Info Nutrisi

Parenting Club: Pusat Informasi, Edukasi dan Tempat Berbagi

By: RAMONITA BARADJA 2016-12-21 04:36:46 (UTC)

Ada kabar gembira buat Mam dan si Kecil yang aktif. Di tengah maraknya perkembangan teknologi digital dan derasnya arus informasi modern, kini Mam tak perlu lagi bersusah payah mencari-cari dan memilih-milih tempat yang pas untuk mendapatkan informasi seputar parenting dan tumbuh kembang anak.

Bertempat di Main Atrium Gandaria City Mall, Jakarta, pada hari Sabtu, tanggal 5 November 2016 lalu, Wyeth dengan bangga meluncurkan portal parenting terlengkap pertama di Indonesia, yaitu Parenting Club (www.parentingclub.co.id). Dalam kesempatan penting ini, Satchi Thomas selaku Regional Commercial Director Wyeth Nutrition, menyatakan rasa bangga dan bahagianya atas diluncurkannya laman Parenting Club ini, yang memang difungsikan secara penuh menjadi pusat informasi bagi para Mam dan Pap yang ingin mendapatkan informasi, edukasi, dan tempat berbagi seputar parenting serta tumbuh kembang si Kecil.

Thomas pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh tim pengembang dan juga rekanan Wyeth yang sudah mempersiapkan laman ini secara optimal, yang juga didukung oleh pakar-pakar ternama di bidangnya, antara lain dokter anak, dokter kandungan, juga pakar parenting.

Laman parentingclub.co.id memiliki 4 bagian utama, yaitu Smart Strength Finder sebagai acuan untuk mengetahui kepintaran si Kecil, Smart School, yaitu perangkat untuk mengetahui lokasi sekolah yang direkomendasikan untuk si Kecil, Smart Consultation, yaitu menu konsultasi bersama pakar, dan Smart Stories, yaitu menu yang berisi pengalaman menarik seputar dunia si Kecil dan pengasuhannya.

Dalam kesempatan ini juga hadir Ayu Dewi selaku Celebrity Mam yang juga dengan antusias menyambut diluncurkannya laman Parenting Club ini. Menurut Ayu yang sudah terdaftar di dalam laman ini, dirinya optimis bahwa laman ini akan mendapat tempat di hati para Mam dan Pap di mana saja, yang ingin mendapatkan informasi yang akurat dan lengkap seputar parenting dan tumbuh kembang anak.

Peluncuran laman Parenting Club ini merupakan bagian dari rangkaian acara Parenting Club Goes Live pada 5-6 November 2016, yang tak hanya mengajak seluruh orangtua untuk menjadi saksi peluncuran portal ini, tetapi juga mengajak Mam dan Pap untuk mendapatkan pengalaman berselancar digital secara langsung melalui perangkat yang sudah disediakan, juga workshop parenting bersama pakar. Sementara untuk si Kecil, tersedia berbagai aktivitas menarik, di antaranya mewarnai, bermain game interaktif dengan layar lebar, juga menikmati kisah-kisah menarik dari pakar storytelling.

Penulis
RAMONITA BARADJA

Ramonita Baradja sudah aktif menulis selama kurang lebih 15 tahun. Sehari-hari selain menghabiskan waktu di depan laptop untuk menulis artikel dan materi publikasi, ibu berputra satu ini juga sedang belajar menggambar, karena bias meningkatkan mood positif dan membuat nya lebih kreatif. Saat libur adalah saat nya jalan-jalan atau menonton film bersama-bersama buah hatinya, Farrell (9 tahun).

Info Nutrisi

Sukses Lewati Trimester Pertama Kehamilan

By: dr Tirsa Verani Sp OG 2018-01-03 21:01:03 (UTC)
Kehamilan mengharuskan calon Mam untuk memerhatikan asupan nutrisinya demi kebutuhan perkembangan janin. Namun kehamilan pada trimester pertama seringkali mendatangkan keluhan yang disebut morning sickness, yang dapat dideskripsikan sebagai rasa mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan. Meski hal ini pada umumnya biasa terjadi, morning sickness yang terus menerus dan berlebihan dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi pada Mam yang tengah hamil.

Ketika Mam hamil, tubuh akan memproduksi HCG (Human Chorionic Gonadotropin), yang menjadi penyebab timbulnya rasa mual. Selain itu, tubuh mereka juga mengalami peningkatan hormon estrogen dan progesteron hingga 40 kali lipat. Hal inilah yang memperparah kondisi mual. Meski demikian, munculnya rasa mual pada masa kehamilan oleh wanita di atas usia 30 tahun diyakini mengurangi risiko keguguran.

Trimester satu kehamilan merupakan masa pertumbuhan organ penting pada janin. Nutrisi seperti karbohidrat, protein, omega 3, zat besi, kalsium dan asam folat adalah beberapa nutrisi yang membantu memaksimalkan pertumbuhan janin di dalam rahim. Asam folat mampu mencegah terjadinya cacat pada janin, sementara karbohidrat menjadi sumber energi dalam proses pembentukan jaringan tubuh janin.


Agar janin tetap mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan, atasi morning sickness dengan langkah berikut:
  • Hindari makanan yang beraroma kuat. Perhatikan dan hindari makanan yang dapat menyebabkan Mam merasa mual.
  • Konsumsi makanan dalam jumlah sedikit tapi sering.
  • Coba konsumsi air lemon untuk mengurangi rasa mual yang bermanfaat sebagai antioksidan dan dapat membantu tubuh dalam menyerap zat besi.
  • Hindari makanan olahan atau kemasan.
Sumber:
https://www.livestrong.com/article/526558-why-do-you-throw-up-when-youre-pregnant/
https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/morning-sickness/symptoms-causes/syc-20375254
Penulis
dr Tirsa Verani Sp OG

Dokter Tirsa Verani K. Oroh, Sp.OG lulus Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta dan Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau Kebidanan dan Kandungan Fakultas Kedokteran UI Jakarta. Aktif sebagai Controversies in Obstetrics, Gynecology dan Infertility

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top