Kesehatan

Pentingnya Kalender Ovulasi saat Merencanakan Kehamilan

By: Windi Teguh 2018-01-17 02:23:00 (UTC)
Kehamilan terjadi ketika sel sperma bertemu dengan sel telur saat pembuahan terjadi. Mam pasti sudah tahu kehamilan akan terjadi saat masa ovulasi, yang sering disebut dengan masa subur. Mengetahui masa subur Mam sangat penting dalam merencanakan program hamil yang diinginkan.
 
Ovarium Mam melepaskan sebuah sel telur setiap bulan saat sekitar masa menstruasi. Hal inilah yang disebut masa ovulasi. Bagi kebanyakan wanita, hal ini terjadi hampir dua minggu sebelum periode menstruasi yang diharapkan. Sekali terlepas, sel telur akan berputar-putar dalam tabung falopi selama kurang lebih 24 jam, siap dibuahi sperma yang bertahan sekitar tiga hari dalam tubuh Mam. Berhubungan intim pada waktu-waktu ini akan memperbesar kesempatan Mam untuk hamil.
 
Untuk membantu dalam merencanakan program hamil, tidak ada salahnya memiliki kalender ovulasi untuk melacak masa subur Mam.


Bagaimana cara menggunakan Kalender Ovulasi?
  1. Catat siklus menstruasi pada kalender selama kurang lebih 8-12 bulan berturut-turut. Catatan ini akan memberikan perkiraan kapan Mam berada pada masa paling subur. Hari pertama menstruasi dihitung sebagai hari pertama siklus Mam.
  2. Catat jumlah hari menstruasi setiap bulan. Durasi siklus menstruasi bisa berbeda dari bulan ke bulan sehingga Mam perlu mencatatnya. Secara rata-rata, satu siklus menstruasi berlangsung 28 hari, tapi bisa juga antara 21-25 hari.
  3. Lakukan penghitungan dari siklus terpanjang dan terpendek menstruasi. Misal siklus menstruasi mam adalah 28-30 hari, dimulai dari tanggal 1. Siklus terpendek adalah 28 hari dan siklus terpanjang adalah 30 hari. 
    • Kurangi 18 hari dari jumlah total hari pada siklus terpendek Mam. 28 -18 = 10 hari
    • Tambahkan hasilnya dengan 10 hari pertama siklus menstruasi Mam selanjutnya. Ini artinya hari pertama siklus selanjutnya adalah tanggal 29. Tambahkan 10 hari = tanggal 8.
    • Tandai hasilnya di kalender. Tanggal 8 tadi merupakan hari pertama masa subur Mam.
    • Kurangi 11 hari dari jumlah hari dalam siklus terpanjang Mam.
    • 30 – 11 = 19
    • Gunakan hasilnya dan tambahkan pada hari pertama siklus menstruasi Mam selanjutnya. Tanggal 1 + 19 = tanggal 20
    • Tandai hasilnya di kalender. Ini adalah tanggal hari terakhir masa subur Mam.
  4. Mam mengalami masa paling subur antara hari pertama masa subur hingga hari terakhir masa subur yang dihitung menggunakan metode kalender. Jika dari contoh kita di atas, masa subur mam adalah dari tanggal 8-20.
Hmmm cukup merepotkan ya, Mam?

Untuk Mam yang siklus menstruasinya teratur, metode ini mungkin cara paling murah yang bisa dilakukan. Namun, Mam bisa juga siasati menggunakan test pack kesuburan.

Metode Kalender tidak terlalu efektif jika siklus mestruasi Mam tidak selalu sama durasinya setiap bulan. Jika siklus menstruasi sangat tidak beraturan antara 45-60 hari, atau sering melewatkan menstruasi bulanan, Mam mungkin akan punya rentang waktu sangat lebar untuk aktif melakukan hubungan seksual. Hal ini bisa jadi tidak praktis dan kadang-kadang malah membuat frustasi.

Metode lain yang bisa diaplikasikan adalah pencatatan suhu basal, memperhatikan cairan vagina, atau melakukan tes masa subur dengan test pack kesuburan. Silakan cari metode paling nyaman dan paling memudahkan ya Mam, agar tidak malah stress karena menghitung masa ovulasi. Bisa juga cek tool Smart Ovulation Calendar dari Parenting Club disini 
Selamat merencanakan program hamil, Mam.
 
