Kesehatan

Kenapa Mam Membutuhkan Konsultasi Prakehamilan

By: Windi Teguh 2018-01-17 15:40:03
Umumnya, wanita langsung rajin mengecek kesehatan setelah mengetahui dirinya hamil. Namun, sedikit yang melakukan cek kesehatan sebelum kehamilan terjadi. Padahal, kondisi Mam dalam proses persiapan kehamilan yang berupa konsultasi prakehamilan memegang peranan besar dalam kesehatan untuk Mam dan si Kecil nantinya.

Beberapa keuntungan melakukan konsultasi prakehamilan antara lain:
  1. Meningkatkan kemungkinan untuk hamil. Salah satunya dengan mempersiapkan berat badan ideal untuk hamil. Dengan melakukan konsultasi, Mam akan disarankan untuk menambah atau mengurangi berat badan ideal sehingga kemungkinan hamil lebih besar.
  2. Membantu Mam untuk menjalani kehamilan yang sehat dan pertumbuhan si Kecil di kandungan yang juga sehat. Konsultasi pra kehamilan memberi kesempatan Mam untuk mengetahui apa saja zat makanan yang berpengaruh. Ini agar kehamilan berjalan sehat tanpa gangguan yang berarti. Beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat tinggi bisa dipersiapkan jauh sebelum kehamilan terjadi. Kecukupan zat yang bermanfaat untuk kesehatan si Kecil sudah bisa disediakan tubuh terlebih dahulu. 

    Selain itu, Mam akan mendapat info jika diperlukan penyesuaian gaya hidup dari yang selama ini Mam jalankan. Salah satunya adalah kebiasaan merokok, minum minuman keras, atau kondisi medis tertentu. Hal-hal tersebut dapat mengurangi kesempatan Mam untuk hamil. Dokter mungkin akan meminta Mam mengurangi kebiasaan-kebiasaan tersebut demi kualitas kehamilan yang baik.

  3. Membantu Mam mengetahui kapan berhenti menggunakan alat kontrasepsi, jika telah menggunakan salah satunya. Ya, bagi Mam yang memakai alat pengendali kehamilan, perlu penyesuain tubuh untuk mempersiapkan hormon sebelum kehamilan terjadi. Konsultasi pra kehamilan akan membantu Mam mendapat informasi tentang waktu ideal berhenti menggunakan alat kontrasepsi sehingga persiapan kehamilan bisa terlaksana sesuai waktu yang diinginkan.


Kapan Konsultasi Pra Kehamilan Dilakukan?


Sebaiknya Mam dan Pap melakukan konsultasi kehamilan setidaknya tiga bulan sebelum rencana kehamilan. Ini agar Mam bisa mencatat semua progress dan mulai menulis diary kehamilan. Saat ini sudah banyak aplikasi modern di smartphone yang bisa membantu Mam melakukannya.

Hal yang perlu ditanyakan kepada dokter saat konsultasi kehamilan

Dokter akan mengatakan semua hal yang perlu Mam lakukan selama persiapan kehamilan. Meski demikian, daftar pertanyaan di bawah ini akan membantu Mam menghindari hal-hal yang mungkin terlewatkan.
  1. Masalah kesehatan turunan yang terjadi di keluarga Mam dan Pap.
  2. Kapan Mam bisa mulai mengonsumsi asam folat.
  3. Vaksin apa yang mungkin dibutuhkan sebelum kehamilan.
  4. Tes kesehatan seperti pap test yang mungkin Mam butuhkan.
  5. Mengatur masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit tiroid, tekanan darah tinggi, dan obesitas.
  6. Obat-obatan yang Mam gunakan, termasuk yang umum dan obat-obatan resep, serta suplemen.
  7. Cara mendapatkan berat badan ideal.
  8. Cara memilih makanan sehat dan aktif secara fisik.
  9. Cara merawat gigi dan gusi.
  10. Cara mengurangi stress, berhenti merokok, dan menjauhi alkohol serta penyakit-penyakit lainnya.
  11. Masalah awal kehamilan termasuk persalinan prematur.
  12. Tes penyakit menular seksual, khususnya HIV. 
Membuat catatan seputar hal-hal di atas akan membantu Mam untuk berdiskusi dengan lebih baik bersama dokter. Dengan cara ini, Mam tidak akan ketinggalan suatu apa pun dalam persiapan kehamilan .

​Selamat merencanakan kehamilan mam.

SOURCE 
https://www.starthealthystayhealthy.in/why-do-you-need-preconception-visit
Penulis
Windi Teguh

Seorang ibu dari dua orang putri yang sehari-harinya bekerja di sebuah bank BUMN. Kini tinggal di Medan dan banyak menulis blog tentang pekerjaannya sebagai seorang bankir, kuliner Medan, lifestyle, dan tentu saja seputar dunia parenting.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top