Info Nutrisi

Panduan Mengonsumsi Lemak untuk Menjaga Kehamilan

By: Alia An Dhiva 2016-12-20 00:32:10 (UTC)
Tahukah Mam? Lemak adalah salah satu asupan penting untuk menjaga kehamilan. Menurut penjelasan dr. Ida Gunawan, MS.Sp.GK., dokter spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah Puri Indah, asam lemak esensial seperti Omega 3 dan Omega 6 diperlukan untuk mendukung pertumbuhan janin serta perkembangan struktur dan fungsi otak janin.

 
Namun, ternyata tidak semua lemak itu baik dikonsumsi oleh ibu hamil, lho. Untuk menjaga kehamilan tetap sehat, Mam juga perlu menjauhi jenis-jenis lemak termasuk jenis lemak apa saja yang boleh dan tidak boleh Mam konsumsi. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.


Baca Juga : 3 Cara Menghitung Usia Kehamilan 2 Sampai 7 bulan



Lemak tak jenuh tunggal


Untuk memenuhi kebutuhan 500 kalori lemak tak jenuh per hari, Mam dapat membaginya ke dalam beberapa asupan. Lemak tak jenuh mengandung nutrisi penting untuk membantu membangun dan mengembangkan sel di dalam tubuh Mam maupun janin. Asupan lemak ini juga merupakan sumber asam folat yang dapat melindungi janin dari kelainan cacat lahir. Sumber makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal di antaranya adalah kacang almond, kacang mete, alpukat, minyak zaitun, minyak kanola, dan minyak biji bunga matahari.


Lemak tak jenuh ganda


Berdasarkan rekomendasi dari The American Heart Association (AHA), lemak tak jenuh (unsaturated fat) adalah jenis lemak yang paling baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Usahakan agar 25% dari total asupan kalori harian Mam berasal dari lemak tak jenuh tunggal maupun ganda. Takaran tersebut kira-kira setara dengan 500 kalori. Saat membeli produk makanan kemasan, Mam bisa melihat kadar kandungan kalori lemak pada label nutrisinya. Lemak tak jenuh ganda kaya akan Omega 3 (EPA dan DHA). EPA terdapat pada tumbuhan, sedangkan DHA terdapat pada ikan laut dalam. Sumber makanan yang mengandung lemak tak jenuh ganda adalah ikan salmon, ikan makarel, sayuran hijau, kacang kenari, kacang kedelai, minyak wijen, minyak jagung, dan biji bunga matahari.


Lemak jenuh


Konsumsi lemak jenuh dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler dan diabetes tipe 2. AHA menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi maksimal 6% dari total asupan kalori harian. Jumlah itu kira-kira setara dengan 13 gram lemak jenuh dalam makanan yang mengandung 2.000 kalori. Sumber makanan yang mengandung lemak jenuh antara lain adalah daging merah (tenderloin), iga sapi, keju cheddar, mentega, minyak kelapa.


Lemak trans


Konsumsi lemak jenis ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dan memperbesar risiko terkena penyakit jantung sehingga perlu dihindari oleh ibu hamil. AHA mengingatkan agar asupan lemak trans ibu hamil tidak sampai 1% dari total asupan kalori harian. Pada label makanan kemasan, lemak trans sering kali disebut dengan “hydrogenated oil” atau “partially hydrogenated oil”. Sumber makanan yang mengandung lemak trans biasanya adalah makanan kemasan (biskuit, keripik, dsb), margarin, makanan yang dibekukan, dan makanan yang digoreng.


Kini Mam tahu jenis lemak yang baik untuk dikonsumsi dan mana yang perlu dihindari. Untuk menjaga kehamilan Mam tetap sehat sampai waktu persalinan tiba, baca juga panduan makan sehat selama menjalani kehamilan di sini  ya.



Sumber:
whattoexpect.com/pregnancy/fat-in-diet/
babycenter.com/0_dietary-fats-in-your-pregnancy-diet_1694.bc
rspondokindah.co.id/id/health-articles/detail/32/nutrisi-sehat-untuk-%E2%80%A8ibu-dan-janin
lifestyle.okezone.com/read/2009/11/12/27/274704/mau-sehat-pilih-lemak-tak-jenuh
Diakses pada 9 Oktober 2016
Penulis
Alia An Dhiva

Setelah kelahiran putri pertamanya, Alia An Nadhiva memutuskan untuk memulai karier sebagai penulis freelance. Pengalamannya menjadi jurnalis di Majalah Good Housekeeping dan Prevention membuatnya semakin dekat dengan dunia kesehatan, hingga ia sering menulis artikel tentang modern parenting, nutrisi, kehamilan, dan kesehatan keluarga. Alia adalah lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jurusan Ilmu Jurnalistik, dan kini tengah menetap di Tangerang Selatan bersama keluarga kecilnya.

Load More
Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top