Kenali Perbedaan Bakat dan Minat dalam Mendidik Anak

oleh: Parenting Club 2019-11-11 14:40:26
Mam dan Pap tentu sudah pernah mendengar menganai bakat dan minat, bukan? Ya, mengenal bakat dan minat anak memang dapat membantu Mam dalam proses mendidik anak. Tapi apakah Mam tau, apa sih sebenarnya perbedaan antara ‘bakat’ dan ‘minat’? Yuk, simak penjelasannya berikut ini agar Mam bisa cepat mengenali tipe kehebatan si Kecil dan mendidik anak hebat dengan dukungan dan stimulasi yang bersinergi.
  • Pendapat ahli tentang apa itu bakat. Prof. Dr. Utami Munandar, Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, menyebutkan bahwa bakat bisa diartikan sebagai kemampuan atau potensi bawaan seseorang yan
    Read More
    g masih perlu dikembangkan dan dilatih lagi.  Sementara itu, Dr. Kartini Kartono, seorang ahli psikologi,beranggapan bahwa bakat mencakup semua faktor yang ada dalam diri seseorang sejak awal ia lahir dan kemudian bisa dikembangkan menjadi keahlian, keterampilan, dan kecakapan tertentu. Ia pun juga berpendapat bahwa bakat ini adalah potensi yang tetap butuh dikembangkan.
  • Arti minat dalam ilmu psikologi. Nah, dalam ilmu psikologi, minat adalah rasa suka atau dorongan yang ada di dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu. Minat yang kemudian dapat mengarahkan dan mengembangkan bakat seseorang. Karena minat dapat mempengaruhi motivasi seseorang dalam berpikir dan belajar. Mengenali minat anak tentunya juga penting dalam proses mendidik anak hebat.
  • Darimana bakat dan minat muncul?. Seperti pendapat ahli di atas, bakat adalah potensi bawaan yang sudah ada sejak lahir dan bisa ada faktor genetik yang mempengaruhi. Sementara itu, minat karena sifatnya kesukaan maka dapat muncul selama proses tumbuh kembang karena pengaruh berbagai hal di lingkungannya. Dalam mendidik anak, Mam perlu cermat memperhatikan kepintaran anak yang merupakan bakat bawaan dan menstimulasi minat anak sehingga seluruh kepintarannya dapat bersinergi.
  • Bakat ternyata memerlukan minat. Bakat yang merupakan potensi bawaan memerlukan minat untuk dapat berkembang optimal menjadi suatu keahlian dan kecakapan. Pasalnya, minatlah yang akan memberikan motivasi bagi si Kecil untuk mau melakukan hal yang dapat mengembangkan bakatnya.
  • Minat ternyata bisa mengalahkan bakat. Jika si Kecil memiliki minat yang besar terhadap sesuatu, dan minat tersebut terus ia lakukan sehingga terasah dan terlatih, maka bukan tak mungkin minat si Kecil tersebut nantinya akan menjadi keahlian yang ia miliki. Sebagai contoh, anak yang sangat berminat menggambar dan giat berlatih menggambar bisa jadi hasil gambarnya lebih bagus dibanding anak yang berbakat menggambar tetapi tidak berminat sehingga tidak pernah latihan menggambar.
  • Mana yang membutuhkan stimulus?. Minat lebih membutuhkan stimulus dibandingkan dengan bakat. Tetapi tentunya perlu diingat bahwa bakat dan minat saling berhubungan. Misalnya, jika Mam melihat si Kecil memiliki bakat bermusik, Mam bisa memberikan stimulus agar minatnya terhadap musik juga tumbuh sehingga bakat musik si Kecil bisa dilatih dan berkembang secara optimal. Stimulus yang tepat dalam mendidik anak penting untuk mengembangkan kepintaran si Kecil.
  • Apalagi perbedaan bakat dan minat?. Walaupun masih perlu dikembangkan, bakat sifatnya natural dan menetap. Sementara itu, minat sifatnya nurtural dan dapat berubah dipengaruhi dengan lingkungan dan tren yang sedang ada.
Dengan mengetahui minat dan bakat anak, Mam dapat membantu anak untuk mengembangkan berbagai kepintaran yang ia miliki secara optimal sehingga ia menjadi anak hebat. Mengetahui bakat anak akan membantu Mam memberi stimulus yang tepat agar minatnya juga muncul sehingga proses belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Mau tau lebih banyak mengenai kepintaran si Kecil? Yuk, coba fitur Smart Strength Finder di Parenting Club.
 
Sumber:
https://dosenpsikologi.com/perbedaan-bakat-dan-m inat-dalam-psikologi
https://dosenpsikologi.com/perbedaan-bakat-dan-m inat-dalam-psikologis
https://www.kompasiana.com/rudywiryadi2002/5b10c e8abde57562e23a0122/tes?p age=all
https://www.kompasiana.com/afifah1608/5aca3d3acf 01b47b3c61d134/kenali-apa -itu-bakat-minat?page=all
Setiap Anak. Cerdas! – Thomas Amstrong, Gramedia Pustaka Utama.

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top