Kesehatan

Lebih Siap Jadi Ibu Baru Lewat Kelas Prenatal

By: Ayunda Pininta Kasih 2017-02-12 21:49:12 (UTC)
Ada banyak cara yang bisa Mam dan Pap lakukan untuk memberikan perawatan terbaik saat si Kecil lahir nanti. Mengikuti kelas prenatal bisa menjadi salah satu caranya. Umumnya, beberapa rumah sakit bersalin menawarkan beragam pilihan kelas prenatal. Namun, Mam cukup memilih kelas yang paling dibutuhkan. Berikut beberapa pilihan kelas yang bisa Mam ikuti di rumah sakit bersalin atau tempat khusus yang menyelenggarakan kelas prenatal:

Senam Hamil
Untuk mengikuti kelas ini, biasanya kandungan Mam sudah harus menginjak usia 28 minggu dan telah mendapat persetujuan dari dokter kandungan. Salah satu manfaat mengikuti kelas senam hamil adalah mengurangi keluhan selama hamil, seperti sakit punggung, pegal-pegal, bahkan kaki bengkak. Selain itu, di kelas ini Mam juga akan belajar teknik pernapasan yang baik agar asupan oksigen ke tubuh menjadi maksimal dan peredaran darah menjadi lancar, sehingga berdampak baik bagi kesehatan janin. Yang tak kalah penting, Mam pun akan dipandu berlatih teknik relaksasi yang berguna untuk mengurangi stres dan meningkatkan mood selama kehamilan maupun persalinan.


Hypnobirthing
Tujuan hypnobirthing adalah membuat persalinan terasa lebih mudah melalui teknik self-hypnosis atau sugesti yang baik dari dalam diri. Selama sesi, Mam akan dipandu bagaimana caranya untuk memiliki sugesti baik tentang si Kecil maupun proses persalinan. Sehingga, diharapkan hal ini bisa mengurangi ketakutan-ketakutan tentang persalinan yang biasa dialami oleh Mam di trimester akhir. Di kelas ini, Mam juga akan diajari teknik pengelolaan stres, cara mengurangi rasa sakit saat melahirkan, serta kiat-kiat untuk menghindari persalinan yang traumatis.

Kelas Laktasi
Sukses memberikan ASI secara eksklusif tak hanya memberikan kesempatan bagi si Kecil untuk tumbuh dengan optimal, namun juga bisa membangun kedekatan yang kuat antara Mam dan si Kecil. Untuk tahu lebih lengkap tentang manfaat ASI, Mam bisa buka laman ini . Selain  itu, untuk Mam yang bekerja, kelas ini juga akan mengajak Mam mengetaui cara terbaik penyimpanan ASIP (ASI Perah) dan cara tepat pemberian ASIP sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh bayi.

Pijat Bayi
Pemijat terbaik bagi bayi adalah ibunya sendiri. Itu sebabnya, banyak manfaat yang akan didapat oleh si Kecil bila Mam rutin memijatnya usai mandi pagi atau sore, seperti ikatan emosi antara Mam dan si Kecil menjadi lebih erat berkat sentuhan kulit ke kulit, bisa membantu si Kecil lebih rileks dan bahagia sehingga tak mudah rewel, termasuk membantu si Kecil untuk minum ASI atau makan MPASI lebih banyak.

Perawatan Bayi Baru
Di kelas ini, Mam akan belajar merawat bayi di bulan-bulan pertamanya. Mam akan dibimbing bagaimana cara memandikan bayi yang baru lahir, cara merawat tali pusat, cara mengganti popok bayi, melakukan perawatan mata, mulut, serta telinga , dan beragam perawatan yang bisa membantu si Kecil tetap segar dan ceria setiap hari. Materi yang diajarkan di kelas ini juga termasuk perawatan pertama kala bayi sakit, seperti demam, flu, dan penyakit umum lainnya.
 
Menariknya, semua kelas juga bisa Pap ikuti, lho. Sehingga, Mam dan Pap dapat saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam merawat si kecil. Yuk, Mam dan Pap, cari kelas prenatal di rumah sakit bersalin favorit!

