Cara Mengasuh

Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

By: RAMONITA BARADJA 2017-10-27 03:53:13 (UTC)
Di usianya yang masih dini, si Kecil mudah mengalami kembung lho, Mam. Kembung biasanya ditandai dengan perutnya yang berbunyi saat ditepuk, atau seringnya buang angin. Bayi secara alami bisa buang angin antara 12 hingga 21 kali dalam sehari. Kondisi ini banyak dipengaruhi oleh organ pencernaannya yang belum sempurna, sehingga gas mudah berkumpul di lambung maupun usus. 
 
Penyebab Perut Kembung
Supaya Mam dapat menangai perut kembung si Kecil dengan benar, Mam harus mengenali beberapa penyebabnya: 
  • Posisi menyusui kurang tepat sehingga udara ikut terhisap.
  • Bayi dalam kondisi lapar, tetapi tak segera disusui. 
  • Ruangan/cuaca yang terlalu dingin.
  • Bayi yang mengalami intoleransi laktosa dalam susu formula.
  • Peralihan dari ASI ke MPASI. Makanan padat biasanya menimbulkan lebih banyak gas di dalam pencernaan si Kecil daripada susu.
 
Mam tak perlu panik saat si Kecil mengalami kembung, karena dalam kesehatan anak, kondisi ini termasuk wajar terjadi, selama tidak berkepanjangan dan tidak membuat si Kecil rewel atau menangis berkepanjangan. 
Beberapa Tindakan yang Dapat Dilakukan
Mam bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mencegah dan meredakan perut kembung pada si Kecil:
  • Kondisi perut kembung bisa diatasi misalnya dengan mengoleskan minyak telon di bagian perut agar si Kecil merasa lebih hangat, membungkus tubuh si Kecil dengan baju hangat, maupun melalui pemijatan.
     
  • Kalau si Kecil mengalami kembung saat makan, hentikan dulu suapannya, lalu sendawakan dia agar udara yang terkumpul di lambung cepat keluar. Setelah itu, Mam bisa melanjutkan makan kembali.
     
  • Menurut dr. Ari Brown, dokter anak yang juga penulis buku “Baby 411”, si Kecil yang kembung juga bisa dibantu dengan meletakkannya telentang di alas yang rata, lalu Mam bisa menggerakkan kaki dan pinggulnya seperti naik sepeda. Gerakan ini diyakini dapat membantu memecah gelembung udara yang ada di dalam perut, sehingga mudah dikeluarkan.
     
Bila kondisi kesehatan anak tidak kunjung membaik, bisa jadi anak mengalami kondisi yang disebut kolik atau gangguan perut. Untuk memastikannya, segera bawa si Kecil ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan. 
 
Referensi
  • http://www.parents.com/baby/care/gas/signs-newborn-has-gas/
  • http://www.ayahbunda.co.id/bayi-tips/atasi-bayi-kembung-
  • https://www.breastfeeding.asn.au/bfinfo/lactose-overload-babies
  • http://www.positiveparentingconnection.net/when-baby-is-fussy-all-about-colic-gas-and-feeding/
Penulis
RAMONITA BARADJA

Ramonita Baradja sudah aktif menulis selama kurang lebih 15 tahun. Sehari-hari selain menghabiskan waktu di depan laptop untuk menulis artikel dan materi publikasi, ibu berputra satu ini juga sedang belajar menggambar, karena bias meningkatkan mood positif dan membuat nya lebih kreatif. Saat libur adalah saat nya jalan-jalan atau menonton film bersama-bersama buah hatinya, Farrell (9 tahun).

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top