Gambar Mengoptimalkan perencanaan jadwal memasak
Gambar Mengoptimalkan perencanaan jadwal memasak

Mengoptimalkan perencanaan jadwal memasak

oleh: Victoria Djajadi MNutrDiet APD 2017-09-29 13:29:27
Sebagai Ibu, tentunya kita semua tahu bagaimana sibuknya keseharian kita apalagi jika ditambah dengan kebutuhan untuk menyediakan makanan yang sehat dan bergizi untuk buah hati kita. Beberapa Ibu bahkan memasak hingga 3x sehari untuk menyajikan makanan yang beragam setiap harinya. Bayangkan jika kita bisa mengurangi waktu yang kita habiskan di dapur untuk kita nikmati dengan buah hati kita ya Mam.. 

Maka mari kita pelajari bagaimana cara mengoptimalkan perencanaan kegiatan masak memasak kita ya Mam.

1. Rapikan dapur dan kulkas
Sekali-kali perlu kita merapikan dan mendata bahan makanan apa saja yang kita miliki di dapur. Bisa juga kita mengatur dan menyatukan bahan-bahan sejenis di satu tempat, seperti bermacam-macam tepung (jangan lupa diberi label ya Mam, takut tertukar). Juga agar kita bisa menyisihkan bahan-bahan yang sudah tidak layak atau sudah expired. 

2. Buat jadwal masakan
Membuat jadwal masakan mingguan akan memudahkan kita saat berbelanja, sehingga kita sudah tahu apa saja yang kita butuhkan. Dengan demikian Mam tidak perlu menghabiskan banyak waktu memikirkan untuk memasak apa sambil berbelanja. Terlebih lagi, Mam bisa memaksimalkannya dengan belanja sekali untuk 3 hari atau 1 kali dalam seminggu. 

3. Siapkan bahan-bahan
Setelah berbelanja, siapkan bahan-bahan sesuai dengan kebutuhan jadwal memasak. Potong sayuran, protein dan bumbu-bumbu lalu simpan dengan rapi. Contohnya adalah sayur wortel, bisa dipotong dadu, potong korek api ataupun potong bulat-bulat sesuai resep minggu itu. Masukkan tiap jenis potongan ke plastik/ wadah terpisah dan simpan di kulkas. 
Contoh lainnya adalah menyiapkan bawang putih dan bawang merah, dua bumbu yang paling banyak kita pakai. Mam bisa mengupasnya, atau memblendernya dengan minyak sehingga sudah siap saat dibutuhkan untuk memasak.

4. Menyiapkan makanan instant
Makanan instant di sini maksudnya adalah makanan sehat yang bisa dengan cepat Mam masak, apalagi jika anak sudah cranky. Beberapa inspirasi untuk Mam:
  • Untuk sup: potong semua bahan, sayur dan protein, masukkan ke dalam plastik ziplock lalu bekukan di freezer
  • Untuk lauk marinated: rendam sumber protein dengan saus marinate favourite keluarga Mam (seperti teriyaki, bumbu kuning, bumbu Thailand sederhana dll). Simpan dalam plastik ziplock dan bekukan. Lauk bisa di cah, di pan-fried ataupun di panggang.
  • Untuk resep Thailand sederhana klik disini (nanti akan saya kirim resep bumbunya)
  • Untuk cemilan: campur protein ataupun sayuran dengan telur kocok, garam, herba/bumbu dan tepung roti, atau tepung lainnya (menyesuaikan dengan tekstur yang Mam inginkan). Simpan di kulkas atau bekukan. Makanan ini bisa digoreng maupun dipanggang.
5. Persiapkan dengan skala besar
Lakukan semua hal di atas, dan buat lebih banyak atau lebih dari 1 porsi. Dengan demikian Mam punya cadangan makanan yang selalu ada di kulkas untuk saat-saat emergency.

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top