 
Sumber:
ayahbunda.co.id/kehamilan-gizi-kesehatan/kelas-pranatal2c-sekolah-ibu-hamil
tabloidnova.com/Kesehatan/Wanita/7-Latihan-Kelas-Prenatal
smartmama.com/2015/11/16/yang-perlu-anda-tahu-tentang-kelas-prenatal
doktersehat.com/manfaat-kegunaan-pemijatan-bayi-untuk-pertumbuhan/
Diakses pada 12 Oktober 2016
Penulis
Ayunda Pininta Kasih

Pengalaman menjalani profesi sebagai jurnalis di media nasional, majalah CHIC, tabloid Nakita, dan Kompas.com, membuat Ayunda dekat dengan dunia penulis, perempuan, kesehatan, maupun kehamilan. Memilih untuk menjadi penulis lepas setelah kelahiran putri pertamanya, lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD and Best Employee of Kompas Gramedia 2013 ini sedang menikmati kehidupan barunya sebagai work at home Mam.

Kesehatan

Siap menjadi Mam dan Pap

By: dr Tirsa Verani Sp OG 2018-01-03 23:15:53 (UTC)
Menjadi seorang Mam dan Pap merupakan fase kehidupan baru yang akan membawa banyak perubahan bagi keluarga. Tidak hanya Mam yang bersiap untuk menghadapi persalinan, tetapi Pap juga turut berperan untuk membantu agar persalinan berjalan lancar dan ia dapat membesarkan si Kecil dengan penuh cinta dan tanggung jawab. Yuk ikut kelas-kelas persiapan kelahiran bersama pasangan! Jangan lupa untuk selalu konsultasikan dengan dokter Mam sebelum mengikuti kelas senam hamil, hypnobirthing, ataupun kelas Lamaze. 
  • Kelas senam hamil

    Kelas senam hamil umumnya tersedia di rumah sakit, terutama rumah sakit bersalin. Senam ini membantu Mam untuk lebih fit saat persalinan. Di senam ini juga diajarkan gerakan-gerakan yang akan mempercepat proses persalinan, teknik pernapasan, teknik mengejan dan latihan untuk mengurangi keluhan hamil. 

  • Kelas hypnobirthing

    Mam biasanya disarankan untuk mengikuti kelas ini bersama dengan Pap. Kelas ini mengajak Mam untuk siap secara mental menghadapi persalinan. Hypnobirthing adalah metode relaksasi agar kehamilan berjalan dengan sehat, tenang, lancar dan minim rasa sakit. Hypnobirthing juga bermanfaat untuk membantu kelancaran ASI, menghindari baby blues dan membantu mengedukasi Mam dan Pap soal pengasuhan anak.

  • Kelas Lamaze

    Metode Lamaze membantu Mam untuk dapat melahirkan dengan cara normal, membantu menjalani persalinan lebih percaya diri dan nyaman. Lamaze juga dilakukan bersama pasangan sebagai dukungan selama persalinan. Metode ini mengajarkan mengenai posisi saat melahirkan, pijat, aromaterapi, teknik pernapasan, teknik mendorong dan mengejan. Metode ini menghindari intervensi medis dan obat-obatan saat melahirkan.

  • Kelas breastfeeding

    Setelah melahirkan Mam akan menemui tantangan baru, yaitu ketika memberikan ASI untuk si Kecil. Kelas ini membantu Mam untuk mendapatkan posisi terbaik saat menyusui sehingga tidak menimbulkan luka pada puting yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat menyusui. Mam juga akan mempelajari cara memijat payudara dan contoh makanan bernutrisi yang mampu membantu produksi ASI yang lebih banyak dan berkualitas.

  • Kelas Parenting

    Kelas ini banyak pilihannya, mulai dari belajar merawat bayi baru lahir yang umumnya disediakan oleh rumah sakit, sampai kelas parenting dengan materi cara membesarkan anak. Kelas ini penting untuk diikuti Mam dan Pap agar memiliki kesamaan visi saat membesarkan dan mendidik si Kecil. Dengan pola asuh yang sama, maka diharapkan tumbuh kembang si Kecil menjadi lebih optimal.

 
Sumber:
  • https://www.starthealthystayhealthy.in/lamaze-getting-ready-birth
  • https://www.starthealthystayhealthy.in/third-trimester
  • http://magazine.orami.co.id/mengenal-sekolah-parenting-untuk-orang-tua/
Penulis
dr Tirsa Verani Sp OG

Dokter Tirsa Verani K. Oroh, Sp.OG lulus Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta dan Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau Kebidanan dan Kandungan Fakultas Kedokteran UI Jakarta. Aktif sebagai Controversies in Obstetrics, Gynecology dan Infertility

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top