Cara Mengetahui Kehamilan Secara Alami

Jumat, 12 Juni 2015, 00:00 WIB
Tamu bulanan belum juga datang? Apakah mungkin sedang hamil, Mam? Salah satu cara terbaik tentu bisa mencari tahu dengan memakai alat tes kehamilan yang mudah dijumpai di supermarket atau apotek. Namun, wanita dapat mengetahui ciri-ciri kehamilan lebih awal dari beberapa gejala. Berikut adalah beberapa cara mengetahui kehamilan yang paling. Yuk, kita simak, Mam.

Mam, simak 5 cara terbaik dalam mengetahui kehamilan secara alami sedini mungkin

Cara mengetahui kehamilan secara alami

Beberapa hari setelah pembuahan, telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim. Ini dapat menyebabkan bercak dan kram perut atau pendarahan implantasi yang mungkin terjadi 6-12 hari setelah sel telur dibuahi. 

Kram perut bisa menyerupai kram pada saat Mam datang bulan. Karena itu, beberapa wanita tidak menyadari mereka mengalami gejala awal kehamilan. Meski gejala seperti pendarahan dan kram sangat jarang terjadi, ini dapat menjadi cara mengetahui kehamilan secara alami. 

Selain itu, gejala awal kehamilan juga bisa ditunjukkan dengan adanya debit putih seperti susu dari vagina. Hal ini terkait dengan penebalan dinding vagina yang terjadi setelah pembuahan. Bercak putih ini biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan khusus. Jika bercak ini disertai bau yang kurang sedap atau rasa gatal, Mam dapat menghubungi dokter untuk memeriksa apakah ada jamur atau infeksi bakteri.

Perubahan payudara

Perubahan pada payudara juga bisa menjadi petunjuk awal kehamilan. Kadar hormon wanita cepat berubah setelah pembuahan. Karena itu, payudara bisa menjadi lebih keras, membesar, sakit atau nyeri selama 1-2 minggu setelah pembuahan terjadi. Selain payudara menjadi sangat sensitif, daerah sekitar puting atau areola yang lebih gelap juga bisa menjadi gejala awal kehamilan. 

Kelelahan

Wanita yang sedang hamil muda biasanya cepat merasa lelah. Hal ini normal terjadi karena berkaitan dengan masalah hormon atau progesteron. Jika Mam merasa lelah karena terlalu banyak beraktivitas, segera berbaring atau duduk untuk menghilangkan rasa lelah. Penting bagi wanita hamil untuk banyak istirahat dan makan makanan berprotein maupun zat besi agar selalu fit.

Mual (Morning Sickness)
Gejala ini paling umum terjadi pada setiap wanita hamil. Meski demikian, tidak semua wanita hamil mengalami gejala mual atau muntah. Penyebab pasti dari mual-mual ketika hamil belum diketahui secara pasti. Namun, hormon-hormon kehamilan mungkin bisa menjadi pemicu gejala ini. Mual selama kehamilan dapat terjadi setiap saat sepanjang hari, tapi umumnya terjadi pada pagi hari ketika bangun tidur.

Kenali tanda-tanda dan cara mengetahui kehamilan sedini mungkin, yuk.

Sumber:
webmd.com/baby/guide/pregnancy-am-i-pregnant
pregnancy-yoga-resource.com/early-pregnancy-symptoms.html

0 Komentar

Artikel Terkait

Kesehatan

Tip Menuju Kehamilan Sehat

Baca selengkapnya

Kesehatan

Merencanakan Babymoon: Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?

Baca selengkapnya

Kesehatan

Mengapa Ibu Hamil Sering Merasa Lelah?

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top