Membersihkan Area Gigi dan Gusi Si Kecil

Kamis, 17 November 2016, 16:56 WIB

Umumnya gigi pertama si Kecil akan tumbuh sekitar usia 6-7 bulan, saat inilah Mam perlu merawat gusi dan giginya. Walaupun nantinya akan digantikan oleh gigi permanen, namun merawat gigi dan gusi bayi adalah bagian penting dalam menjaga kesehatan anak.

 

Merawat Gusi

Mulailah dengan membersihkan gusinya dua kali sehari ketika gigi pertama si Kecil baru muncul. Tentu saja pada tahapan ini tidak dibutuhkan sikat maupun pasta gigi. Anda dapat mengikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:

  • Carilah kain lembut atau kain kasa sebagai alat pembersihnya.
  • Basahkan sedikit dan usaplah secara lembut pada permukaan gusi dan gigi yang baru tumbuh.
  • Waktu yang tepat untuk membersihkan gusi dan gigi baru untuk kesehatan anak ini adalah setelah pemberian makan dan sebelum waktu tidur.

 

Periode tumbuh gigi (teething) sangatlah tidak nyaman untuk bayi sehingga ia akan lebih rewel dari biasanya. Tanda-tanda giginya akan tumbuh adalah produksi air liur yang lebih banyak, gusi terlihat merah dan bengkak, biasanya dibarengi dengan suhu tubuh yang sedikit meningkat. Berikan ia mainan yang bisa digigit atau kain yang sudah dibasahi dengan air es untuk mengurangi rasa sakitnya.

Membersihkan gigi

Begitu gigi pertama muncul, kita perlu membersihkannya. Dan harus semakin rutin ketika gigi selanjutnya bermunculan. Umumnya gigi bayinya akan tumbuh secara lengkap di usia 2 tahun.

 

Berikut cara membersihkan atau menyikat gigi bayi secara benar:

  • Bersihkan secara teratur dua kali sehari, pagi dan malam yang baik untuk kesehatan anak. Pilih sikat gigi berbahan lembut, dan pasta gigi khusus batita/anak.
  • Sikat dengan lembut seluruh permukaan gigi si kecil serta gusi di sekitarnya, gunakan pasta gigi sedikit saja (sebesar kacang polong). 
  • Libatkan anak saat membersihkan gigi. Jika ia ingin mencobanya sendiri, beri ia kesempatan dan ajarkan cara menyikat gigi yang benar. 

 

Memilih Sikat Gigi untuk Si Kecil

Demi mendukung kesehatan anak, terutama kesehatan daerah gusi dan giginya dengan baik, pilihlah sikat gigi anak yang benar. Berikut kriterianya:

  • Pilih bulu sikat dari nilon berbahan lembut agar tidak melukai gusinya.
  • Permukaan sikat gigi harus rata dan kepala sikatnya kecil sehingga mempermudah membersihkan gigi hingga bagian paling belakang.
  • Pilih pegangan sikat yang ‘mantap’ (tidak licin).
  • Gunakan air matang untuk kumur sebagai antisipasi bila air kumurnya tertelan.

 

Kedisiplinan Mam dalam membesihkan gusi dan gigi si Kecil akan sangat bermanfaat bagi kesehatan anak.

 

Sumber:

  • Nowak AJ, Warren JJ. Infant oral health and oral habits. Pediatr Clin North Am 2000;47(5):1043-66. 
  • Benaroch R. (2016) Caring for your baby’s teeth. Diambil dari http://www.webmd.com/parenting/baby/caring-babies-teeth#1
 

0 Komentar

Artikel Terkait

Info Nutrisi

Tips Menjaga Makan Sehat untuk si Kecil

Baca selengkapnya

Kesehatan

6 Tips Menjaga Kesehatan Anak

Baca selengkapnya

Cara Mengasuh

4 Tips Mengunjungi Tempat Ramai bersama Anak

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top