daddy.

Cemas Menghadapi Persalinan
Kecemasan berikutnya yaitu saat menanti proses kelahiran. Tentu hal yang diinginkan semua Pap adalah mendampingi Mam saat detik-detik si Kecil lahir di dunia ini. Namun, ada lho Pap yang sebenernya takut melakukannya. Darah, teriakan, kesakitan mungkin hal yang membuat mereka malah makin cemas.
Karena itu Pap tidak perlu malu kalau memang tidak sanggup mendampingi Mam. Namun, yakinlah kehadiran Pap, meski hanya berupa menggenggam tangan Mam saat berjuang menghadirkan buah cinta kalian ke dunia, akan menjadi suntikan semangat luar biasa.
Jangan cemas dan abaikan kekacauan di ruang bersalin, Pap. Fokuslah memberi dukungan moril kepada Mam. Hingga nanti saat si Kecil sudah mengerti, Pap bisa menjadikan pegalaman tersebut cerita manis.

Cemas Tidak Bisa Menjadi Ayah yang Baik
Kehamilan juga membuat calon Pap cemas apakah ia bisa menjadi ayah yang baik. Para calon Pap mungkin cemas apakah ia bisa memenuhi segala kebutuhan keluarga dan menjadi role model bagi si Kecil. Ketakutan tersebut wajar terjadi mengingat kehadiran si Kecil merupakan momen luar biasa bagi Pap.

Cemas Terhadap Kematian
Adanya kelahiran, serta-merta membuat Pap baru malah cemas terhadap kematian. Kecemasan mereka lebih kepada ketakutan siapa yang akan melindungi keluarganya jika Pap tiada. Tidak heran para Pap bisa mengubah pola hidupya menjadi lebih sehat dan lebih teratur begitu si Kecil hadir.

Cemas dengan Hubungan Suami Istri
Kehadiran si Kecil biasanya mengubah pola hubungan antara Mam dan Pap. Para Pap baru umumnya khawatir Mam akan lebih mengutamakan si Kecil daripada dirinya. Bahkan tak jarang Pap cemas soal hubungan intim dengan Mam. Bagaimana pun kehadiran si Kecil otomatis membuat perhatian Mam habis terkuras. Jangan cemas, Pap. Hal ini memang ada fasenya. Setelah beberapa waktu dan Mam terbiasa dengan rutinitas barunya, kehidupan percintaan Mam dan Pap akan kembali panas kok.

Cemas Terhadap Segala Tindakan Medis
Tidak semua Pap antusias dengan kunjungan ke obgyn. Ada beberapa Pap yang malah takut dengan segala tindakan dokter terhadap Mam. Apalagi, saat pemeriksaan kehamilan yang terkadang dokter harus memasukkan sebuah alat ke kelamin Mam. But it’s okay Pap, bertanyalah kepada dokter daripada cemas atau khawatir terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan.
 
Source:
babycenter.com/0_seven-fears-expectant-fathers-face_8247.bc?showAll=true
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top