Mengasuh Anak Melalui Musik

oleh: Parenting Club 2015-10-19 07:00:00

Musik merupakan media yang tepat untuk mengajarkan sesuatu kepada si kecil, dan ada begitu banyak cara untuk menggunakannya. Musik disukai oleh orang tua hingga anak-anak. Dengan mendengarkan musik atau memainkan alat musik mereka bisa merasa senang sepanjang waktu.

Anak-anak bisa belajar disiplin, fokus, dan ketekunan dengan berlatih alat musik. Anak-anak juga dapat menggunakan musik sebagai alat untuk mengekspresikan diri mereka. Selain itu, musik juga memberikan manfaat untuk memotivasi anggota keluarga saat membersihkan rumah.


Berikut ini beberapa manfaat dan cara yang dapat dilakukan para orangtua untuk menggunakan musik dalam kehidupan sehari-hari:


Mempererat ikatan keluarga

Musik dapat memberikan efek yang kuat untuk hubungan antar anggota keluarga. Mengajak si kecil mendengarkan musik di ruang keluarga sambil bernyanyi bersama bisa menjalin hubungan yang kian dekat antara orangtua dan anak. Mam dan Pap juga bisa mengajak si kecil bermain alat musik seperti piano, gitar, atau lainnya. Menikmati musik bersama si kecil bisa dilakukan dengan menonton pertunjukan musik atau drama musikal anak.


Mengajarkan disiplin kepada anak

Bermain instrumen musik membantu anak-anak belajar untuk berlatih dan menjadi disiplin. Misalnya, saat Mam mengajari si kecil memainkan alat musik piano dan si kecil harus belajar mengingat note lagu tersebut. Untuk dapat memainkan satu lagu dengan piano pasti membutuhkan semangat dan disiplin untuk terus berlatih memainkan alat musik dengan baik.


Motivasi

Musik membuat sesuatu yang kita lakukan akan terasa lebih mudah. Karena musik dapat memberikan efek ketenangan, semangat, dan lainnya. Musik dapat memberikan motivasi untuk si kecil semangat belajar. Pilih lagu anak-anak yang bertema semangat dan ceria.


Menghafal

Jika si kecil mengalami kesulitan dalam menghafal pelajarannya, Mam dapat memanfaatkan musik atau lagu. Anak-anak sangat mudah memahami atau belajar sesuatu dengan cara yang menyenangkan. Misalnya, si kecil tidak dapat menghafal nama-nama Negara, Mam dapat mengajak si kecil menyebutkan nama-nama Negara dengan cara bernyanyi.


Membangun komunitas

Mengikutkan si kecil dalam privat musik adalah cara yang baik untuk membangun komunitas. Saat menggelar pertunjukkan musik, si kecil dapat belajar bekerjasama dengan temannya untuk menyajikan pertunjukan musik yang indah. Dalam komunitas musik ini, si kecil juga bisa mengenal lebih banyak orang dan mengembangkan kemampuan bersosialisasinya.


Memberikan kenyamanan dan inspirasi

Mendengarkan musik dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan ketika si kecil sedang mengalami stress. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun kerap mengalami stress jika ia dihadapkan dengan berbagai aktivitas yang padat.

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top