Nak, Yuk Makan Serat Agar Sehat

Selasa, 24 Oktober 2017, 14:18 WIB1 Shares
 
Serat banyak terkandung dalam buah dan sayuran. Namun seperti kita ketahui, anak-anak sering kali tidak menyukai bermusuhan dengan jenis makanan ini. Meski demikian, serat tidak bisa diabaikan begitu saja dalam kompisisi nutrisi harian si Kecil. Menurut Angka Kecukupan Gizi untuk anak Indonesia usia 4-6 tahun setidaknya dibutuhkan 22g serat per orang per hari.
 
Serat sangat bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Makan makanan kaya serat juga membantu si Kecil memiliki kebiasaan pola makan baik yang akan mengurangi risiko penyakit diabetes, jantung, obesitas dan juga kolesterol. Serat juga dapat membantu si Kecil berkonsentrasi lebih lama, karena serat membuat perut terasa penuh lebih lama, oleh sebab itu meski bermanfaat pemberian serat pada si Kecil juga sebaiknya tidak berlebihan karena perut akan cepat penuh dan tidak menyisakan ruang untuk makanan lainnya sementara dalam masa pertumbuhan si Kecil masih membutuhkan makanan yang bervariasi dan aneka gizi. 
 
Ada dua bentuk serat, yakni serat larut seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dan serat tidak larut seperti gandum utuh dan oat. Si Kecil umumnya lebih menyukai makanan manis sehingga pemberian serat dari buah menjadi lebih mudah. Setidaknya berikan si Kecil lima porsi buah dan sayuran dalam sehari, namun sesuaikan  porsinya sesuai keinginan anak. Berikan sedikit dahulu, lalu semakin lama semakin banyak. Untuk gandum dan biji-bijian, Mam bisa siasati dengan memberikannya dalam bentuk roti dan pasta. Untuk memecah kebosanan dan menarik minat si Kecil, Mam bisa berikan makanan kaya serat dalam bentuk seperti berikut ini:
 
  • Buatkan sandwich dari roti gandum dengan isian telur atau daging sesuai selera si Kecil. 
  • Buat smoothie dengan campuran buah, seperti stroberi, pisang dan lain sebagainya. 
  • Berikan cemilan berupa keripik buah atau sayuran kering dengan rasa manis dan gurih alami. 
  • Masukkan brokoli atau wortel sebagai campuran nugget atau bakso, untuk mensiasati si Kecil yang enggan makan sayur. 
  • Gunakan buah sebagai campuran puding jelly yang terbuat dari konyaku atau agar-agar yang juga kaya serat. 

Dapatkan berbagi tips menarik lainnya dengan berkunjung ke sini

Sumber:
https://klinikgizi.com/2014/10/02/kebutuhan-gizi-dan-nutrisi-anak-usia-di-bawah-5-tahun/
http://www.ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/beri-balita-makanan-berserat
http://gizi.depkes.go.id/download/Kebijakan%20Gizi/Tabel%20AKG.pdf

0 Komentar

Artikel Terkait

Info Nutrisi

Thai-style Marinated Protein Recipe

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

5 Jajanan Kaki Lima Terbaik untuk Anak

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

Mengoptimalkan perencanaan jadwal memasak

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top