Kesehatan

Liburan Aman dan Sehat untuk Ibu Hamil

By: dr Tirsa Verani Sp OG 2017-10-31 00:49:42 (UTC)
Menikmati suasana yang lebih nyaman saat hamil memang penting. Bagi Mam yang hidup di kota besar, pergi sejenak dan menikmati suasana yang berbeda di lokasi liburan tentu menyenangkan. Apa saja ya, lokasi liburan yang bermanfaat saat babymoon?

Wisata Pegunungan
Berwisata di udara pegunungan yang sejuk sangat nyaman untuk ibu hamil. Di suasana pegunungan seperti ini, Mam bisa berjalan-jalan pada pagi dan sore hari sambil menikmati panorama yang indah. Yoga, senam pernapasan, atau meditasi cocok dilakukan di pegunungan yang tenang, dengan udara yang bebas polusi dan segar. Di tempat ini pun Mam bisa beristirahat dengan lebih nyaman. 

Wisata Kuliner
“Saatnya makan sepuasnya,” itu biasanya yang terpikirkan saat Mam hamil. Meski semua makanan relatif dibolehkan saat hamil, tapi jangan lepas kendali ya, Mam… Harus tetap terkontrol. Terutama pada trimester kedua dan ketiga, Mam biasanya lebih sering merasa lapar. Saat babymoon, berkunjung ke lokasi wisata kuliner tentu seru. Tapi, pastikan menu yang Mam pilih tetap sehat dan bernutrisi seimbang ya…! Jangan sampai berat badan naik terlalu drastis.


Batasi makanan yang tinggi garam (untuk menghindari pembengkakan), tinggi gula (untuk mencegah diabetes gestational), serta makanan mentah ataupun setengah matang, seperti sashimi dan sushi, karena masih memungkinkan adanya kontaminasi bakteri di dalamnya.

Wisata Spiritual
Saat hamil, menjaga agar pikiran tetap positif sangat penting. Untuk mencapainya, biasanya orang melakukan kegiatan meditasi. Meditasi juga dapat membuat Mam lebih santai, lebih tenang, dan mudah berkonsentrasi. 

Dengan menenangkan diri dan bermeditasi, peredaran darah menjadi lebih lancar, detak jantung pun lebih tenang dan teratur. Mam juga dapat berpikir lebih jernih dan lebih fokus pada si Kecil, agar terjalin ikatan batin yang lebih kuat. 

Wisata Bahari
Bagi Mam yang lebih menyukai udara laut yang hangat, berwisata ke pantai juga bisa menjadi lokasi babymoon yang menyenangkan. Mam bisa berjemur dan menikmati sinar matahari yang kaya vitamin D; tetapi jangan lupa bekali diri dengan tabir surya agar kulit tidak terbakar matahari. Waktu terbaik untuk berjemur adalah pukul 11 sampai 3 sore ketika matahari sedang terik. Namun pastikan Mam tetap terhidrasi cukup dan batasi jangan terlalu lama berjemur. 

Sebelum berlibur, pastikan Mam sudah punya informasi lengkap seputar kehamilan dan kesehatan, dengan membaca berbagai artikel menarik di sini

Sumber:
  • http://www.parents.com/fun/vacation/planning/8-best-babymoon-trips/?slideId=51353
  • http://www.webmd.com/baby/features/traveling-while-pregnant#2
  • http://www.dailymail.co.uk/health/article-48848/Pregnancy-travel-facts.html
  • http://www.ayahbunda.co.id/kehamilan-tips/aman-bertamasya-saat-hamil 
Penulis
dr Tirsa Verani Sp OG

Dokter Tirsa Verani K. Oroh, Sp.OG lulus Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta dan Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau Kebidanan dan Kandungan Fakultas Kedokteran UI Jakarta. Aktif sebagai Controversies in Obstetrics, Gynecology dan Infertility

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top