Liburan Seru Bersama si Kecil

Jumat, 03 November 2017, 14:18 WIB1 Shares
Musim libur telah tiba! Saatnya Mam dan Pap meluangkan waktu lebih banyak bersama si Kecil dengan menikmati hari libur bersama. Selain untuk menghilangkan kepenatan rutinitas kantor dan sekolah, liburan bersama juga dapat membuat angggota keluarga makin kompak, sekaligus sebagai sarana belajar anak aktif. Apa saja ide liburan seru yang bisa Mam dan Pap rancang bersama si kecil? 

Berkenalan dengan alam 
Mengajak si Kecil mengeksplor alam memiliki begitu banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah membuatnya lebih peduli terhadap kondisi lingkungan yang berbeda-beda, mengasah kemampuananak agar aktifberinteraksi secara sosial, mengobservasi dan memecahkan masalah, melatih skill motorik dan sensori, serta merangsang daya imajinasi si Kecil. Berbagai kegiatan yang dapat Mam dan Pap lakukan bersamanya di alam, misalnya mengajak si Kecil liburan ke pantai, hiking di gunung atau taman nasional atau kemping bersama di bumi perkemahan keluarga. Mam dan Pap juga bisa mengajaknya berkenalan dan berinteraksi dengan berbagai binatang di kebun binatang,atau mini farm. Seru, kan? 

Belajar sejarah
Mengenalkan si Kecil pada sejarah, terutama sejarah bangsa merupakan salah satu cara untuk menanamkan jiwa nasionalisme mereka. Salah satunya, dengan mengajak mereka berlibur ke berbagai monumen/bangunan peninggalan sejarah atau ke museum. Dengan berkunjung ke museum, anak secara aktif dapat membuka mata mereka pada berbagai ide dan perspektif yang berbeda, namun relevan dengan kehidupan mereka sekarang. Jenis wisata ini bermanfaat, untuk membangun kemampuan berpikir kreatif dan kritis mereka, yang nantinya dibutuhkan untuk kesuksesan si Kecil di masa depan. Nah, beberapa museum yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi sekaligus belajar bersama anak, misalnya: Museum Nasional Indonesia, Museum Bank Indonesia, Museum Dirgantara, Museum Layang-layang, Museum Geologi dan masih banyak lagi! 

Aktif dan kreatif di rumah
Jangan lupa, liburan tidak berarti Mam sekeluarga harus keluar rumah setiap hari. Ajak juga si Kecil aktif di rumah dengan melakukan berbagai permainan seru sekeluarga, mulai dari bermain uno, petak umpet atau twister, hingga melakukan berbagai eksperimen sains sederhana di rumah. Jika si Kecil senang berkarya, Mam dan Pap bisa mengajaknya melukis dan membuat prakarya dari barang bekas, atau mengajaknya ikut berkreasi di dapur membuat cookies favoritnya. Ada begitu banyak permainan dan aktivitas yang dapat dilakukan di rumah agar anak aktif dan kreatif, kuncinya hanya satu, yakni dilakukan bersama-sama anggota keluarga yang lain sehingga terasa lebih menyenangkan. 

Selamat liburan ya Mam dan Pap! Jangan lupa juga untuk berkunjung ke sini, untuk mendapatkan berbagai ide dan informasi menarik seputar pengasuhan si Kecil. 


Referensi 
https://www.arts.gov/art-works/2014/importance-taking-children-museums
https://storiesandchildren.com/exploring-nature-with-children/
(diakses pada 23 Mei 2017)

0 Komentar

Artikel Terkait

Tumbuh Kembang

Aku Siap Ujian, Mam!

Baca selengkapnya

Tumbuh Kembang

Kiat Memotivasi Anak Belajar

Baca selengkapnya

Tumbuh Kembang

Jika Anak Terlambat Bicara

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top