Panduan Pendidikan Anak

Senin, 19 Oktober 2015, 00:00 WIB
Berikut gambaran secara umum tentang apa saja hal yang dapat diajarkan kepada si kecil sesuai dengan tingkatan mereka:

Taman Kanak-kanak
Sebagian besar TK sekarang mempunyai program akademik yang menekankan membaca dalam kelompok, memecahkan masalah matematika sederhana (seperti penambahan sederhana dan menghapal urutan angka) serta mengembangkan keterampilan menulis. Sehingga bermain setiap hari dan sepanjang waktu sudah berkurang waktunya bagi anak. Selain itu, si kecil akan mulai belajar untuk melafalkan kata-kata sederhana.

Kelas Satu
Dalam seni bahasa, anak diharapkan dapat belajar mengenai jenis penulisan yang berbeda seperti puisi, cerita fiksi dan non fiksi. Anak juga belajar bagaimana cara menulis yang baik dan membaca dengan penekanan pada kalimat. Pada matematika, anak diharapkan dapat menguasai penambahan dan pengurangan, bagaimana cara memberitahu waktu / mengerti waktu, menghitung uang, dan konsep lebih besar dari – sama dari – kurang dari. Pada tingkatan ini anak-anak cenderung sulit untuk menyelesaikan tugas rumah mereka. Mereka menyukai untuk mengerjakan tugas sekolah tetapi tidak selalu ingin menyelesaikannya sendiri.

Kelas Dua
Pada tahun ini anak akan belajar untuk membaca tulisan dengan lebih tenang – berbeda dengan kelas 1 yang masih membaca tulisan dengan lantang. Anak akan belajar menulis cerita sederhana, membandingkan dan mengklasifikan bentuk. Pada anak dengan tingkat ini, senang menyelesaikan pekerjaan rumah mereka sendiri tetapi tidak suka terlalu fokus pada satu hal terus menerus. Terapkan pergantian waktu, misalnya habiskan 10 atau 15 menit untuk menyelesaikan tugas matematika kemudian pindah untuk belajar membaca untuk 20 menit, dst.

Kelas Tiga
Banyak ejaan dan matematika yang lebih diajarkan  untuk menguji anak. Anak akan belajar tabel perkalian dan pembagian, mulai untuk belajar bahasa yang terdiri dari kalimat lengkap dan kata sifat. Terkadang sulit bagi anak untuk menghafal pada usia ini, sehingga perlu adanya bantuan tabel (seperti tabel perkalian). Pada tingkatan ini, anak akan mulai membandingkan dirinya dengan orang lain. Oleh karena itu biarkan si kecil memilih sendiri apa yang ingin dipakainya ke sekolah, dsb. 

0 Komentar

Artikel Terkait

Tumbuh Kembang

80% Otak Terbentuk di 2 Tahun Pertama si Kecil

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

Pentingnya Sarapan untuk Anak

Baca selengkapnya

Info Nutrisi

Kebutuhan Kalsium Anak

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top