Sources
https://www.starthealthystayhealthy.in/ovulation-calendar-0
Penulis
Windi Teguh

Seorang ibu dari dua orang putri yang sehari-harinya bekerja di sebuah bank BUMN. Kini tinggal di Medan dan banyak menulis blog tentang pekerjaannya sebagai seorang bankir, kuliner Medan, lifestyle, dan tentu saja seputar dunia parenting.

Kesehatan

Ini Tanda-tanda Mam Sedang Hamil Anak Kembar

By: Wyeth Nutrition 2018-07-09 00:54:44 (UTC)
Tahukah Mam? Kehamilan kembar terbagi ke dalam dua golongan, kembar identik dan kembar tidak identik (fraternal). Merencanakan bayi kembar dapat dilakukan secara natural atau melalui program bayi tabung (in vitro fertilization atau IVF).
Bayi kembar  identik berasal dari satu buah sel telur yang dibuahi satu sel sperma. Telur yang sudah dibuahi ini kemudian membelah menjadi dua atau lebih, menghasilkan dua atau lebih janin dengan DNA, golongan darah, dan karakteristik fisik serupa. Bayi kembar identik juga berbagi satu plasenta, tapi tumbuh dalam ketuban berbeda. Meski begitu, kembar identik tidak diturunkan dalam keluarga ataupun dipengaruhi usia, etnis, serta umur.
Kembar fraternal berkembang dari dua sel telur dan dua sel sperma yang berbeda. Kedua bayi tidak berbagi plasenta dan biasanya tidak memiliki kemiripan layaknya kembar identik. Angka kejadian kembar fraternal jauh lebih banyak dibandingkan kembar identik.
Nah, bagi Mam yang kini sedang berbadan dua, apakah Mam dapat merasakan berapa jumlah bayi yang berada dalam rahim Mam? Biasanya sih, tidak. Kehamilan kembar umumnya baru dapat diketahui dan dikonfirmasi setelah ibu hamil melakukan pemeriksaan USG pada trimester pertama.
Beberapa tanda penting yang menunjukkan Mam mengandung lebih dari satu bayi:
  • Berat badan naik pesat pada trimester pertama kehamilan
    Biasanya, kenaikan berat badan pada ibu hamil anak kembar lebih tinggi dari rata-rata ibu dengan kehamilan tunggal.
  • Ukuran kandungan tergolong besar bila dicocokkan dengan usia kehamilan
    Hal ini dapat diketahui sejak pemeriksaan pertama. Misalnya, melalui pemeriksaan, dokter mengatakan usia kehamilan Mam memasuki 8 minggu. Namun, secara kasat mata, kehamilan Mam seperti sudah berusia 10-12 minggu. Ketinggian kandungan ibu dengan bayi kembar juga melebihi umumnya, bisa mencapai 48 cm.
  • Kadar HCG naik dengan cepat
    HCG atau Human Chorionic Gonadotrophin menghasilkan telur yang dibuahi. Hormon ini diperlukan untuk menjaga kehamilan sampai plasenta berkembang. Pada kehamilan dengan satu bayi, HCG naik dengan cepat pada minggu pertama kehamilan, dan akan berlipat ganda setiap 2 atau 3 hari. Kadar HCG menjadi lebih tinggi pada kehamilan kembar.
  • Terdengar dua denyut jantung
    Pada akhir trimester pertama, dokter dapat mendeteksi adanya dua denyut jantung yang berbeda menggunakan alat Doppler. Hal ini sekaligus mengonfirmasi terdapat dua janin dalam kandungan Mam.
Perlu Mam ketahui, kehamilan kembar lebih berisiko dibandingkan kehamilan tunggal. Selain itu, kebanyakan kehamilan kembar berujung pada persalinan sesar. Lakukan langkah-langkah aman untuk menjaga kehamilan Mam agar terbebas dari komplikasi seperti preeklampsia, plasenta previa, dan diabetes gestasional. Penuhi juga kebutuhan nutrisi Mam dan janin selama hamil dengan mengonsumsi makanan bergizi.
 
Source:
babycenter.com/0_when-and-how-to-find-out-if-youre-carrying-twins-or-more_3579.bc
nakita.grid.id/read/025024/ini-dia-8-tanda-kehamilan-kembar-yang-bikin-ibu-penasaran
americanpregnancy.org/multiples/symptoms-of-multiple-pregnancy/
hellosehat.com/kehamilan/kesuburan/faktor-yang-mempengaruhi-kehamilan-kembar/
Penulis
Wyeth Nutrition

Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.

Hubungi Kami
Hubungi Kami Hubungi Kami. Layanan Bebas Pulsa Senin sampai Sabtu (08.00-17.00) 0800 1821 526.
Go to Top