Gambar Olah Raga Ibu Setelah Melahirkan
Gambar Olah Raga Ibu Setelah Melahirkan

Olah Raga Ibu Setelah Melahirkan

oleh: Wyeth Nutrition 2016-09-26 17:36:45
Mengemballikan tubuh anda seperti sebelum kehamilan terlihat sangat berat, tetapi mungkin tidak seberat yang anda pikirkan.

Menurunkan berat badan

Melakukan diet saat anda menyusui sangat tidak dianjurkan. Tidak hanya anda dan bayi anda yang akan kehilangan nutrisi nutrisi penting, Anda juga butuh energi.
  • Sementara melakukan diet sebaiknya dihindari, menerapak konsumsi makanan sehat sangat lah penting
  • Lakukan olah raga ringan, seperti berjalan, akan lebih baik juga.
  • Tanyakan pada tempat-tempat latihan kebugaran, apakah ada kelas kelas latiahn untuk biu baru melahirkan ?
  • Menyusui juga membantu anda untuk kembali langsing. Tidak hanya membakar kalori tapi juga membantu mengembalikan rahim ke ukuran normal.  
  • Jika anda khawatir mengenai berat badan anda, konsultasikan kepada dokter anda.

 

Manfaat Olah Raga

  • Membakar energi Boosts energy
  • Membantu anda tidur lebih baik.
  • Meningkatkan percaya diri
  • Menurunkan stress dan tekanan darah
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menguatkan otot otot tubuh

Beberapa kebiasaan baik untuk di lakukan

  • Istirahat setiap hari
  • Jika Anda telah belajar teknik relaksasi, latihan setiap hari untuk membantu Anda mengatasi stres
  • Berjalan dengan perut dan pantat ditahan
  • Ketika Anda duduk, pastikan punggung Anda lurus dan didukung
  • Ketika menyusui, gunakan bantal untuk mendekati bayi Anda, sehingga Anda tidak perlu membungkuk

Kapan sebaiknya mulai melakukan olah raga?

  • Perlu waktu 6-12 minggu untuk pemulihan setelah melahirkan bayi, penting untuk membuatnya menjadi mudah.
  • Anda bisa mulai melakukan olah raga ringan mulai sekitar 3 bulan setelah melahirkan
  • Anda mula bisa melakukan ‘high impact exercises’ seperti aerobik, pada sekitar 6 bulan setelah melahirkan.
  • Anda bisa mulai berenang setelah melakukan pemeriksaan setelahmelahirkan .

Mendapatkan Waktu yang tepat

Salah satu hambatan utama untuk berolahraga adalah mendapatkan waktu untuk melakukannya. Anda bisa melakukannya 1-2 jam seminggu setelah anda mendapatkan seseorang yang bisa menjaga bayi anda. Jika tidak, Anda dapat melakukan peregangan dan latihan di rumah ketika bayi tidur.

Latihan Dasar Panggul

Hal ini penting bagi setiap wanita. Otot-otot di panggul Anda harus mendukung organ panggul Anda dan mengendalikan vagina, uretra dan anus. Sangat penting untuk memperkuat daerah ini sebelum Anda melakukan semua jenis latihan lainnya.
  • Lemaskan otot vagina anda (seperti ketika anda buang kecil)
  • Tarik ke dalam dan kencangkan otot sekitar vagina dan anus
  • Tahan selama 5 detik, dan bernafas normal.
  • Santai
  • Ulangi sebanyak yang anda bisa. Ketika anda lebih kuat, anda bisa menahannya lebih lama lagi.

Postur

  • Berbaring telentang, dengan lutut ditekuk
  • Letakkan tangan Anda rendah pada perut / pinggang
  • Tarik napas dan tahan
  • Tarik perut Anda, kencangkan bokong dan dorong punggung bawah ke lantai dan bernapas perlahan
  • perlahan-lahan rileks
  • Ulangi beberapa kali
  • Anda juga dapat mencoba latihan berdiri atau duduk

Otot otot Perut

  • Berbaring telentang dengan kepala Anda ditunjang, lutut ditekuk dan kaki datar
  • Tempatkan tangan di paha
  • Tarik napas,kencangkan perut dan dasar panggul
  • Napas saat Anda mengangkat kepala dan tangan geser ke arah lutut
  • Turunkan kepala dan rileks
  • Ulangi tiga kali. Ulangi kali lebih sebagai Anda mendapatkan lebih kuat

 

Abdominal twist

  • Berbaring telentang dengan kepala Anda ditunjang, lutut ditekuk dan kaki datar
  • Kencangkan otot-otot perut dan dasar panggul
  • Hembuskan napas saat mengangkat kepala dan bahu dan meraih bagian luar lutut kiri dengan tangan kanan Anda
  • Tukar sisi lainnya dan ulangi
  • Ulangi tiga kali. Ulangi kali lebih setelah Anda lebih kuat

Payudara

  • Berdiri atau duduk dengan punggung lurus
  • Genggam pergelangan tangan dan dorong lengan bersama-sama
  • Tenang. Cobalah untuk melakukan hal ini lima kali, dua kali sehari berjalan
    • Berjalan adalah latihan yang baik dan sangat mudah dilakukan dengan kereta bayi atau kursi dorong
    • Anda bisa mulai dengan berjalan kaki selama lima menit setiap hari, akan sampai, 30-45 menit atau dua menit berjalan 15-20, oleh enam minggu setelah kelahiran

Cek Informasi Lainnya

Hubungi Kami
Hubungi Kami di Parenting Club ID Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top