Membaca Bersama Si Kecil Dapat Membantu Anak Belajar Bicara dan Kepintaran Lainnya

oleh: Parenting Club 2019-11-11 14:30:20
Tahukah Mam, perkembangan literasi si Kecil mencakup belajar mengenai suara, kosakata dan berbahasa. Ya, literasi bukan hanya sebatas kemampuan si Kecil untuk membaca, tetapi juga bagian penting untuk mengembangkan kemampuan komunikasi anak. Perkembangan literasi sebaiknya dimulai sejak dini dan salah satu cara yang dapat Mam lakukan adalah dengan membaca buku bersama si Kecil. Yuk simak serba-serbi membaca buku bersama anak dan manfaatnya untuk jadikan ia anak hebat di bawah ini.
 
1. Membacakan buku membantu anak belajar bicara
Walaupun mungkin si Kecil yang masih bayi belum mengerti apa yang Mam bacakan, tetapi seperti yang dis
Read More
ebutkan di atas, literasi berhubungan dengan suara, mengenal kosakata dan kemudian berbahasa. Dengan mendengar suara Mam, mendengar kata-kata yang Mam bacakan maka si Kecil mulai mendengarkan, merekam dan memperkaya kemampuan literasinya. Sehingga, anak-anak yang dibacakan buku oleh orang tuanya sejak usia dini akan mengenal lebih banyak kosakata.
 
2. Apa yang terjadi saat Mam membacakan buku pada si Kecil?
Buku bacaan yang sesuai dengan usia si Kecil akan dapat mendorong anak untuk melihat, menunjuk, menyentuh dan mengajukan pertanyaan sesuai dengan tahap perkembangan bahasanya. Selain itu, si Kecil juga akan belajar menirukan suara dan belajar kosakata, yang tentunya merupakan bagian dari proses anak belajar bicara. Saat Mam membaca buku kepada si Kecil, ia akan berkenalan dengan berbagai emosi dan suara ekspresif yang berbeda dari intonasi Mam saat membaca.
 
3. Menghubungkan bunyi kosakata dan tulisan
Ketika si kecil sudah semakin besar, ia kan mulai menghubungkan bunyi kosakata yang Mam bacakan dari buku cerita dengan tulisan yang tertera di dalam buku. Jadi, membaca bersama si Kecil bukan hanya membantu anak belajar bicara tetapi juga akan membantu anak nantinya belajar membaca dengan lebih mudah dan menjadi anak hebat.
 
4. Manfaat lainnya dari membaca bersama si Kecil
Selain membantu anak belajar bicara dan nantinya belajar membaca, membaca buku bersama si Kecil memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.
  • Menstimulasi rasa ingin tahu dan imajinasi
  • Belajar mengenai berbagai hal yang masih abstrak bagi perkembangan akalnya
  • Belajar mengenai berbagai hal baru dengan cara yang menyenangkan
  • Membangun kegemaran membaca si Kecil sejak dini
  • Membangun kedekatan Mam dan si Kecil melalui aktivitas seru yang juga bermanfaat
5. Apakah harus selalu dengan buku?
Membaca bersama si Kecil sebagai bagian dari kegiatan mendidik anak tak selalu harus dengan buku cerita lho, Mam. Ada banyak hal yang Mam manfaatkan. Misalnya, kemasan minuman ringan dan camilan milik si Kecil, poster dan iklan di jalan atau kendaraan umum, menu di restoran, dan lain sebaginya.
 
Selain membaca buku, Mam juga bisa mendongeng dan bernyanyi bersama si Kecil untuk membantu anak belajar bicara dan mengembangkan kemampuan berbahasanya.
Membaca bersama si Kecil selain bisa jadi pilihan kegiatan santai di rumah juga bisa Mam lakukan sebagai bagian dari kegiatan stimulasi, eksplorasi dan belajar yang menyenangkan dengan mengajaknya mengunjungi perpustakan anak. Jangan lupa untuk selalu memilih buku yang sesuai dengan tahap perkembangan anak ya, Mam. Nah, jika Mam ingin mencari stimulasi lain yang juga sesuai dengan tahap perkembangan anak, Mam bisa melihat fitur Smart Stimulation di Parenting Club, ya.
 
Sumber:
https://raisingchildren.net.au/preschoolers/play-lear ning/literacy-reading-sto ries/developing-literacy
https://kidshealth.org/en/parents/reading-ba bies.html
https://raisingchildren.net.au/babies/play-learning/l iteracy-reading-stories/r eading-storytelling
https://www.webmd.com/parenting/baby-talk-y our-babys-first-words#1

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top