Cara Mengasuh

Cara Mengetahui Kehamilan Secara Alami

By: Alia An Dhiva 2015-06-11 17:00:00 (UTC)
Tamu bulanan belum juga datang? Apakah mungkin sedang hamil, Mam? Salah satu cara terbaik tentu bisa mencari tahu dengan memakai alat tes kehamilan yang mudah dijumpai di supermarket atau apotek. Namun, wanita dapat mengetahui ciri-ciri kehamilan lebih awal dari beberapa gejala. Berikut adalah beberapa cara mengetahui kehamilan yang paling. Yuk, kita simak, Mam.

Mam, simak 5 cara terbaik dalam mengetahui kehamilan secara alami sedini mungkin

Baca Juga : 5 Tanda Tanda Persalinan Sudah Sangat Dekat

Cara mengetahui kehamilan secara alami

Beberapa hari setelah pembuahan, telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim. Ini dapat menyebabkan bercak dan kram perut atau pendarahan implantasi yang mungkin terjadi 6-12 hari setelah sel telur dibuahi. 

Kram perut bisa menyerupai kram pada saat Mam datang bulan. Karena itu, beberapa wanita tidak menyadari mereka mengalami gejala awal kehamilan. Meski gejala seperti pendarahan dan kram sangat jarang terjadi, ini dapat menjadi cara mengetahui kehamilan secara alami. 



Selain itu, gejala awal kehamilan juga bisa ditunjukkan dengan adanya debit putih seperti susu dari vagina. Hal ini terkait dengan penebalan dinding vagina yang terjadi setelah pembuahan. Bercak putih ini biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan khusus. Jika bercak ini disertai bau yang kurang sedap atau rasa gatal, Mam dapat menghubungi dokter untuk memeriksa apakah ada jamur atau infeksi bakteri.
 
  • Perubahan payudara

    Perubahan pada payudara juga bisa menjadi petunjuk awal kehamilan. Kadar hormon wanita cepat berubah setelah pembuahan. Karena itu, payudara bisa menjadi lebih keras, membesar, sakit atau nyeri selama 1-2 minggu setelah pembuahan terjadi. Selain payudara menjadi sangat sensitif, daerah sekitar puting atau areola yang lebih gelap juga bisa menjadi gejala awal kehamilan. 
     

  • Kelelahan

    Wanita yang sedang hamil muda biasanya cepat merasa lelah. Hal ini normal terjadi karena berkaitan dengan masalah hormon atau progesteron. Jika Mam merasa lelah karena terlalu banyak beraktivitas, segera berbaring atau duduk untuk menghilangkan rasa lelah. Penting bagi wanita hamil untuk banyak istirahat dan makan makanan berprotein maupun zat besi agar selalu fit.
     

  • Mual (Morning Sickness)

    Gejala ini paling umum terjadi pada setiap wanita hamil. Meski demikian, tidak semua wanita hamil mengalami gejala mual atau muntah. Penyebab pasti dari mual-mual ketika hamil belum diketahui secara pasti. Namun, hormon-hormon kehamilan mungkin bisa menjadi pemicu gejala ini. Mual selama kehamilan dapat terjadi setiap saat sepanjang hari, tapi umumnya terjadi pada pagi hari ketika bangun tidur.

Kenali tanda-tanda dan cara mengetahui kehamilan sedini mungkin, yuk.

Sumber:
webmd.com/baby/guide/pregnancy-am-i-pregnant
pregnancy-yoga-resource.com/early-pregnancy-symptoms.html
Penulis
Alia An Dhiva

Setelah kelahiran putri pertamanya, Alia An Nadhiva memutuskan untuk memulai karier sebagai penulis freelance. Pengalamannya menjadi jurnalis di Majalah Good Housekeeping dan Prevention membuatnya semakin dekat dengan dunia kesehatan, hingga ia sering menulis artikel tentang modern parenting, nutrisi, kehamilan, dan kesehatan keluarga. Alia adalah lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jurusan Ilmu Jurnalistik, dan kini tengah menetap di Tangerang Selatan bersama keluarga kecilnya.

Cara Mengasuh

Pentingnya Peran Pap Selama Proses Kelahiran

By: Wyeth Nutrition 2018-07-09 00:46:06 (UTC)
Salah satu kecemasan Mam selama proses kehamilan adalah saat masa kelahiran tiba. Saat-saat menegangkan sekaligus paling ditunggu. Berbagai perasaan campur aduk. Excited ingin bertemu si Kecil yang sudah 9 bulan dibawa ke mana-mana, menahan sakit akibat kontraksi, sampai cemas akan keselamatan si Kecil dan diri sendiri.
Saat inilah peran Pap sangat dibutuhkan. Kehadiran Pap di samping Mam selama proses kelahiran akan memberikan ketenangan, semangat dan rasa ditemani bagi Mam. Seolah tidak berjuang sendirian.

Nah, sebenarnya seberapa penting sih peran Pap selama proses kelahiran?

1. Memberi Ketenangan
Percayalah, proses kelahiran merupakan salah satu momen paling menakutkan bagi Mam. Apalagi saat ini mudah sekali menemukan berita-berita soal apa pun di internet, termasuk tentang kegagalan proses kelahiran. Karena itu, terkadang Mam begitu khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
Kehadiran Pap di sampingnya akan memberikan rasa tenang, bahwa apapun yang akan terjadi, ada seseorang yang mencintainya di sana. Hal yang harus Pap lakukan, sebisa mungkin ciptakan suasana relaks bagi Mam denganmengobrol, menyuapi makanan, atau menanyakan apa yang dirasakannya.

2. Mendukung Secara Fisik Maupun Emosional
Saat proses persalinan, Mam mengalami kondisi yang serbatidak enak. Kehadiran Pap di sana bisa memberi dukungan secara fisik dengan memijat, mengelus, ataupun mengingatkan mengatur pernafasan. Kehadiran pap juga bisa mengalihkan Mam dari rasa sakit akibat kontraksi. Karena itu, Pap bersiap-siap untuk hal-hal aneh yang mungkin dilakukan Mam, seperti mungkin mencengkeram tangan Pap keras-keras, menggigit, bahkan mungkin menangis. Peran Pap di sana meredakan kesakitan fisik maupun emosional Mam yang sedang berjuang.

3. Membantu Membuat Keputusan
Yup, terkadang selama proses persalinan terdapat hal-hal yang perlu keputusan cepat. Kondisi Mam yang sedang berjuang tentu tidak memungkinkan untuk memutuskan sesuatu jika dibutuhkan. Kehadiran Pap yang akan mengambil peran itu. Dengan adanya Pap di samping Mam, segala hal bisa dilakukan secara cepat. Hal itu juga turut memberi ketenangan batin untuk Mam, yakin bahwa ada orang yang dapat diandalkannya.

4. Menikmati Momen Kehadiran Si Kecil Bersama
Segera setelah si Kecil lahir, Mam akan sedikit emosional. Ia mungkin akan menangis dan ingin berbagi kebahagiaan bersama orang yang dicintainya. Pap adalah orang tersebut. Begitu si Kecil lahir, saat diberikan ke pelukan Mam dengan Pap di sampingnya tentu memberi perasaan dicintai dan kebahagiaan luar biasa.
Karena itu Pap, usahakan untuk mendampingi Mam saat persalinan tiba. Namun, persiapkan juga diri Pap jika memang tidak sanggup melihat proses persalinan. Tidak perlu memaksakan diri. Berikan dukungan dalam bentuk apa pun yang Pap bisa.
 
Source:
babycenter.com/0_a-dads-role-in-delivery_183.bc
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top