Info Nutrisi

Makanan Sehat dan Praktis untuk Si Kecil

By: RAMONITA BARADJA 2016-12-20 22:07:13 (UTC)
Si Kecil sudah memasuki usia 1 tahun, berarti sudah waktunya ia menikmati beragam makanan sehat yang kaya nutrisi. Selain karena tubuhnya sudah membutuhkan lebih banyak nutrisi yang tak lagi hanya cukup dari ASI, fungsi-fungsi bagian tubuhnya seperti gigi dan organ pencernaan perlu dilatih memproses makanan yang lebih padat. Di usia ini Mam juga bisa membiasakannya minum air putih. 

Berikut ini adalah beberapa inspirasi resep makanan sehat dan praktis yang bisa Mam siapkan untuk si Kecil usia 1 tahun ke atas:

KENTANG ISI BROKOLI KEJU

Bahan:
•    3 buah kentang, cuci bersih
•    2 sendok teh minyak zaitun
•    100 gram bawang bombay
•    200 gram brokoli, blansir, peras, cincang kasar
•    125 ml susu cair
•    125 ml krim kental
•    1 sendok teh garam
•    ½ sendok teh merica putih bubuk
•    250 gram keju mozzarella, parut 

Untuk: 6 porsi
 
Taburan:
Peterseli cincang
 
Cara membuat:
•    Tusuk-tusuk kentang dengan garpu. Kukus hingga setengah matang (± 30 menit). Angkat.
•    Belah kentang menjadi 2 bagian. Keruk bagian dalam kentang hingga membentuk mangkuk. Panggang di dalam oven selama 10 menit (suhu 200 °C). Sisihkan.
•    Panaskan minyak zaitun di atas api sedang. Tumis bawang bombay hingga harum. Angkat.
•    Campur bawang bombay dengan kentang, brokoli, susu, krim kental, garam, dan merica.
•    Ambil ‘mangkuk’ kentang, sendokkan bahan isi. Taburi dengan keju dan peterseli.
•    Panggang sebentar hingga keju meleleh. Angkat. Sajikan hangat.


PASTA SOSIS SAYUR

Bahan:
•    100 gram makaroni spiral, rebus
•    4 buah sosis sapi siap pakai, potong tipis
•    100 gram brokoli, potong per kuntum
•    50 gram bawang bombay, cincang halus
•    2 siung bawang putih, cincang halus
•    50 gram krim kental
•    1 sendok makan saus tomat
•    150 cc kaldu sapi
•    ½ sendok teh gula pasir
•    1 sendok teh garam
•    1 sendok makan minyak goreng

Untuk:  2 porsi

Cara membuat:
•    Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Tambahkan sosis, aduk hingga matang.
•    Masukkan krim kental, saus tomat, kaldu sapi, garam dan lada. Aduk rata. Tambahkan brokoli dan makaroni, aduk rata hingga matang.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian ASI ekslusif hingga bayi berusia 6 bulan. Nestle sepenuhnya mendukung rekomendasi ini untuk tetap memberikan ASI setelah memperkenalkan makanan pendamping ASI seperti yang disarankan oleh otoritas kesehatan. 
Sumber
•    http://www.ayahbunda.co.id/kentang-isi-brokoli-keju
•    http://www.ayahbunda.co.id/pasta-sosis-sayur
Penulis
RAMONITA BARADJA

Ramonita Baradja sudah aktif menulis selama kurang lebih 15 tahun. Sehari-hari selain menghabiskan waktu di depan laptop untuk menulis artikel dan materi publikasi, ibu berputra satu ini juga sedang belajar menggambar, karena bias meningkatkan mood positif dan membuat nya lebih kreatif. Saat libur adalah saat nya jalan-jalan atau menonton film bersama-bersama buah hatinya, Farrell (9 tahun).

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top