Info Nutrisi

Nutrisi Merawat Diri Anda

By: Wyeth Nutrition 2016-09-26 20:35:00 (UTC)

Pola Makan Sehat Selama Kehamilan

Saat anda hamil, bukan berarti anda harus makan untuk berdua. Peningkatan kebutuhan energi baru terjadi di trimester ketiga kehamilan. Anda tidak memerlukan diet khusus dimasa kehamilan ini. Namun pola makan yang sehat amat diperlukan karena tubuh bekerja lebih keras selama masa kehamilan. Janin pun membutuhkan asupan gizi yang baik agar bisa tumbuh sehat. Apa yang anda makan akan mempengaruhi kesehatannya nanti.

Beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan antara lain :

Asam Folat, berguna untuk mencegah terjadinya cacat pada janin, gangguan pada otak dan tulang belakang serta risiko bayi lahir prematur dan berberat badan lahir rendah. Bahan makanan yang kaya akan asam folat antara lain : kacang-kacangan, tahu, daging, sereal, bayam, jagung labu, bit serta jeruk. Tambahkan pula asupan suplemen asam folat jika diperlukan.

Protein, penting untuk pertumbuhan janin terutama pada trimester kedua dan ketiga. Protein bisa diperoleh dari ikan, unggas, keju, susu telur, selai kacang dan tahu atau tempe.

Karbohidrat, merupakan sumber nutrisi sebagai sumber tenaga terbesar bagi tubuh. Pilih karbohidrat kompleks seperti pada beras merah, pasta, dan kentang untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat anda dan janin. Selain itu karbohidrat kompleks bisa mengurangi risiko terjadinya diabetes selama kehamilan serta mengurangi rasa mual dan sembelit.

Lemak,  membantu membangun dinding sel dan perkembangan sistem saraf bayi. Karena itu , meski lemak harus dibatasi jumlah asupannya harus tetap ada dalam makanan sehari hari. Pilih lemak dari jenis lemak yang tidak jenuh seperti yang terdapat dalam minyak nabati (minyak biji bungan matahari, kedelai, zaitun, dll). Batasi penggunaan lemak jenuh seperti yang terdapat dalam lemak hewani krim, atau mentega. Anda bisa juga mendapatkan lemak dari ikan salmon, susu atau kacang-kacangan.

Zat besi, digunakan tubuh untuk menghasilkan hemoglobin yang akan membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Risiko bayi lahir dengan berat rendah meningkat bila anda kekurangan zat besi. Sumber makanan yang kaya akan zat besi antara lain bisa didapat dari sereal, kacang, kacangan, bayam daging, unggas, serta buah kering.

Vitamin C, membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Banyak terdapat pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Vitamin C juga berperan dalam proses penyerapan zat besi oleh tubuh sekaligus melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Banyak cairan, seperti air / jus buah

Makanan untuk Dihindari

  • Daging mentah atau setengah matang, hidangan laut, atau ayam yang tidak dimasak sempurna.
  • Telur mentah atau setengah matang, karena banyak mengandung bakteri salmonela
  • Hati ayam atau hati sapi sebaiknya di batasi untuk menghindari asupan vitamin A yang berlebihan yang bisa meningkatkan risiko bayi lahir cacat.
  • Sayuran mentah, karena berpotensi menyebabkan toksoplasmosis yang bisa menyebabkan bayi lahir caacat ataupun keguguran. Juga hindari sayuran dan buah-buahan yang bergas yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti durian, sawi, nangka, dll.
Alkohol, sebaiknya tidak dikonsumsi selama anda hamil. Alkohol bisa menyebabkan gangguan fisik dan mental pada bayi. Mengkonsumsi alkohol bisa menyebabkan fetal alcohol syndrome dan janin lahir dengan berat badan kurang.
Kafein, minuman berkafein sebaiknya dibatasi selama kehamilan. Jaga asupan kafein anda sehari maksimal 200 mg.
  • 1 cangkir kopi instan mengandung 100 mg kafein
  • 1 cangkir kopi saring mengandung 140 mg kafein
  • 1 cangkir teh mengandung 75 mg kafein
  • 1 cangkir teh mengandung 50 mg kafein
  • 1 kaleng Cola mengandung 40 mg kafein
  • 1 batang coklat mengdung 50g sampai 150 mg
Ikan yang mengandung merkuri, yang bisa mengakibatkan kerusakan pada otak pada janin. Tapi bukan berarti anda harus menghindari semua jenis ikan. Hanya beberapa jenis ikan tertentu seperti makarel, dan ikan hiu yang sering mengandung merkuri.
Telur mentah sebaiknya dihindari karena banyak mengandung bakteri salmonela
Daging mentah seperti yang digunakan untuk sushi, hidangan laut, daging atau ayam yang tidak dimasak sempurna.
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top