Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Anak

By: Wyeth Nutrition 2015-10-08 17:00:00 (UTC)
Mam, yuk pelajari bahan makanan apa saja yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak-anak:

Salmon
Asam lemak omega 3-DHA dan EPA sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak, dan salmon adalah sumber terbaik yang memiliki kandungan tersebut. Kebutuhan anak-anak akan omega 3 perhari adalah 1,2 gram, dan dalam 100 gram ikan salmon mengandung 2,2 gram asam lemak omega 3.


Telur
Kuning telur ternyata kaya akan kandungan kolin di dalamnya. Kolin merupakan zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat. 1 butir telur berukuran besar memiliki kandungan kolin 126 mg. ini lebih besar dari 2 sendok makan selai kacang yang hanya mengandung 20 mg dan 300 gram daging sapi memiliki kandungan 66 mg kolin.

Selai Kacang
Kacang tanah, yang diolah menjadi selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E terbaik. Vitamin E merupakan sumber antioksidan yang dapat melindungi membaran-membran sel saraf. Kebutuhan anak-anak perhari akan Vitamin E adalah 4-10 mg dan 2 sendok selai kacang mengandung 2,9 mg Vitamin E.

Kacang-kacangan
Jenis makanan ini memiliki protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang juga kaya akan kandungan serat,vitamin, dan mineral. Kacang baik untuk otak karena dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada sore hari jika dikonsumsi saat makan siang. Kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 daripada jenis kacang yang lain, khususnya ALA, jenis asal omega 3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.


Gandum Murni
Otak membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan, dan gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Selain itu, gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf. Kandungan vitamin B pada gandum adalah 1,5 mg per 100 gram, dan kebutuhan vitamin B pada anak-anak adalah 1 mg per hari.

Havermut
Havermut merupakan sereal bergizi yang penting bagi otak. Havermut dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak untuk mengawali aktivitas di pagi hari. Havermut juga kaya akan kandungan serat yang menjaga otak anak terpenuhi kebuthannnya sepanjang hari. Selain itu, Havermut juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potasium dan seng yang membuat tubuh dan otak berfungsi pada kapasitas penuh . Havermut memiliki kandungan vitamin E 0,08 mg pada setiap 250 gram, vitamin B 0,26 mg per 250 gram dan seng 6,19 mg per 250 gram havermut.

Beri
Semakin kuat warna yang dimiliki oleh kelompok keluarga beri seperti stroberi,ceri, bluberi, maka semakin banyak zat gizi yang dikandungnya. Beri mengandung antioksidan kadar tinggi, terutama Vitamin C, yang bisa mencegah kanker. Biji dari buah beri ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega 3.

Sayuran berwarna
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, dan bayam adalah sayuran yang kaya gizi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

Susu dan yoghurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis zat gizi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Kandungan protein dan karbohidrat yang dimiliki oleh susu dan yoghurt merupakan sumber energi yang baik bagi otak.


Daging sapi tanpa lemak
Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Kandungan zat besi dalam 100 gram daging sapi adalah 4,05 mg. Sedangkan kebutuhan akan zat besi pada anak-anak adalah 3-10 mg per hari.
 
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Tumbuh Kembang

Si Kecil yang Aktif Bergerak

By: Wyeth Nutrition 2018-01-03 00:09:28 (UTC)
Langkah pertama si Kecil adalah salah satu momen paling berkesan dari semua perjalanan pertumbuhan mereka. Sebagian besar bayi memulai langkah pertama mereka antara usia sembilan sampai 12 bulan dan mulai bisa berjalan dengan baik pada saat mereka berusia 14 atau 15 bulan. Mam dan Pap tidak perlu khawatir jika si Kecil membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Beberapa di antara anak-anak kadang malah belum mulai berjalan sampai usia 16 atau 17 bulan.
 
Selama tahun pertamanya, si Kecil sibuk mengembangkan koordinasi dan kekuatan otot di setiap bagian tubuhnya. Mereka akan belajar untuk duduk, berguling, dan merangkak sebelum beralih dari tempat tidur dan mulai mencoba berdiri sekitar usia sembilan bulan. Sejak saat itu, hal terpenting bagi si Kecil adalah mendapatkan rasa percaya diri dan keseimbangan. Suatu hari si Kecil mulai berdiri di sofa namun kemudian mereka terhuyung-huyung ke dalam pelukan Mam dan Pap. Ini semua merupakan bagian dari proses langkah pertama mereka.
 
Proses belajar si Kecil tentu tidak akan lepas dari peran serta dukungan Mam dan Pap. Pada masa ini, penting sekali untuk selalu memantau perkembangannya sambil terus membantu mereka agar bisa dengan mudah melewati tahapan-tahapan dalam belajar berjalan. Beberapa hal penting ini bisa Mam dan Pap lakukan untuk membantu proses belajar mereka.
  • Pegangan untuk si Kecil

    Saat si Kecil belajar berdiri, mereka mungkin memerlukan bantuan untuk mencari tahu bagaimana caranya duduk lagi. Jika dia terjebak dan menangis, jangan hanya menjemputnya dan menjatuhkannya. Tunjukkan padanya bagaimana menekuk lututnya sehingga si Kecil bisa duduk tanpa terjungkal, dan biarkan mereka mencobanya sendiri kemudian.

  • Selalu siap

    Mam dan Pap bisa menyemangati si Kecil berjalan dengan berdiri atau berlutut di depannya dan mengulurkan tangan. Mam dan Pap juga bisa memegang kedua tangannya dan membiarkannya berjalan ke arah Mam dan Pap. Si Kecil mungkin juga akan suka menggunakan mainan dorong yang bisa dipegangnya saat berjalan.

  • Selalu awasi

    Pastikan si Kecil berada di lingkungan yang empuk dan aman untuk mengasah keterampilan barunya. Ikuti pedoman keselamatan anak-anak, dan jangan sekali-kali meninggalkannya tanpa pengawasan.

 
Nah, Mam dan Pap sudah punya bayangan bagaimana harus bertindak saat si Kecil mulai belajar berjalan, bukan? Kunjungi juga halaman ini untuk mendapatkan informasi tumbuh kembang lainnya.
 
Sumber :
http://www.parents.com/baby/development/walking/help-baby-learn-to-walk/
https://www.starthealthystayhealthy.in/helping-your-baby-walk-her-first-step#
https://www.babycenter.com/0_baby-milestone-walking_6507.bc
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top