Cara Mengasuh

Pahami Manfaat Waktu Bercerita Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

By: Wyeth Nutrition 2015-08-09 17:00:00 (UTC)
Malam, sore atau siang hari bisa menjadi momen yang baik untuk berkumpul dengan si kecil. Pada kesempatan itu, Anda bisa menunjukkan bentuk kasih sayang Anda lewat sebuah cerita. Jika terbentur dengan kesibukan, membacakan si kecil cerita sebelum tidur bisa menjadi pilihan. Kenapa cerita begitu penting? Banyak manfaat waktu bercerita yang bisa diperoleh anak, beberapa di antaranya bisa Anda simak pada ulasan ini.

 
Merangsang minat baca anak
Tidak hanya akan mengantar si kecil tidur lebih cepat, manfaat pertama dari waktu bercerita adalah merangsang minat baca si kecil terhadap sebuah buku. Logika anak akan memahami dan mengaplikasikan setiap aktivitas yang ada di sekitarnya. Tidak terkecuali, kegiatan Anda membacakan buku cerita untuknya. Dia akan mengamati dengan seksama cara Anda membaca cerita dengan lantang, sampai pada akhirnya si kecil berusaha untuk menirukan dan belajar membaca sendiri.
 
Meningkatkan akal pintar anak
Cobalah untuk menceritakan setiap cerita dengan ekspresif dan juga atraktif. Dengan metode ini, Anda akan bisa merangsang aksi pintar si kecil kala beraktivitas. Anak akan  lebih mudah berimajinasi lewat atraksi yang Anda peragakan. Hasilnya, tidak hanya paham, si kecil bisa tumbuh dengan akal pintar.
 
Melatih komunikasi anak
Manfaat lainnya yang bisa diperoleh si kecil adalah lebih mudah untuk komunikasi. Lewat sebuah cerita, ajaklah si kecil untuk berdiskusi tentang karakter maupun jalannya sebuah cerita. Tanyakan bagaimana aksi heroik tokoh tersebut atau hal apa yang bisa dipetik dari cerita yang sudah Anda bacakan. Tidak hanya wawasannya yang berkembang, kemampuan berbicara si kecil juga semakin lancar.

 
Memprediksi sebuah cerita
Keuntungan lain dari waktu bercerita, dapat mengajari si kecil bagaimana memaksimalkan kinerja otak untuk memprediksikan sesuatu. Sebab, prediksi bisa merangsang logika anak lebih mudah untuk berkembang, sehingga si kecil dapat berpikir kritis dalam menanggapi suatu hal. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk merangsang saraf motorik anak.
 
Demikian manfaat waktu bercerita bagi anak, jadi jangan sampai malas melakukannya ya, Bu. (liv/it)
 
Sumber:
http://www.livestrong.com/article/1002195-make-storytime-fun/ diakses pada 1 September 2014
http://www.earlychildhoodnews.com/earlychildhood/article_view.aspx?ArticleID=517 diakses pada 1 September 2014
http://www.ehow.com/how_8643807_make-storytime-fun.html diakses pada 1 September 2014
 
 
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top