Info Nutrisi

Manfaat dan Tips Mengajari Si Kecil Bersepeda

By: Wyeth Nutrition 2016-09-27 15:43:12
Tahukah Mam? Stimulasi tumbuh kembang anak  yang Mam berikan pada si kecil akan jauh lebih efektif jika dilakukan dalam suasana menyenangkan, lho, salah satunya dalam bentuk permainan. Maka dari itu, Mam perlu memilihkan jenis permainan yang tidak hanya disenangi si kecil, tetapi juga bermanfaat bagi perkembangan motorik maupun kognitifnya. Contoh aktivitas bermain yang bisa dilakukan oleh si kecil adalah bermain sepeda. Untuk anak usia 3 tahun ke atas, Mam bisa mulai mengajarinya bermain sepeda roda dua. 
 
Ada banyak manfaat yang akan dirasakan si kecil saat bermain sepeda, di antaranya:
●       Mengasah kekuatan fisik dan motorik kasar.
●       Menyehatkan jantung, paru-paru, dan tulang.
●       Menguatkan otot bagian bawah, terutama di sekitar lutut.
●       Melatih koordinasi panca indera dan anggota tubuh, mulai dari mata, tangan, kaki, dan keseimbangan.
●       Membakar kalori.

Nah, agar proses belajar bersepeda berjalan lancar dan menyenangkan, simak tips di bawah ini ya, Mam!

● Pakai roda tambahan
Agar si kecil merasa aman, Mam bisa memasang roda tambahan pada sepedanya. Dengan begini, ia tidak perlu takut terjatuh karena ada roda tambahan di belakang yang akan menopang keseimbangan sepedanya.

● Lepas pedal
Jika Mam memilih untuk tidak memakai roda tambahan, latih si kecil dengan cara ini, ya. Pertama-tama, minta ia menaiki sepeda dengan kedua kakinya menjejak tanah. Gunakan kakinya sebagai pengganti pedal untuk melaju. Awalnya, ia akan berjalan perlahan, tapi lama-kelamaan ia akan sedikit berlari sambil sesekali mengangkat kaki untuk merasakan keseimbangan badannya di atas sepeda. Lakukan cara ini terus-menerus sampai ia merasa percaya diri dan menguasai keseimbangannya.

● Beri dorongan atau motivasi
Belajar naik sepeda memang tidak mudah. Akan tetapi, anak akan merasa puas dan bangga saat ia berhasil menguasai keterampilan ini. Maka, bantu si kecil dengan terus memberikan semangat ya, Mam. Ucapkan kata-kata penyemangat seperti, “kalau sering berlatih, nanti adik pasti bisa” atau “coba lagi, yuk!”. Hindari memarahi atau meneriaki anak selama ia menjalani proses belajar ini.

● Rajin berlatih
Agar anak makin cepat menguasai kemampuan bersepeda, ia perlu berlatih secara rutin. Bila memungkinkan, ajak ia bermain sepeda setiap pagi atau setiap sore ya, Mam. Akan lebih baik jika ada teman lain yang juga bersepeda sehingga membuat si kecil semakin semangat untuk berlatih.
 
Meski bersepeda sangat baik untuk stimulasi tumbuh kembang anak, Mam juga harus memerhatikan minat si kecil, ya. Jika setelah beberapa kali mencoba ia tampak tidak nyaman dan meminta berhenti, jangan terus memaksanya. Turuti saja kemauannya, dan Mam dapat membujuknya untuk mencoba lagi beberapa hari kemudian.
 
Panduan Memilih Sepeda untuk Balita
 Usia anak  Ukuran roda  Tinggi sepeda
 2-3 tahun  30 cm  85-100 cm
 3-4 tahun  36 cm  95-110 cm
 4-5 tahun  41 cm  110-120 cm
 
 Sumber:
parents.com/fun/sports/exercise/bicycle-riding/
babycenter.com/6_your-35-month-old-riding-a-bike_10329763.bc
icebike.org/the-definitive-guide-to-kids-bike-sizes-dont-buy-the-wrong-bike/
rei.com/learn/expert-advice/teach-child-to-ride-a-bike.html
ayahbunda.co.id/balita-tips/tips-mengajari-balita-bersepeda
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Info Nutrisi

Nak, Yuk Makan Serat Agar Sehat

By: DR Dr Rini Sekartini SpA K 2017-10-24 14:18:56
 
Serat banyak terkandung dalam buah dan sayuran. Namun seperti kita ketahui, anak-anak sering kali tidak menyukai bermusuhan dengan jenis makanan ini. Meski demikian, serat tidak bisa diabaikan begitu saja dalam kompisisi nutrisi harian si Kecil. Menurut Angka Kecukupan Gizi untuk anak Indonesia usia 4-6 tahun setidaknya dibutuhkan 22g serat per orang per hari.
 
Serat sangat bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Makan makanan kaya serat juga membantu si Kecil memiliki kebiasaan pola makan baik yang akan mengurangi risiko penyakit diabetes, jantung, obesitas dan juga kolesterol. Serat juga dapat membantu si Kecil berkonsentrasi lebih lama, karena serat membuat perut terasa penuh lebih lama, oleh sebab itu meski bermanfaat pemberian serat pada si Kecil juga sebaiknya tidak berlebihan karena perut akan cepat penuh dan tidak menyisakan ruang untuk makanan lainnya sementara dalam masa pertumbuhan si Kecil masih membutuhkan makanan yang bervariasi dan aneka gizi. 

 
Ada dua bentuk serat, yakni serat larut seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dan serat tidak larut seperti gandum utuh dan oat. Si Kecil umumnya lebih menyukai makanan manis sehingga pemberian serat dari buah menjadi lebih mudah. Setidaknya berikan si Kecil lima porsi buah dan sayuran dalam sehari, namun sesuaikan  porsinya sesuai keinginan anak. Berikan sedikit dahulu, lalu semakin lama semakin banyak. Untuk gandum dan biji-bijian, Mam bisa siasati dengan memberikannya dalam bentuk roti dan pasta. Untuk memecah kebosanan dan menarik minat si Kecil, Mam bisa berikan makanan kaya serat dalam bentuk seperti berikut ini:
 
  • Buatkan sandwich dari roti gandum dengan isian telur atau daging sesuai selera si Kecil. 
  • Buat smoothie dengan campuran buah, seperti stroberi, pisang dan lain sebagainya. 
  • Berikan cemilan berupa keripik buah atau sayuran kering dengan rasa manis dan gurih alami. 
  • Masukkan brokoli atau wortel sebagai campuran nugget atau bakso, untuk mensiasati si Kecil yang enggan makan sayur. 
  • Gunakan buah sebagai campuran puding jelly yang terbuat dari konyaku atau agar-agar yang juga kaya serat. 


Dapatkan berbagi tips menarik lainnya dengan berkunjung ke sini

Sumber:
https://klinikgizi.com/2014/10/02/kebutuhan-gizi-dan-nutrisi-anak-usia-di-bawah-5-tahun/
http://www.ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/beri-balita-makanan-berserat
http://gizi.depkes.go.id/download/Kebijakan%20Gizi/Tabel%20AKG.pdf
Penulis
DR Dr Rini Sekartini SpA K

Dokter Spesialis Anak Konsultan alumni Fakultas Kedokteran UI Jakarta dan saat ini praktek sebagai Konsultan Tumbuh Kembang Anak di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top