Mams, Ini Lho 5 Manfaat Stimulasi Musik untuk Si Kecil

Selasa, 14 November 2017, 13:39 WIB0 Shares
Selama periode emas pertumbuhannya, otak si Kecil akan berkembang lebih cepat. Karena itu, Mam harus memberikan stimulasi agar sel-sel otak si Kecil berkembang optimal. Semakin banyak stimulasi yang si Kecil dapatkan, makin besar manfaatnya untuk tumbuh kembang. Salah satu yang bisa Mam lakukan adalah memberi stimulasi dengan mengenalkan musik kepada si Kecil.

Tidak hanya bisa menghibur dan menenangkan si Kecil, musik juga bisa merangsang kepintarannya. Musik bisa menjadi stimulus yang mempercepat perkembangan otak si Kecil lewat pengenalan nada, irama, ritme, serta koordinasi gerak tubuh. Mam bisa mengajak si Kecil mendengarkan lagu, menyanyi bersama, atau memainkan alat musik. Yuk Mam, cari tahu manfaat musik bagi si Kecil.
  1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

    Mendengarkan musik sambil bernyanyi merupakan salah satu media pembelajaran yang baik bagi si Kecil, Mam. Selain karena membuat suasana lebih riang dan menyenangkan, penyampaian pesan lewat lagu tidak terkesan menggurui, memerintah, atau melarang. Lewat bernyanyi, anak-anak bisa melatih pita suara, teknik berbicara, pengembangan kosakata, serta penguatan kemampuan daya ingat. Kemampuan berbahasa si Kecil juga akan meningkat melalui kata-kata sederhana seperti dalam lagu Nina Bobo, Bintang Kecil, dan Topi Saya Bundar. 

  2. Meningkatkan Kemampuan Matematika

    Musik mengandung berbagai unsur seperti nada pendek dan panjang nilai ketukan, potensi tinggi rendah nada, dan dinamika. Karena itu, saat si Kecil mendengarkan musik, menyanyikan lagu, atau memainkan musik, secara tidak langsung kemampuan matematika si Kecil terasah. Banyak juga lagu anak-anak yang memang bisa digunakan untuk memperkenalkan angka dan konsep berhitung seperti lagu Satu Ditambah Satu, Balonku, Satu-Satu, dan Dua Mata Saya. 

    Baca Juga: 8 Cara Mudah Dorong Aksi Pintar Si Kecil

  3. Meningkatkan Kemampuan Sosial dan Membangun Percaya Diri

    Manfaat stimulasi musik untuk si Kecil tidak hanya meningkatkan kemampuan musikalnya. Melibatkan si Kecil dalam kegiatan-kegiatan bermusik juga bisa menjadi sarana untuk bersosialisasi dan membangun percaya diri. Contohnya dengan mendengarkan musik dan bernyanyi bersama baik di rumah, sekolah, atau tempat les musik.

  4. Meningkatkan Perkembangan Motorik

    Si Kecil biasanya senang diajak mendengarkan musik yang ceria dan menyanyikan lagu sambil bertepuk tangan atau menari. Saat bermain musik seperti memukul drum, si Kecil juga aktif bergerak sesuai irama lagu. Kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk meningkatkan perkembangan motoriknya.

  5. Meningkatkan Perkembangan Emosi

    Dalam bernyanyi, si Kecil akan belajar mengekspresikan lagu tersebut. Perlu ekspresi yang berbeda dalam menyanyikan lagu bertempo cepat dan lambat, atau saat menyanyikan nada tinggi dan rendah. Karena itu, belajar bernyanyi sangat baik untuk melatih emosi si Kecil.

Pengenalan nada, irama, ritme, serta koordinasi gerak tubuh lewat musik, seperti yang dikatakan psikolog Alzena Masykouri, dapat mengembangkan berbagai kepintaran si Kecil. Sebagai orang tua, Mam dan Pap bisa mengajak si Kecil mendengarkan musik, bernyanyi dan bermain musik setiap hari. 

Jenis musik apa yang cocok bagi si Kecil? Mam dan Pap juga bisa memperdengarkan musik-musik instrumental tanpa lirik untuk melatih kepekaan terhadap bunyi-bunyian, atau lagu dengan berbagai jenis bahasa. Mengenalkan semua jenis musik dari berbagai bahasa dapat memberi efek bagi perkembangan otak si Kecil. Pastikan lirik lagu tidak mengandung kata-kata yang tidak baik ya, Mam. Hal terpenting adalah kenalkan musik kepada si Kecil dengan antusias dan tanpa paksaan.

Source:
  • Buku Deteksi Minat Bakat Anak, Optimalkan 10 Kecerdasan pada Anak - Andin Sefrina.
  • Musik Sebagai Salah Satu Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak - Wiflihani, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan.

0 Komentar

Artikel Terkait

Stimulasi

Si Kecil dan Musik: Manfaat Stimulasi Musik dalam Perkembangan Anak

Baca selengkapnya

Cara Mengasuh

Bijak Sikapi Stereotip Gender

Baca selengkapnya

Stimulasi

Mainan untuk Dukung Kepintaran Si Kecil

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top