Kesehatan

Kembalikan Bentuk Tubuh setelah Melahirkan dengan Cara Ini

By: Wyeth Nutrition 2018-06-29 13:44:03
Selain kesehatan si Kecil, hal lain yang biasanya jadi fokus perhatian para ibu melahirkan adalah menurunkan berat badan serta mengembalikan bentuk tubuh. Selama kehamilan, berat badan Mam bertambah dan otot perut meregang seiring perkembangan si Kecil. Setelah melahirkan, berat badan tidak lantas turun drastis dan otot perut tidak otomatis pulih. Seringkali butuh waktu lama bagi otot perut untuk kembali seperti semula.

Lalu, bagaimana ya, cara mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan dengan cara yang tepat?

Menyusui ternyata bisa membantu Mam menurunkan berat badan dan mengecilkan perut, lho. Ini karena proses menyusui merangsang kontraksi yang membantu mengecilkan rahim. Aktivitas menyusui membakar sekitar 500 kalori per hari. Namun, karena menyusui juga perlu energi lebih, jangan buru-buru melakukan diet rendah kalori, Mam. Lebih baik menurunkan berat badan secara bertahap dengan aman baik untuk Mam dan si kecil.
Makan makanan sehat juga membantu mengembalikan bentuk tubuh. Pastikan Mam tidak melewatkan sarapan. Selain itu, makanlah dengan porsi sedikit tapi sering. Ini akan menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah keinginan makan secara berlebihan.

Pilihlah menu seperti buah dan sayur segar, produk olahan susu rendah lemak, gandum utuh, serta protein. Kandungan kalsium dalam susu rendah lemak atau yogurt bisa membantu Mam menurunkan berat badan dengan menghambat hormon yang berperan dalam menyimpan lemak tubuh.
Lalu bagaimana dengan latihan fisik?

Saat baru melahirkan, mungkin Mam akan merasa kurang tidur hingga tidak kuat berolahraga. Sebenarnya hal ini normal, Mam. Kebanyakan tubuh ibu melahirkan memang belum siap melakukan latihan hingga 6 minggu ke depan. Apalagi jika Mam melahirkan secara sesar.
Meski demikian, Mam bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan pagi di sekitar rumah. Saat tubuh sudah lebih siap, terapi fisik bisa Mam lakukan untuk memperkuat otot perut yang lemah.

Latihan seperti apa yang bisa dilakukan?
Sit up biasa ternyata tidak efektif untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Tapi Mam bisa lebih dulu membebat perut dan pinggang dengan kain untuk memperkuat dan mendukung otot perut saat melakukan sit up.
Jika dilakukan dengan rutin, hasil latihan ini akan terlihat dalam waktu 8-12 minggu. Selain sit up sebenarnya banyak latihan lain yang bisa Mam lakukan. Salah satunya adalah berbaring sambil mengangkat panggul dan menahannya selama beberapa saat. Aktivitas ini juga bisa membantu memperkuat otot perut.

Ada kalanya mungkin Mam merasa tidak semangat untuk melakukan olahraga. Ini bisa disiasati dengan mencari teman untuk berlatih. Siapa lagi kalau bukan sesama ibu melahirkan. Mam bisa mengajak teman untuk melakukan olahraga bersama mulai dari berjalan pagi hingga melakukan sit up.
Berolahraga dengan teman tentu lebih seru dan menyenangkan. Mam dan teman-teman bisa saling menyemangati untuk melakukan tips yang bisa mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan dengan cara yang tepat.
 
Source:
babycentre.co.uk/a1052298/your-post- baby-belly- why-its- changed-and- how-to- tone-it
babycenter.com/0_abdominal-rehab- tone-your- postpartum-belly_10419294.bc
fitpregnancy.com/parenting/postnatal-health/tips- how-lose- baby-weight
 
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top