Tumbuh Kembang

Ketahui Perkembangan Fisik, Kognitif, Komunikasi, dan Sosial Si Kecil di Usia 7-9 Bulan

By: Wyeth Nutrition 2015-08-04 17:00:00 (UTC)
Wah giginya sudah tumbuh dua! Kegiatan untuk menggigit semua benda yang ada di depannya pasti membuat Anda makin tidak tenang. Hal ini dilakukannya karena gusinya merasa gatal karena tumbuhnya gigi untuk pertama kali. Lebih baik beri si kecil teether yang aman untuk digigitnya. Kian hari makin banyak tingkah lucu yang menggemaskan. Memasuki usia 7-9 bulan, berikut ini adalah perkembangan yang harus Anda ketahui.


Untuk melatih gerak si kecil, mulai latihlah dia untuk makan sendiri dengan finger food. Kini ada banyak finger food memang khusus dikonsumsi anak untuk melatih motorik serta kemampuan mengunyahnya. Mam bisa memberinya cookies atau crackers dengan rasa yang disukai anak-anak. Biarpun awalnya belepotan dan membuat kotor, tapi proses belajar inilah yang sangat dibutuhkannya.
Kini, saatnya si kecil sudah mulai proses belajar duduk dan merangkak. Fisiknya mulai kuat untuk menahan tubuh dan kepalanya. Agar tulang dan ototnya makin kuat,latih terus si kecil bergerak aktif ya. Mengajak si kecil berjemur matahari  pada pagi hari yang kaya vitamin D juga baik untuk perkembangan tulangnya. Si kecil yang mulai aktif ini harus terus diawasi ya, karena rentan untuk terbentur atau bermain benda berbahaya. Oleh karena itu, selalu pastikan area bermain si kecil aman.

Mam, apa si kecil di rumah sudah bisa melambaikan tangan untuk bye-bye? Jika sudah, berarti kemampuan kognitifnya berkembang dengan baik. Pada usia ini bayi mulai bisa menirukan gerakan dan suara dengan baik. Gerakan bye-bye dan kiss bye biasanya yang paling mudah untuk dikuasai. Kata "mama", "dada" dan "mam" pada umumnya sudah bisa diucapkan. Agar kosakatanya makin bertambah, terus latih si kecil dengan kosakata baru yang mudah.


Berbagai kegiatan di atas yang mendukung perkembangan si kecil harus sering dilatih ya. Agar, si kecil dapat tumbuh dengan aktif, penuh akal pintar serta aksi pintar. Semoga bermanfaat, Mam.
Sumber:

http://www.sheknows.com/parenting/articles/841437/months-7-9-common-milestones
http://www.allparenting.com/my-family/articles/946379/baby-developmental-milestones-7-9-months
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Tumbuh Kembang

Si Kecil yang Aktif Bergerak

By: Wyeth Nutrition 2018-01-03 00:09:28 (UTC)
Langkah pertama si Kecil adalah salah satu momen paling berkesan dari semua perjalanan pertumbuhan mereka. Sebagian besar bayi memulai langkah pertama mereka antara usia sembilan sampai 12 bulan dan mulai bisa berjalan dengan baik pada saat mereka berusia 14 atau 15 bulan. Mam dan Pap tidak perlu khawatir jika si Kecil membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Beberapa di antara anak-anak kadang malah belum mulai berjalan sampai usia 16 atau 17 bulan.
 
Selama tahun pertamanya, si Kecil sibuk mengembangkan koordinasi dan kekuatan otot di setiap bagian tubuhnya. Mereka akan belajar untuk duduk, berguling, dan merangkak sebelum beralih dari tempat tidur dan mulai mencoba berdiri sekitar usia sembilan bulan. Sejak saat itu, hal terpenting bagi si Kecil adalah mendapatkan rasa percaya diri dan keseimbangan. Suatu hari si Kecil mulai berdiri di sofa namun kemudian mereka terhuyung-huyung ke dalam pelukan Mam dan Pap. Ini semua merupakan bagian dari proses langkah pertama mereka.
 
Proses belajar si Kecil tentu tidak akan lepas dari peran serta dukungan Mam dan Pap. Pada masa ini, penting sekali untuk selalu memantau perkembangannya sambil terus membantu mereka agar bisa dengan mudah melewati tahapan-tahapan dalam belajar berjalan. Beberapa hal penting ini bisa Mam dan Pap lakukan untuk membantu proses belajar mereka.
  • Pegangan untuk si Kecil

    Saat si Kecil belajar berdiri, mereka mungkin memerlukan bantuan untuk mencari tahu bagaimana caranya duduk lagi. Jika dia terjebak dan menangis, jangan hanya menjemputnya dan menjatuhkannya. Tunjukkan padanya bagaimana menekuk lututnya sehingga si Kecil bisa duduk tanpa terjungkal, dan biarkan mereka mencobanya sendiri kemudian.

  • Selalu siap

    Mam dan Pap bisa menyemangati si Kecil berjalan dengan berdiri atau berlutut di depannya dan mengulurkan tangan. Mam dan Pap juga bisa memegang kedua tangannya dan membiarkannya berjalan ke arah Mam dan Pap. Si Kecil mungkin juga akan suka menggunakan mainan dorong yang bisa dipegangnya saat berjalan.

  • Selalu awasi

    Pastikan si Kecil berada di lingkungan yang empuk dan aman untuk mengasah keterampilan barunya. Ikuti pedoman keselamatan anak-anak, dan jangan sekali-kali meninggalkannya tanpa pengawasan.

 
Nah, Mam dan Pap sudah punya bayangan bagaimana harus bertindak saat si Kecil mulai belajar berjalan, bukan? Kunjungi juga halaman ini untuk mendapatkan informasi tumbuh kembang lainnya.
 
Sumber :
http://www.parents.com/baby/development/walking/help-baby-learn-to-walk/
https://www.starthealthystayhealthy.in/helping-your-baby-walk-her-first-step#
https://www.babycenter.com/0_baby-milestone-walking_6507.bc
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top