Manfaat Olahraga dalam Mendidik Anak Hebat

oleh: Parenting Club 2019-11-11 13:53:28
Mam, olahraga banyak sekali manfaatnya dalam mendidik anak hebat, lho. Selain dapat mendukung kehebatan fisik si Kecil, olahraga ternyata juga dapat mendukung kehebatan akal dan sosial si Kecil juga. Mau tau apa saja manfaat olahraga dalam mendidik anak hebat? Simak penjelasannya di bawah ini, ya.
 
  • Olahraga penting bagi kehebatan fisik anak Tentunya manfaat yang utama dari olahraga dalam mendidik anak hebat adalah bagi kesehatan fisik si Kecil. Dengan berolahraga si Kecil akan aktif bergerak sehingga berat badan dapat terjaga, tubuh dan daya tahan si Kecil menjadi kuat, mendukung pertumbuhan dan kekuata
    Read More
    n tulang serta otot, menguatkan jantung dan paru-paru, dan terhindar dari berbagai penyakit. Selain manfaat yang berkaitan dengan kesehatan seperti di atas, olahraga juga membantu mengembangkan kemampuan motorik si Kecil serta melatih koordinasi serta keseimbangan tubuh anak, yang tentunya penting untuk kembangkan kehebatan fisik si Kecil.
  • Mengembangkan rasa percaya diri si Kecil Saat berolahraga, si Kecil akan mendapat dorongan dan pujian dari pelatih, Mam dan Pap, maupun teman satu timnya. Hal ini tentunya akan dapat meningkatkan rasa percaya diri si Kecil. Selain itu, dengan berolahraga si Kecil juga akan belajar untuk percaya pada kemampuan yang mereka miliki. Tentunya agar manfaat ini dapat dicapai, pujian dan dorongan perlu diberikan saat si Kecil menang maupun kalah. Kritik dan masukan juga perlu disampaikan secara positif dan membangun.
  • Mengembangkan kehebatan sosial si Kecil Olahraga juga penting dalam mendidik anak hebat karena dapat mengembangkan berbagai aspek dari kehebatan sosial si Kecil. Saat berolahraga, baik itu olahraga kelompok maupun individu, si Kecil akan berinteraksi dan bekerjasama dengan banyak orang. Mulai dari teman sebayanya sampai orang-orang yang lebih tua darinya, seperti pelatih, wasit, dan lainnya. Si Kecil akan belajar bekerja dalam kelompok serta berkomunikasi yang baik.
  • Melatih disiplin dan kempuan mengelola waktu Dengan berolahraga si Kecil akan terlatih untuk disiplin. Baik itu ketika sedang dalam pertandingan, latihan maupun kehidupan sehari-hari. Karena saat berolahraga anak akan terbiasa mengikuti peraturan, menerima instruksi, mengikuti jadwal, dan juga mengurus keperluannya sendiri. Nah, berkaitan dengan disiplin, si Kecil juga akan belajar untuk mengelola waktu. Misalnya saat ia harus mengatur waktu latihan, waktu mengerjakan tugas sekolah, dan waktu untuk beristirahat.
  • Mendukung kehebatan akal Mengatur strategi dan taktik saat pertandingan dapat membantu mengembangkan kehebatan akal si Kecil. Selain itu, si Kecil yang berolahraga juga dapat berprestasi dalam hal akademis. Karena si Kecil yang disiplin dan terbiasa mengelola waktu dengan baik dan akan menjadi lebih gigih dalam hal belajar pula.
  • Mengembangkan nilai sportifitas Saat berolahraga tentunya si Kecil akan mengalami kemenangan maupun kekalahan. Si Kecil akan belajar bagaimana menyikapi kekalahan maupun kemenangan secara positif. Selain itu si Kecil juga akan belajar untuk menghormati orang lain. Misalnya dengan tidak meledek lawan, bersalaman setelah selesai pertandingan, dan mendengarkan saat pelatih atau wasit sedang berbicara.
 
Ternyata banyak sekali manfaat olahraga dalam mendidik anak hebat. Jika Mam ingin tau apalagi yang bisa Mam lakukan untuk mendukung si Kecil jadi anak hebat, yuk cari tahu lebih banyak di Parenting Club.
 
 
 
Sumber:
https://www.livestrong.com/article/160825-why-sh ould-children-play-sports /
https://novakdjokovicfoun dation.org/5-benefits-sports-kid s/
https://kids.lovetoknow.com/wiki/Benefits_of_Kids _Playing_Sports
https://www.leaguenetwork.com/8-benefits-of-team-sp orts-for-kids/

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top