Info Nutrisi

Nutrisi Penting Penunjang Fokus dan Akal Pintar Anak

By: Wyeth Nutrition 2015-08-09 17:00:00 (UTC)
Nutrisi memainkan peran penting dalam perkembangan otak anak. Dr. Alan Greene seorang doker anak di Rumah Sakit Packard mengatakan makanan yang dikonsumsi anak akan mempengaruhi perilaku dan kemampuan akademiknya. Jika Anda menginginkan si kecil lebih fokus saat belajar, nutrisi ini bisa Anda sajikan di rumah.
 
Protein
Bagi anak-anak yang sedang aktif berkembang, protein membantu memberikan energi pada tubuh. Sumber protein yang baik adalah daging, ikan dan telur. Anda bisa mengolah berbagai makanan ini menjadi aneka masakan yang begitu lezat dan menyehatkan.
 
Vitamin B
Makanan yang kaya akan Vitamin B mampu menyumbangkan banyak energi bagi si kecil dalam kesehariannya.  Daging dan sayuran berdaun hijau adalah sumber makanan kaya Vitamin B. Sajikan secara rutin agar anak lebih pintar saat belajar di sekolah.
 
Zat Besi
Zat besi sangat penting untuk konsentrasi dan aktivitas fisik. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dapat membantu mendukung akal pintar si kecil. Sumber zat besi yang baik adalah daging merah tanpa lemak dan sayuran berdaun hijau.
 
DHA dan Taurin
DHA merupakan asam lemak utama yang mendukung pertumbuhan otak yang sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung DHA, akan menunjang akal pintar anak. Sumber terkaya DHA dapat ditemukan pada ikan, seperti salmon dan tuna. Sedangkan Taurin adalah nutrisi penting untuk kesehatan otak dan fungsi mental. Sumber nutrisi ini dapat ditemukan dalam makanan, seperti telur dan ikan. 
 
Demi menunjang akal pintar anak dan membuatnya lebih fokus, siapkan semua nutrisi ini di rumah ya, Bu. Semoga berhasil. (ls/ay)
 
Sumber:
http://www.livestrong.com/article/205492-foods-to-help-kids-focus/ diakses pada 3 September 2014
http://healthyeating.sfgate.com/foods-kids-focus-6438.html diakses pada 3 September 2014
http://www.sheknows.com/living/articles/808306/brain-boosting-foods-for-kids diakses pada 3 September 2014
 
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Info Nutrisi

Siapkan Nutrisi yang Dukung Pintarnya si Kecil

By: DR Dr Rini Sekartini SpA K 2017-10-24 21:07:51 (UTC)
Mam dan Pap tentu ingin mempersiapkan yang terbaik untuk si Kecil; dari kebutuhan sandang, perencanaan pendidikan, juga kelengkapan asupan bernutrisinya setiap hari. Apa saja sih, ragam nutrisi yang membantu mendukung pintarnya si Kecil? Berikut penjelasannya.
 
Di usia pertumbuhannya, si Kecil membutuhkan berbagai jenis nutrisi yang tidak saja bermanfaat untuk tubuhnya, tetapi juga perkembangan otaknya. Layaknya spons yang memiliki kemampuan menyerap dengan cepat, otak anak-anak pun menyerap berbagai informasi yang ada di sekitarnya dengan cepat, dan itu membutuhkan energi yang mencukupi dan dukungan nutrisi yang tepat. Di antara berbagai nutrisi yang ada, yang terpenting untuk mendukung fungsi dan perkembangan otak adalah sebagai berikut:
  1. Telur

    Anak-anak biasanya tak sulit menyantap telur; dibuat omelet atau orak-arik yang gurih, telur rebus, atau dicampur ke dengan masakan seperti sup, si Kecil tentu menyukainya. Telur baik untuk pertumbuhan otak karena kaya protein, juga kaya kolin, yaitu zat yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan dan fungsi otak.  Per minggu, rata-rata 5 butir telur cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. 

  2. Sayuran hijau

    Sayuran berdaun dan berwarna hijau seperti brokoli, bayam, kangkung, sawi, dan kale kaya akan folat dan vitamin, yang dibutuhkan oleh otak. Bila si Kecil tak menyukainya, siasati saja dengan menyelipkannya di dalam omelet atau sandwich gulung, atau olah dalam bentuk smoothie yang segar.

  3. Produk olahan susu, terutama yogurt

    Yogurt adalah sumber protein dan vitamin B yang baik, yang dapat membantu menjaga kondisi dan mendukung pertumbuhan jaringan otak. Yogurt juga baik untuk fungsi pencernaan karena mengandung probiotik. Bekukan yogurt di dalam lemari es, si Kecil pasti senang menyantapnya seperti es krim. 

  4. Ikan

    Ikan sejak lama dianggap sebagai “makanan super” untuk otak, karena merupakan sumber vitamin D dan asam lemak omega 3. Pilih ikan yang berkualitas baik, seperti salmon, sarden, atau tuna. Sebaiknya berikan ikan segar, bukan dalam bentuk olahan ya, Mam. Untuk memaksimalkan manfaatnya, sajikan 2-3 kali menu berbahan ikan setiap minggu untuk anak-anak. 

  5. Buah berry

    Antioksidan dapat menjaga tubuh dan otak dari pengaruh radikal bebas yang dapat merusak sel-sel. Nutrisi ini banyak terkandung di dalam buah beri-berian, seperti strawberry, blueberry, juga arbei (raspberry). Selain itu, buah jenis ini juga kaya vitamin C yang baik untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Tambahkan buah-buahan ini dalam smoothie, milkshake, atau sereal sarapan anak-anak dalam porsi wajar, yaitu sekitar 1 sendok makan. 

Berbeda dengan orang dewasa, mungkin anak-anak perlu beradaptasi dalam menyantap makanan-makanan ini, terutama sayuran hijau. Perkenalkan secara bertahap, sedikit demi sedikit, sampai si Kecil bisa benar-benar bisa menikmati aneka “brain food” yang dibutuhkannya. Pastikan juga rasa sajiannya enak ya, Mam, agar si Kecil makin mudah menikmatinya. 
 
Sumber:
http://www.momjunction.com/articles/foods-boost-kids-brain-power_0075739/#gref
http://www.whattoexpect.com/toddler-nutrition/brain-food-for-kids.aspx
http://www.parenting.com/blogs/mom-congress/melissa-taylor/brain-foods-kids-and-adults
Penulis
DR Dr Rini Sekartini SpA K

Dokter Spesialis Anak Konsultan alumni Fakultas Kedokteran UI Jakarta dan saat ini praktek sebagai Konsultan Tumbuh Kembang Anak di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top