Stimulasi

Kecerdasan Emosional Anak: 6 Tips untuk Mengembangkannya

By: Wyeth Nutrition 2015-10-19 07:00:00
Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memahami perasaan diri sendiri dan perasaan orang lain sehingga kita dapat lebih mudah bergaul dengan orang lain. Para ahli menemukan bahwa kecerdasan emosional adalah penentu terbesar kebahagiaan dalam hidup.

Jika ingin anak-anak dapat mengembangkan kecerdasan emosional mereka, maka kita perlu membantu mereka mengajari mengenai perasaan dan memberikan solusi yang efektif.

Anak-anak dengan kecerdasan emosional yang tinggi dapat sangat ramah, kooperatif, optimis dan lebih dapat memecahkan masalah. Mereka cenderung lebih baik perilakunya dan memiliki prestasi akademik yang lebih tinggi.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan emosi anak, yaitu : 

 
  • Terima emosi anak dan berikan tanggapan yang emosional


Berikan komentar ketika anak sedang mengalami emosi seperti “Wah adik lagi marah banget ya” , “Bagus, mama dapat melihat kamu gembira sekali”, dsb.
 
  • Bantu mereka memberikan nama pada emosi mereka


“Adik kelihatan lagi marah “, dsb.

 
  • Ajak anak bicara tentang perasaan mereka


“ Kakak kenapa sedih? “, dsb.
 
  • Berikan pelajaran kepada anak mengenali perasaan orang lain


“ Bagaimana perasaan kakak kalau itu terjadi sama kakak? “ , dsb. 

Bantu si kecil menyadari apa tanda ketika ia mengalami emosional dan beritahu cara-cara alternatif untuk mengekspresikan emosi mereka.

Misalnya ketika terlihat ia sering mengepalkan tangan, mungkin itu tanda ia sedang marah.
 
  • Ajarkan anak cara untuk menenangkan diri mereka.


Misalnya dengan mengajarkan menarik nafas dalam-dalam.
 
  • Ajari anak untuk mendengarkan dan berbicara dengan cara yang bernegosiasi


Ketika si kecil sedang mengalami emosi, ajak ia berdiskusi apa yang diinginkan dan apa keputusan yang sebaiknya diambil.
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Stimulasi

5 Aktivitas Seru untuk Stimulasi Kepintaran Fisik dan Jadikan Anak Pintar

By: Rusdi Hasan 2019-11-11 13:37:00
Cara agar anak pintar tak hanya dengan stimulasi kepintaran Akal saja lho, Mam. Kepintaran Akal si Kecil tetap perlu disinergikan dengan kepintaran Fisik dan Sosialnya. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai stimulasi yang tepat untuk perkembangan fisik si Kecil sebagai dukungan bagi kepintaran anak.
 
Di usia dini ini si Kecil bagai menyimpan energi yang tak ada habisnya. Energi ini bisa Mam manfaatkan untuk mengembangkan kepintaran fisik si Kecil. Berikut ini adalah beberapa ide aktivitas sederhana tapi seru yang dapat mengembangkan kepintaran fisik si Kecil sekaligus menjadi cara agar anak pintar.
 
1. Menari Mengikuti Musik
Menari jadi cara agar anak pintar? Mengapa tidak. Pasang lagu anak-anak dengan irama bersemangat dan ajak si Kecil menari mengikuti musik tersebut. Mam bisa memilih lagu yang memang diikuti gerakan tertentu seperti ‘Topi Saya Bundar’ atau mengajak si Kecil menari bebas saja. Sebagai variasi, Mam juga bisa mengajak si Kecil memainkan alat musik buatan mengikuti musik yang dipasang. Misalnya dengan bermain marakas dari botol bekas yang diisi beras.
 
2. Ikuti Gerakanku
Si Kecil senang meniru orang dewasa. Dengan cara ini pula si Kecil akan belajar melakukan banyak hal. Mam bisa memanfaatkan hal ini untuk mengembangkan kepintaran fisik si Kecil. Ajak si Kecil untuk menirukan gerakan yang Mam lakukan. Beberapa contoh gerakan yang bisa Mam lakukan adalah bertepuk tangan, merangkak, melompat, berjalan, berlari, berjingkat, berputar, menggoyangkan pinggang, menendang, merentangkan tangan, dan lainnya. Akhiri permainan ini dengan gerakan yang menenangkan. Misalnya berbaring di karpet.
 
3. Halang Rintang
Halang rintang bisa dilakukan di rumah juga lho, Mam. Mam tinggal membuat berbagai rintangan dengan benda-benda yang ada di rumah. Misalnya bantal, kursi makan, selimut, sofa, dan lain sebagainya. Susun rintangan sedemikian rupa sehingga si Kecil akan melompat, merangkak, berjingkat dan melakukan gerakan lainnya untuk dapat melalui rintangan. Setelah asyik bermain, ajak si Kecil membereskan dan mengembalikan benda-benda yang digunakan ke tempatnya. Rumah kembali rapih sekaligus jadi stimulasi untuk kepintaran anak.
 
4. Balon di Udara
Seperti namanya, dalam permainan ini tugas si Kecil adalah memastikan balon tetap ada di udara. Tentunya akan mudah jika hanya menggunakan satu balon saja, bukan? Karenanya, siapkan empat sampai enam balon dan lemparkan ke udara. Si Kecil akan perlu melakukan berbagai gerak tubuh seperti melompat, menepuk, menepis, berlari untuk memastikan balon-balon tadi tak sampai mendarat di lantai. Seru, kan?
 
5. Membuat Bayangan
Membuat bayangan di dinding dengan tubuh atau jemari sepertinya tak menghabiskan banyak energi. Tetapi sesungguhnya dari kegiatan sederhana ini si Kecil juga akan melatih kepintaran anak dalam hal fisiknya, lho. Pasalnya, untuk membentuk bayangan yang ia inginkan, si Kecil akan perlu mengarahkan dan menggerakan tubuhnya sedemikian rupa. Termasuk saat ia hendak membentuk bayangan dengan tangan dan jemarinya.
 
Dukungan Mam bagi kepintaran Fisik si Kecil, berarti dukungan pula bagi kepintaran Akal dan Sosialnya. Karena dibutuhkan sinergi yang baik dari kepintaran Akal, Fisik dan Sosial untuk jadikan si Kecil anak pintar. Untuk memberikan stimulasi yang tepat, Mam bisa mencari tahu lebih banyak mengenai kepintaran si Kecil melalui fitur Smart Strength Finder di Parenting Club.
 
 
Sumber:
https://raisingchildren.net.au/babies/play-learning/active-play/physical-activity-for-young-children
https://childdevelopmentinfo.com/child-activities/get-moving-toddler-activities-to-encourage-physical-development/#gs.6gm4oe
https://www.momjunction.com/articles/fun-physical-activities-for-toddlers_00177255/#gref
Penulis
Rusdi Hasan

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top