Gambar Mam, Perhatikan Nutrisi Penting Ini saat Hamil
Gambar Mam, Perhatikan Nutrisi Penting Ini saat Hamil

Mam, Perhatikan Nutrisi Penting Ini saat Hamil

oleh: Suria Riza 2018-01-17 15:52:32
Menjaga asupan nutrisi ibu hamil sangatlah penting. Saat Mam merencanakan kehamilan, nutrisi untuk badan harus tetap dijaga. Begitu pun saat Mam sedang hamil, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi sangat diperlukan. Menjaga makanan yang penuh dengan nutrisi tepat dan gizi seimbang penting bagi kesehatan Mam saat hamil. Ini juga akan membuat tumbuh kembang si Kecil dalam kandungan sangat baik dan sehat.

Apalagi, selama masa kehamilan tubuh Mam akan mengalami perubahan fisik signifikan seiring dengan pertumbuhan si Kecil. Calon Mam perlu memperhatikan apa yang mereka konsumsi karena makanan yang salah dapat berakibat fatal bagi si Kecil. 

Empat  Cara mengonsumsi makanan untuk menjaga Mam sehat selama masa kehamilan


Jangan sampai masalah makanan ini menjadi risiko, Mam harus tahu bagaimana cara mengonsumsi makanan dengan baik selama hamil. Mudah, kok! Mam tinggal mengikuti cara-cara di bawah ini.
  1. Membersihkan – Pastikan Mam mencuci tangan, perangkat memasak, buah mentah, dan sayuran.
  2. Memisahkan – Mam harus menjaga agar daging mentah, unggas, dan seafood terpisah dari makanan siap saji.
  3. Masak – Masaklah makanan dengan benar dan jangan meninggalkan makanan yang telah dimasak di luar. Karena itu sesuaikan dengan porsi makan Mam, ya!
  4. Dinginkan – Masukkan makanan yang mudah busuk ke dalam kulkas
Perhatikan kondisi ini untuk selalu menjaga pemenuhan nutrisi ibu hamil
  1. Saat morning sickness

    Pada masa-masa awal kehamilan, beberapa wanita akan mengalami morning sickness. Beberapa bahkan akan merasa mual dan muntah lebih buruk dibanding wanita lainnya. Hal yang paling mudah selain menerima kehamilan dengan segala kondisinya adalah membuat Mam nyaman dengan menghindari makanan yang tepat sebagai asupan nutisi ibu hamil.

    Untungnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala tersebut. Berikut adalah contohnya:

    • Beristirahat
    • Menghindari bau tak sedap
    • Makan sedikit hingga 5-6 kali, dibandingkan 3 kali makan besar
    • Makan camilan saat bangun tidur pada pagi hari untuk menenangkan perut
    • Menghindari makanan pedas dan berlemak

    Jahe juga merupakan makanan alami untuk menghilangkan mual dan morning sickness. Jahe bisa langsung diminum atau teh asli. Sekarang ada suplemen herbal jahe yang bisa diminum. Namun, Mam tetap harus berhati-hati jika ingin menggabungkan beberapa jenis suplemen sekaligus, ya!


  2. Menjaga berat badan ibu hamil

    Penambahan berat badan selama masa kehamilan sangat bergantung dari berat badan Mam sebelum hamil. Indeks Masa Tubuh atau Body Mass Index (BMI) biasanya digunakan untuk menentukan penambahan berat badan kehamilan sehat.

    Wanita yang memiliki BMI normal setidaknya perlu meningkatkan berat badan antara 11-15 kg selama masa kehamilan. Overweight dan obesitas bisa menyebabkan risiko komplikasi yang tinggi pada wanita hamil.

    Bagi Mam yang memiliki indeks BMI lebih dari 30, hanya perlu meningkatkan berat badan antara 5-9 kg saja. Jika Mam memiliki indeks BMI lebih besar dai 40, diharapkan bisa mengurangi berat badannya selama kehamilan.

    Hal ini menentukan berat badan si Kecil nanti setelah cukup minggu, Mam. Ini juga penting dalam perkembangan bayi dalam kandungan, agar nanti saat lahir tidak terlalu besar. Kata orang, lebih baik bayi besar di luar daripada di dalam kandungan.
     

  3. Sembelit

    Setiap melewati masa tiga bulan, selalu ada isu-isu yang berkaitan dengan kehamilan. Banyak wanita hamil yang mengalami masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Hal tersebut bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

    Cairan dan serat adalah cara terbaik untuk menghilangkan masalah kesehatan ini. Serat bertindak sebagai laksatif alami untuk membantu pencernaan berjalan dengan baik. Cairan akan membuat proses pencernaan menjadi lebih lancar.

    Serat hanya dapat ditemukan pada sayuran dan kacang-kacangan, sereal, buah, serta biji-bijian. Mam perlu meningkatkan diet serat secara bertahap sehingga pencernaan bisa beradaptasi dengan baik. Walaupun air adalah yang terbaik untuk diminum. Namun, wanita hamil juga boleh mengonsumsi jus dan susu yang juga baik sebagai sumber nutrisi untuk memenuhi kebutuhan cairan sebanyak 8-12 gelas per hari.

Mudah kan, Mam menjaga asupan nutrisi ibu hamil? Tetap konsumsi makanan bergizi dan asupan nutrisi yang sesuai untuk kehamilan. Ini karena asupan nutrisi yang kita makan akan berpengaruh besar pada si Kecil di masa kandungan.
 
Source :
https://medical.gerber.com/nutrition-health-topics/pregnancy-and-nutrition

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top