Pentingnya Panduan Dalam Jenjang Pendidikan Anak SD & TK

Senin, 19 Oktober 2015, 00:00 WIB4 Shares
Pendidikan anak merupakan hal krusial dalam tumbuh kembang si kecil. Selain pendidikan anak dalam keluarga bersama orang tua, anak tentunya perlu mendapatkan pendidikan akademis dengan pengajar profesional. Berikut gambaran umum tentang hal yang dipelajari anak dalam jenjang akademis dan bagaimana peran keluarga untuk menunjang pendidikannya.

Taman Kanak-kanak

Sebagian besar TK kini mempunyai program akademis yang menekankan membaca dalam kelompok, memecahkan masalah matematika sederhana (seperti penambahan sederhana dan menghapal urutan angka), serta mengembangkan keterampilan menulis. 

Waktu bagi anak untuk bermain setiap hari dan sepanjang waktu sudah berkurang. Selain itu, si kecil akan mulai belajar untuk melafalkan kata-kata sederhana. Pada tahap ini, pendidikan anak dalam keluarga bersama orang tua berperan penting untuk membentuk karakter dan sikap belajar yang baik.
 

Pendidikan Anak SD Kelas I 

Di tahap pendidikan anak SD kelas I, si kecil diharapkan dapat belajar mengenai beberapa jenis penulisan seperti puisi, cerita fiksi, dan nonfiksi. Anak juga belajar cara menulis yang baik dan membaca dengan penekanan pada kalimat. 

Pada matematika, anak diharapkan dapat menguasai penambahan dan pengurangan. Anak juga belajar cara memberitahu dan mengerti waktu, menghitung uang, serta konsep lebih besar dari-sama dari-kurang dari. 

Pada tingkat ini anak-anak cenderung sulit menyelesaikan tugas rumah. Mereka menyukai mengerjakan tugas sekolah, tetapi tidak selalu ingin menyelesaikannya sendiri. Pada tahap ini anak membutuhkan pendampingan dari keluarga atau orang tua saat belajar dan mengerjakan tugas. Hal ini akan membuat anak lebih disiplin dan kebiasaan ini akan terbawa hingga jenjang pendidikannya lebih tinggi.
 

Pendidikan Anak SD Kelas II 

Pada tahap pendidikan ini anak akan belajar membaca tulisan dengan lebih tenang. Ini tentu berbeda dengan kelas I yang masih membaca tulisan dengan lantang. Anak akan belajar menulis cerita sederhana, serta membandingkan dan mengklasifikan bentuk.

Pada tingkat ini umumnya anak senang menyelesaikan pekerjaan rumah mereka sendiri, tetapi tidak suka terlalu fokus pada satu hal terus-menerus. Orang tua bisa menyiasati hal ini dengan menerapkan pergantian waktu; misalnya 10-15 menit untuk menyelesaikan tugas matematika kemudian dilanjutkan belajar membaca selama 20 menit.
 

Pendidikan Anak SD Kelas III 

Lebih banyak ejaan dan matematika yang diajarkan untuk menguji anak pada tahap ini. Dalam tingkat pendidikan anak SD kelas III, si kecil akan mulai belajar tabel perkalian dan pembagian. Anak juga mulai belajar bahasa yang terdiri atas kalimat lengkap dan kata sifat. 

Terkadang sulit bagi anak untuk menghapal pada usia ini sehingga perlu adanya bantuan tabel (seperti tabel perkalian). Pada tingkatan ini, anak akan mulai membandingkan dirinya dengan orang lain. Karena itu, biarkan si kecil memilih sendiri apa yang ingin dipakainya ke sekolah. 

0 Komentar

Artikel Terkait

Cara Mengasuh

Cara Setiap Tipe Parenting dan Dampak Terhadap Si Kecil

Baca selengkapnya

Cara Mengasuh

Mengenal 8 jenis kepintaran anak

Baca selengkapnya

Cara Mengasuh

10 Langkah Awal Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik di Tahun 2017

Baca selengkapnya
Hubungi Kami
Hubungi KamiHubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top