Manfaat Pijat untuk Si Kecil

Kamis, 17 November 2016, 16:49 WIB

Pijat merupakan salah satu jenis terapi sentuh (touch therapy) tertua dan terpopuler di dunia. Pijat bayi dilakukan dengan memberikan sentuhan lembut pada kulit bayi untuk mendukung kesehatan anak. Sejak dalam kandungan, bayi sudah mendapatkan stimulasi sentuh dari hangatnya air ketuban dan elusan di perut Mam. Setelah lahir, ia perlu ‘bantuan’ untuk merasa aman dan nyaman dengan dunia barunya. 

 

Manfaat pijat bayi

Selain menumbuhkan kelekatan (bonding) antara bayi dengan orangtuanya, pijat bayi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anak. Siapapun yang mengasuh bayi dapat melakukan pijat bayi, namun sebaiknya memang dilakukan oleh orangtua si Kecil untuk membangun kelekatan.Perlu diingat bahwa pijat bayi berbeda dengan pijat tradisional orang dewasa karena hanya berupa pijatan ringan.

 

Dari hasil penelitian, ada beberapa faktor kesehatan anak yang dapat dicapai dengan cara memijat lembut si Kecil, berikut diantaranya:

Meningkatkan frekuensi minum ASI sehingga dapat menaikkan berat badan bayi. 

  • Mengurangi konstipasi (sembelit). 
  • Mengembangkan sistem imun, pernapasan, dan sistem sirkulasi.
  • Membantu bayi untuk relaks.
  • Membuat tidur lebih lelap dan lama.
  • Membantu kerja sistem pencernaan.
  • Meredakan ketidaknyamanan (kolik, tumbuh gigi).
  • Menurunkan produksi hormon stres.

 

Aturan dalam memijat bayi

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memijat bayi yaitu jangan memijat bayi setelah makan atau saat bayi sedang tidur, buatlah suasana senyaman mungkin untuk bayi dan Mam, dan perhatikan respons bayi ketika dipijat. Lakukan pemijatan secara rutin, 2 kali sehari (biasanya sebelum mandi), dengan durasi hanya 10 hingga 15 menit.

 

Mam dapat mengikuti panduan memijat bayi yang sekarang sudah banyak ditemukan di internet atau buku-buku kesehatan anak. Pada dasarnya adalah melakukan pijatan memutar secara lembut dengan ritme lambat. Urutannya adalah kaki, telapak kaki, tumit, jari kaki, lengan, telapak tangan, jari tangan, dada dan yang terakhir adalah bagian punggung bayi.

 

Tidak semua bayi senang dipijat, beberapa bayi yang sensitif akan menangis ketika tubuhnya disentuh sedemikian rupa. Hentikan proses pemijatan jika si Kecil terlihat tidak nyaman dan gendong serta peluk dia untuk mengurangi rasa tak nyamannya. Tujuan dari pijat bayi memang untuk mendorong kesehatan anak, namun tak akan ada gunanya jika si Kecil menolak. Sebaiknya jangan dipaksakan, cobalah lagi di lain waktu saat ia lebih tenang.

 

 

Sumber:

Ang JY. Lua JL, Mathur A, et al. 2012. A randomized placebo-controlled trial of massage therapy on the immune system of preterm infants. Pediatrics 130(6):e1549-58

Kulkarni A, Kaushik JS, Gupta P, et al. 2010. Massage and touch therapy in neonates: the current evidence. Indian Pediatr 47(9):771-6

 

0 Komentar

Artikel Terkait

Info Nutrisi

Tips Menjaga Makan Sehat untuk si Kecil

Baca selengkapnya

Kesehatan

6 Tips Menjaga Kesehatan Anak

Baca selengkapnya

Cara Mengasuh

4 Tips Mengunjungi Tempat Ramai bersama Anak

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top